Miss Korea

Do you know how much you can learn from a mere pair of high-heels? If you don’t fall, you’ll learn a bit. But if you do fall, you’ll learn everything. If you become successful, you’ll know a little bit. But if you fail, you’ll, you’ll get to know everything. Success is the dumbest teacher, not the other way around. You need to be on your guard, all the time.” –Ma Ae Ri (Miss Korea, 2013–2014)

I’m more scared of being unemployed, not being able to do anything. I want to work. I’m scared of not doing anything. I want to make money on my own. I want to make my family happy with my own strength.” –Oh Ji Young (Miss Korea, 2013–2014)

I was just trying to look good for this effing messed up world.” –Oh Ji Young (Miss Korea, 2013–2014)

That woman whom I love, I will definitely make it so that everyone in the world will love her as well.” –Kim Hyung Joon (Miss Korea, 2013–2014)

According to some meteorologists, if you draw a snowman, you’re someone whose heart melts quickly. But if you draw an umbrella, you are someone who wants to be loved under that umbrella. Ah, what some quite lonely people we are, aren’t we?” (Miss Korea, 2013–2014)

Everyone was born naked. And as they live, they look for something to wear, until the day they die. What’s the purpose of living? If you asked me, then I would answer, to live is to give meaning, for oneself and another. And what is the thing that could give a meaning to oneself? Well I would say that it’s happiness. It’s a precious thing, a thing that could be engraved in one’s memories of life. It’s a magical thing, a thing that would remain forever in the deep of one’s heart. Indeed, life is a journey of the pursuit of happiness. Someone’s happiness could be affected by many things, and it’s different for each person. For some people it’s money, while for some it’s fame, and for others it’s love. For some people it takes a big deal like wealth and a great career, while for some others it’s just as simple as having something to eat with people they love. One thing for sure is that to pursue those things, people have to fight with all their might. There’s no such thing as a free food in this world, that’s what they say. It’s being portrayed well in a drama series called “Miss Korea”, which tells about people’s struggle to live despite the economic crisis and bad environment surround them, that there’s pain in every gain.

