Secret

I’m curious whether there is a secret in this world that can be kept forever.” –Jo Min Hyuk (Secret Love, 2013)

Feel the pain as much as me. Try losing the most precious people, without any chance to do anything. How pathetically that is, shouldn’t you feel it too?” –Jo Min Hyuk (Secret Love, 2013)

Regret is only for those who don’t have future.” –Kang Yoo Jung (Secret Love, 2013)

There’s no one in this world that has no secret. The thing is, how long could they endure on their own? Is there really any secret in this world that could be kept by someone throughout their life? Is there any secret that could be buried with someone without anyone else knowing? Is there any secret that could last forever? Because in the end, the truth will be spoken, and the secret will be revealed. I believe that’s how the world runs. Some things are better left unsaid, that’s what people say. But at some point, there’s a time when a secret could be harmful. Not only for those who keep this secret, but also for those who doesn’t even know anything about it. It all happens in a 2013 melodrama called “Secret Love”.

"Secret Love" official poster - source: www.asianwiki.com

Kisah ini berpusat pada dua orang anak manusia, dari lingkungan yang berbeda, hidup dalam dunia yang berbeda, namun dikaitkan bersama oleh belenggu takdir. Adalah Jo Min Hyuk (Ji Sung), seorang chaebol (anak dari keluarga kaya raya) yang tidak tertarik sama sekali dengan bisnis keluarga. Ia hanya tahu bersenang-senang. Menjadi ahli waris perusahaan tanpa sadar akan konsekuensi yang harus ia tempuh. Adalah Kang Yoo Jung (Hwang Jung Eum), seorang gadis dari keluarga sederhana. Ibunya telah meninggal dunia dan ayahnya mengelola sebuah toko roti kecil. Meskipun tidak berpendidikan tinggi, ia adalah seorang pekerja keras. Min Hyuk menjalin hubungan dengan Seo Ji Hee (Yang Jin Sung), yang dilarang keras oleh keluarganya karena status sosial yang berbeda. Keluarganya pun telah menjodohkan Min Hyuk dengan temannya sejak kecil, Shin Se Yeon (Lee Da Hee).
Ketika Min Hyuk tengah mencari Ji Hee yang tiba-tiba menghilang, Yoo Jung tengah berbahagia karena kekasih yang telah ia kencani selama tujuh tahun, Ahn Do Hoon (Bae Soo Bin), baru saja diangkat menjadi seorang jaksa. Pada suatu malam, Do Hoon melamar Yoo Jung. Dalam perjalanan pulang, mereka mengalami kecelakaan. Dan dari sana lah semua kisah ini berawal. Yoo Jung tidak menyadari bahwa mobil yang mereka kendarai menabrak Ji Hee. Sebaliknya, Do Hoon yang ketakutan berpura-pura tidak melihat tubuh Ji Hee yang tergeletak sekarat. Ia bahkan menutupinya dari Yoo Jung. Namun kenyataan terkuak. Yoo Jung yang terdaftar sebagai pemilik mobil pun dipanggil oleh polisi untuk diperiksa atas tuduhan tabrak lari.
Bertujuan untuk melindungi pria yang ia cintai, Yoo Jung mengaku sebagai orang yang mengemudi pada saat kecelakaan itu. Akibatnya, ia masuk penjara. Ironisnya, Do Hoon adalah jaksa penuntut umum yang menjebloskan Yoo Jung ke dalam penjara, atas kesalahan yang sesungguhnya ia lakukan. Ji Hee meninggal dunia di rumah sakit, bersama janin yang tengah dikandungnya. Dipenuhi amarah, Min Hyuk pun melakukan segala cara untuk melampiaskan amarahnya dengan cara membalas dendam pada Yoo Jung, yang ia pikir adalah pembunuh Ji Hee. Tanpa tahu fakta sebenarnya bahwa Yoo Jung mengambil alih kesalahan yang dilakukan Do Hoon, Min Hyuk berniat membuat hidup wanita itu menderita. Bahkan hingga empat tahun kemudian, ketika Yoo Jung telah bebas dari penjara.
Kehidupan Yoo Jung selepas dari penjara, seperti yang diinginkan Min Hyuk, penuh dengan penderitaan. Anak laki-laki yang ia lahirkan ketika masih dalam penjara, kemudian dipisahkan darinya secara paksa, ternyata telah meninggal dunia. Tidak lama kemudian, sang ayah yang menderita penyakit Dementia ketika ia masih dalam penjara, juga meninggal dunia. Keluarga Do Hoon pun tidak menyambutnya secara hangat dengan statusnya sebagai mantan narapidana. Hingga pada titik terparah, hubungannya dengan pria yang selama ini ia lindungi pun kandas. Anehnya, melihat segala penderitaan yang dialami Yoo Jung, alih-alih merasa bahagia, Min Hyuk justru merasa lebih menderita daripada sebelumnya.
Tekanan yang ia dapatkan dari berbagai pihak membuat Do Hoon berpindah haluan. Ia berhenti menjadi jaksa dan bergabung dengan K Group –perusahaan milik keluarga Min Hyuk– sebagai pengacara dalam anggota tim legal. Demi menuntaskan tujuannya, ia pun mendekati Se Yeon, tunangan Min Hyuk. Di sisi lain, untuk membuat Yoo Jung selalu ada dalam pengawasannya, Min Hyuk membuat wanita itu berhutang uang padanya. Selain itu, ia juga mengatur agar Yoo Jung bekerja di restoran milik perusahaannya. Hingga pada suatu titik, Min Hyuk tidak lagi menyadari segala yang ia lakukan terhadap Yoo Jung itu atas dasar dendam semata, atau cinta, yang tak ia sadari telah tumbuh di dalam hatinya.