"Miss Korea" official poster - source: www.koreandrama.org


Kisah ini terjadi pada tahun 1997, ketika Korea Selatan tengah dilanda krisis ekonomi yang menyebabkan banyak perusahaan di berbagai industri terpaksa gulung tikar. Vivi Cosmetic adalah salah satu perusahaan yang terkena dampak krisis tersebut. Akibatnya, CEO perusahaan kosmetik tersebut, Kim Hyung Joon (Lee Sun Kyun) dikejar-kejar rentenir karena tidak sanggup membayar hutang. Padahal ia dan rekan-rekannya tengah mengembangkan sebuah produk temuan terbaru yang mereka beri nama BB cream, yang diinisiasi oleh dokter Go Hwa Jung (Song Sun Mi). Hyung Joon dan kedua rekannya sesama pendiri Vivi Cosmetic, Kim Hong Sam (Oh Jung Se) dan Kim Kang Woo (Choi Jae Hwan) pun berusaha mencari investor yang berminat untuk menginvestasikan uang dalam proyek pengembangan BB cream tersebut. Untuk itulah mereka mendatangi Lee Yoon (Lee Ki Woo), teman Hyung Joon semasa SMA.
Lee Yoon kini telah menjadi seorang investor. Namun tanpa memedulikan latar belakang hubungannya dengan Kim Hyung Joon yang merupakan teman lama, ia menolak untuk memberikan investasi kepada Vivi Cosmetic. Vivi Cosmetic semakin terdesak dengan kemunculan Jung Sun Saeng (Lee Sung Min), anggota gangster yang ditugaskan untuk mengikuti Hyung Joon dan rekan-rekannya serta memastikan bahwa mereka akan membayar hutang. Untuk mencegah perusahaannya dari kebangkrutan, Hyung Joon pun berencana merekrut seorang gadis untuk diikutkan dalam ajang kontes kecantikan terkemuka, Miss Korea. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah apabila gadis tersebut terpilih menjadi Miss Korea, ia dapat mempromosikan produk-produk Vivi Cosmetic dan menyelamatkan perusahaannya. Langkah ini terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh Ma Ae Ri (Lee Mi Sook), pemenang Miss Korea tahun 1967 yang kini menjadi pemilik salon kecantikan Queen, yang terkenal telah menghasilkan pemenang Miss Korea selama bertahun-tahun.
Adalah Oh Ji Young (Lee Yeon Hee), yang semasa SMA adalah gadis paling cantik dan populer yang digilai oleh para laki-laki pada waktu itu. Namun ironi kehidupan membawanya menjadi seorang wanita pemandu lift di sebuah pusat perbelanjaan. Ji Young adalah pilihan pertama dan satu-satunya bagi Kim Hyung Joon untuk menjadi Miss Korea bagi Vivi Cosmetic. Bukan hanya karena gadis itu adalah juniornya semasa SMA dulu, melainkan juga karena masa lalu di antara mereka. Hyung Joon adalah saksi mata betapa Ji Young begitu dikagumi oleh para pria di sekolah mereka dulu, betapa ia begitu digila-gilai. Oleh karena itu, ia yakin Ji Young adalah pilihan yang tepat untuk menjadi Miss Korea. Untuk itulah Hyung Joon memberanikan diri menemui Ji Young kembali terlepas dari segala yang pernah terjadi di antara mereka dulu. Namun pada saat yang bersamaan, Ma Ae Ri pun melihat adanya potensi pada diri Ji Young dan menawari wanita itu untuk menjadi Miss Korea di bawah bimbingannya.
Pada awalnya Oh Ji Young sempat ragu bahwa dirinya sanggup dan layak mengikuti ajang kelas atas seperti Miss Korea. Apalagi ia hanya berasal dari keluarga sederhana, seorang lulusan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ditambah lagi, pada tahun itu usianya telah mencapai batas akhir persyaratan usia Miss Korea. Apabila ia tidak ikut pada ajang tahun itu, maka kesempatannya hilang sudah untuk selamanya. Namun kondisi yang semakin memburuk di tempatnya bekerja, serta ancaman bahwa cepat atau lambat ia akan segera diberhentikan dari pekerjaannya akibat krisis ekonomi, maka Ji Young pun memantapkan diri untuk mengikuti Miss Korea. Menyadari bahwa mantan kekasihnya, Kim Hyung Joon, mendatanginya lagi hanya untuk memanfaatkan dirinya agar Vivi Cosmetic tidak bangkrut, Ji Young pun mengatur rencana untuk balas memanfaatkan Hyung Joon. Pada akhirnya, Ji Young mengkhianati Hyung Joon dan pergi ke sisi Ma Ae Ri demi mewujudkan tujuannya menjadi Miss Korea.
Kim Hyung Joon pun tidak tinggal diam. Ia melakukan berbagai cara untuk mendapatkan Oh Ji Young kembali ke pihak Vivi Cosmetic. Apalagi Lee Yoon telah berjanji untuk memberikan investasinya kepada Vivi Cosmetic apabila mereka sanggup menjadikan Ji Young sebagai pemenang Miss Korea 1997. Kondisi semakin memanas dengan adanya persaingan antara salon Queen milik Ma Ae Ri dan salon Cherry milik mantan asisten Ae Ri. Untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun pemenang Miss Korea dicetak oleh anak bimbingan Ae Ri dan salon Queen, pada tahun 1996 ia kehilangan mahkota atas anak bimbingan salon Cherry. Maka dari itu Ae Ri bertekad untuk merebut kembali gelar Miss Korea 1997. Seiring dengan perjalanan Ji Young untuk menjadi Miss Korea, serta perjuangan Hyung Joon untuk mendapatkan investasi bagi perusahaannya dan membayar hutang, mereka berdua menyadari bahwa masih ada satu hal tertinggal yang belum selesai di antara mereka, yang tak akan hilang sebelum merek menemukan jalan keluarnya.