"Secret Love" official photo - source: www.asianwiki.com

“Secret Love”, atau yang dikenal juga dengan judul “Secret”, adalah sebuah melodrama yang terdiri dari 16 episode. Serial ini ditayangkan oleh stasiun televisi KBS pada bulan September hingga November 2013. Berangkat dengan rating yang tidak begitu memuaskan di masa awal penayangannya, rating “Secret Love” terus menanjak hingga episode terakhir mengudara dengan angka menembus 20%. Bahkan, serial ini berjaya di ajang 2013 KBS Drama Awards dengan memboyong tujuh penghargaan sekaligus, termasuk pasangan tokoh utama Ji Sung dan Hwang Jung Eum sebagai Best Couple. There’s strong reason why “Secret Love” was successful. Not an ordinary melodrama, this series depicts how a secret could affect and even change someone’s life, and how the secret itself unfolds as the time goes by. It tells us how a love that starts with revenge will end up to.
To be called as love, how powerful something has to be? Bagaimana ukuran sesuatu hal untuk dapat disebut sebagai cinta? Seberapa besar pengorbanan yang harus dibuat? Seberapa dalam usaha yang harus dilakukan? Orang bilang cinta adalah pengorbanan dan usaha. Pengorbanan dan usaha yang bagaimana? Bagi seorang Kang Yoo Jung, cinta adalah segala alasan yang membuatnya mengakui kesalahan yang bahkan tak dilakukannya. Demi melindungi pria yang ia cintai. Atas nama cinta. Namun cinta yang tak diiringi akal sehat adalah bumerang. Racun yang pada akhirnya menggerogoti masa depannya. Bagi seorang Jo Min Hyuk, cinta adalah segala alasan yang membuatnya membenci dan membalas dendam. Yang justru tak memberinya kedamaian. Cinta pula yang pada akhirnya membuatnya belajar dan mengerti tentang arti ketulusan. Yang mengajarinya untuk rela melepaskan.
Love doesn’t change, but people do. Orang bilang, cinta tidak berubah, melainkan manusia lah yang berubah. Semakin banyak yang dimiliki manusia, semakin ia menginginkan lebih, semakin ia takut kehilangan. Seorang Ahn Do Hoon bahkan tidak menyadari apa yang telah ia lepaskan hanya demi sebuah ambisi. Ketulusan, kejujuran, ia tak lagi mengenalnya sejak detik ketika ia membiarkan wanita yang mencintainya menjalani hukuman atas kesalahan yang ia lakukan. Seorang Shin Se Yeon bahkan tidak menyadari bahwa cinta tak dapat dipaksakan. Harga diri, kekuasaan, semua itu tak ada artinya di hadapan cinta bahkan ketika ia tidak dapat mengakui perasaannya, baik kepada dirinya sendiri maupun orang yang ia cintai.
There’s only one criminal in this world. It’s a thief. Orang bilang, hanya ada satu kejahatan di dunia, yaitu mencuri. Kejahatan yang terbesar bisa jadi adalah pencurian atas kepercayaan, yaitu pengkhianatan. Yang kedua adalah pencurian atas kebenaran, yaitu kebohongan. Bagi seorang Kang Yoo Jung yang telah mengorbankan segalanya demi Ahn Do Hoon, kehilangan pria itu adalah bentuk pengkhianatan terkejam yang bisa terjadi. Ia melakukan semua itu karena ia percaya, bahwa Do Hoon dapat menjadi sosok yang baik di masa depan, hingga pengorbanannya tidak sia-sia. Namun tanpa ia sadari, ia pun telah menjadi sosok penjahat. Ia mencuri kebenaran dari orang-orang, dengan berbohong sebagai pelaku kejahatan. Namun pada akhirnya, kebenaran itu terurai satu-persatu, dan rahasia pun terungkap.

"Secret Love" official photo - source: www.asianwiki.com

A solid story-line, an intense plot, interesting characters, I guess those all that make “Secret Love” successful in both rating and content. Moreover, the crew did a great job with the cast. No wonder that this series took glory at the 2013 KBS Drama Awards. Ji Sung and Hwang Jung Eum won the Top Excellence Awards for Actor and Actress respectively. For instance, Bae Soo Bin and Lee Da Hee brought home the trophy for Best Supporting Actor and Actress respectively. I was just so speechless with their acting. It’s marvelous! As watching this series, I couldn’t help but getting drawn in it. It’s a fatal melancholic melodrama, but once you start watching it, I bet that you couldn’t stop watching until the very last episode. “Secret Love” is a highly recommended drama. It has so many secrets that would surprise you as it reveals in each episode.



This thing called curiosity is a scary thing.” –Jo Min Hyuk (Secret Love, 2013)

I don’t regret breaking up with him. That I didn’t let him go earlier is all I regret. Even while knowing that he didn’t love me, yet holding onto him stubbornly is what I regret. Holding onto a heart that has already left isn’t love. It’s obsession.” –Kang Yoo Jung (Secret Love, 2013)

Can a person live without love? Is it possible? A human being, without a person to love, cannot live.” –Kang Yoo Jung (Secret Love, 2013)

Share:

0 komentar