"Miss Korea" official photo - source: www.asianwiki.com


“Miss Korea” adalah serial drama yang terdiri dari 20 episode. Serial ini mengudara pada bulan Desember 2013 hingga Februari 2014 dan ditayangkan oleh stasiun televisi MBC. “Miss Korea” merupakan paduan dari komedi romantis dan melodrama, dengan mengambil latar waktu pada tahun 1997 ketika krisis moneter tengah melanda Korea Selatan. Dengan industri kosmetik dan kecantikan sebagai latar utamanya, serial ini memusatkan kisah pada pasangan Kim Hyung Joon dan Oh Ji Young, sepasang mantan kekasih semasa SMA yang bertemu kembali pada saat resesi ekonomi berlangsung. Lebih dari sekadar kisah cinta antara pria dan wanita yang penuh liku dan jatuh bangun, “Miss Korea” adalah kisah tentang perjuangan dua anak manusia untuk bertahan hidup di tengah krisis yang mendera seantero negeri. Perjuangan Kim Hyung Joon untuk menyelamatkan perusahaan kosmetiknya dari ambang kebangkrutan, serta perjuangan Oh Ji Young untuk menjadi seorang Miss Korea demi memperbaiki taraf hidupnya.
Kata orang, tak ada yang gratis di dunia ini. Mereka mengatakannya untuk menggambarkan dunia yang telah menjadi begitu materialistis. Di sisi lain, kalimat tersebut merupakan ungkapan lain bahwa seseorang harus berusaha untuk meraih sesuatu. Bahkan dalam setiap agama dan kepercayaan pun telah diajarkan bahwa rezeki tak akan datang dengan sendirinya. Ia harus dicari, diusahakan, diperjuangkan. No pain, no gain. Seperti kata Ma Ae Ri dalam serial ini, “Without suffering, there’s nothing you can gain.” Manusia menuai apa yang mereka tanam. Ketika mereka berusaha keras, maka hasil yang akan mereka raih adalah setimpal dengan usaha mereka. Hidup ini hanya satu kali. Maka lakukan yang terbaik dalam setiap nafas yang kita punya, agar kelak tak ada penyesalan. Seperti kata Ma Ae Ri, “Do your best so you don't have any regret.”
Kata orang, akan selalu ada jalan apabila ada niat. Seseorang dapat belajar banyak dari perjalanan hidup Oh Ji Young, seorang wanita yang berasal dari keluarga sederhana. Dibesarkan dalam keluarga yang seluruhnya laki-laki, ia tidak pernah mendapat sentuhan kasih sayang seorang ibu karena sang ibu telah meninggal dunia sejak ia kecil. Sebagai satu-satunya perempuan dalam keluarga ia harus mengurus rumah tangga sekaligus mencari nafkah sejak masih duduk di bangku sekolah, sehingga waktu belajarnya menjadi terbatas. Ia hanya lulus dari SMA dan tidak melanjutkan ke perguruan tinggi karena keterbatasan keuangan. Ia bahkan dikhianati oleh cinta pertamanya karena perbedaan visi misi dan status. Dengan wajah yang cantik dan tubuh yang proporsional, ia hanya bekerja sebagai gadis penjaga lift. Namun, berada di posisi yang rendah tak lantas membuatnya mudah direndahkan. Meskipun ia tahu bahwa ia menyedihkan, ia tidak menyerah. Dan sesungguhnya tidak bakat yang lebih hebat daripada itu, tekad yang kuat. When there’s a will, there’s a way. Sekali ia menemukan tujuan hidupnya, ia mengejarnya hingga akhir. Seperti yang ia katakan dalam serial ini, “I’m sick and tired of giving up in the middle and not seeing things through until the end.”
Nothing beats the original. Ketika Oh Ji Young mendapat tawaran untuk mengikuti ajang Miss Korea, satu hal yang mengganjal pikirannya, yang membuat ia ragu meskipun ia memiliki wajah yang cantik, yaitu payudaranya yang kecil. Ma Ae Ri meyakinkannya untuk melakukan operasi. Kim Hyung Joon meyakinkannya untuk tidak melakukan operasi itu. Meskipun sempat ragu, pada akhirnya Ji Young tidak melakukannya. Ia jujur dan membuka dirinya, apa adanya. Ia mengakui kekurangan terbesarnya itu, yang mana membutuhkan keberanian luar biasa. Pada akhirnya memang tak ada yang dapat mengalahkan keaslian, kejujuran, dan ketulusan. Dengan dirinya yang apa adanya, dengan modal kemauan dan usaha keras, Oh Ji Young terpilih sebagai pemenang Miss Korea 1997 dan menjadi inspirasi bagi para wanita untuk menghargai dan memperjuangkan apa yang mereka miliki. Tubuh, wajah, dan semuanya.
The topic about first love never gets old for me. Siapa yang menyangka bahwa bertahun-tahun kemudian setelah mereka berpisah, jalan hidup mempertemukan kembali Kim Hyung Joon dan Oh Ji Young? Hyung Joon yang menghabiskan masa remajanya hanya untuk belajar, bertemu dengan Ji Young dan jatuh cinta untuk pertama kalinya. Dari sekian banyak laki-laki di SMA yang tergila-gila padanya, Ji Young hanya memberikan hatinya untuk satu orang saja, Hyung Joon. Oh Ji Young berkata dalam serial ini, “They say that first love doesn’t work.” Cinta pertama mereka memang tidak berhasil. Terbukti ketika hubungan mereka kandas ketika Hyung Joon sibuk dengan studinya dan terjadi kesalahpahaman di antara mereka. Namun pasangan ini menunjukkan bagaimana kepolosan cinta pertama bertransformasi menjadi kedewasaan cinta sejati. Tidak dapat dipungkiri bahwa waktu mengubah satu dua hal dari diri manusia. Ketika mereka bertemu kembali, tidak segalanya sama seperti dulu. Ketika cinta itu tumbuh kembali bahkan ketika mereka telah tak sama lagi, maka itulah cinta yang sesungguhnya.

"Miss Korea" official photo - source: www.asianwiki.com


Meskipun lahir dari tangan-tangan yang sama yang memproduksi serial drama hits, “Pasta”, “Miss Korea” memiliki perolehan rating yang kurang memuaskan hanya dengan menembus angka 11% saja. Minimnya angka rating tersebut bukan karena serial ini tidak bagus, melainkan karena “Miss Korea” ditayangkan pada saat yang bersamaan dengan serial “You Who Came From the Stars”, yang menyedot rating pada slot waktu tayang tersebut. Meskipun demikian, “Miss Korea” adalah salah satu serial drama yang sayang untuk dilewatkan. Seperti biasa, akting aktor kawakan Lee Sun Kyun patut diacungi jempol atas kharismanya. Dan kali ini, ia dipasangkan dengan aktris cantik berbakat Lee Yeon Hee. Somehow, even though they have a big age-gap, Lee Sun Kyun and Lee Yeon Hee couple gives out a great vibe and chemistry throughout the drama series. Ditambah lagi, serial ini menyajikan sisi yang belum pernah ditampilkan sebelumnya dalam serial drama Korea, yaitu realita di balik dunia gemerlap kontes kecantikan, serta gelap terangnya industri kosmetik dan kecantikan di sana pada salah satu masa yang paling krusial, yaitu krisis ekonomi 1997. Overall, “Miss Korea” is a worth-to-watch series.



Do you think anything truly free in this world really exists?” –Kim Hyung Joon (Miss Korea, 2013–2014)

I’ve been burned by the world so many times that my bosom here is full of burnt scars.” –Oh Ji Young (Miss Korea, 2013–2014)

Tell me. Express your feelings. Otherwise, you’ll always be like a sneaky jerk whom I can’t see what’s inside him.” –Oh Ji Young (Miss Korea, 2013–2014)

Don’t work hard to earn money in order to make the people you like happy. Do work that you like, that you can be excited about. That way the people around you can look at you and be happy for a long time.” –Lee Yoon (Miss Korea, 2013–2014)


Don’t you know residual feelings will ruin one’s life, especially for a woman?” –Ma Ae Ri (Miss Korea, 2013–2014)

Share:

0 komentar