Medical Top Team

I’m sorry, but I still think the patient comes first before your pride.” –Park Tae Shin (Medical Top Team, 2013)

I know very well that you’re an outstanding physician. I also know that you have an uncommon gift of intuition about patients. But still, not this time. With only your unsubstantiated feelings, there are things that you can’t pursue.” –Han Seung Jae (Medical Top Team, 2013)

If we have to fight for something, I think it should be to save someone’s life, not to be on someone’s side.” –Seo Joo Young (Medical Top Team, 2013)

First of all, there is Joo Ji Hoon. The second of all, there is Kwon Sang Woo. And the third of all, there is Choi Minho. All of three combos are in one package for “Medical Top Team” drama series. And yes, they are doctors in it! Of course I didn’t watch this series because it has a medical theme, but solely because of its cast (please just blame the phobia that makes me can’t watch blood). In the end, I close my eyes or just skip the scenes that include blood (which is a lot) while watching this series. But thanks to “Medical Top Team”, I could watch my beloved Joo Ji Hoon oppa again on screen. Well, let’s just take those bloody scenes aside, “Medical Top Team” tells about a team of doctors struggling to heal patients, with so many issues around them, such as business and political power, even personal relationship.

"Medical Top Team" official poster - source: www.asianwiki.com

Kisah ini berawal dari rencana dibentuknya sebuah tim medis multidisipliner di rumah sakit Kwang Hye. Tim yang rencananya terdiri dari para dokter ahli bedah ini digagas oleh Han Seung Jae (Joo Ji Hoon). Dengan Dokter Han sebagai ketua tim, dibentuklah tim medis multidisipliner yang diberi nama Medical Top Team. Sebagai anggota adalah Park Tae Shin (Kwon Sang Woo), dokter bedah lulusan Amerika Serikat yang telah kembali ke Korea Selatan. Dengan prinsip bahwa keselamatan dan kesehatan pasien adalah yang utama, awalnya ia bekerja di sebuah rumah sakit kecil di pedesaan. Namun bakatnya kemudian ditemukan oleh Dokter Han ketika salah satu pasiennya ditransfer ke rumah sakit Kwang Hye untuk menjalani operasi. Demi kesembuhan pasien yang telah ia anggap sebagai keluarganya itu, Dokter Park memutuskan untuk menerima tawaran Dokter Han dan bergabung dengan Medical Top Team.
Anggota berikutnya adalah Seo Joo Young (Jung Ryeo Won), satu-satunya dokter wanita dalam tim. Hubungan dekatnya dengan Dokter Han membuat beberapa rekan sekaligus dokter senior memandang sinis padanya. Dengan prinsip untuk menunjukkan kemampuannya, Dokter Seo bergabung dengan Medical Top Team, meskipun sebelumnya ia sempat mengalami keraguan yang datang dari tekanan seniornya, Jang Yong Sub (Ahn Nae Sang). Berkebalikan dengan Dokter Park yang hangat dan bersahabat, Dokter Seo adalah pribadi yang dingin dan tertutup. Bertemu dengan Dokter Park membukakan perspektifnya secara perlahan. Kemudian ada pula Jo Joon Hyuk (Park Won Sang), Bae Sang Gyu (Alex) dan Jung Hoon Min (Kim Ki Bang), tiga anggota lain dalam Medical Top Team.
Keenam dokter tersebut, dengan keahliannya masing-masing, tergabung dalam Medical Top Team, didampingi oleh dua orang residen pilihan, yaitu Choi Ah Jin (Oh Yeon Seo) dan Kim Sung Woo (Choi Minho). Tujuan dibentuknya tim ini adalah menjalankan operasi yang bersifat multidisipliner dengan tingkat kesulitan tinggi, serta hanya memiliki kemungkinan berhasil yang rendah. Sesungguhnya, tim ini merupakan ambisi Dokter Han untuk menunjukkan kemampuannya pada ayah kandung yang tak pernah memperlakukannya dengan layak, yang tidak lain tidak bukan adalah pemilik perusahaan tempat rumah sakit Kwang Hye bernaung. Sesungguhnya pula, terdapat niat mulia di balik ambisi Dokter Han ini, yaitu ia tidak memandang bulu latar belakang pasien yang akan mereka tangani.
Namun, siapa yang menyangka bahwa otoritas Medical Top Team tersebut akan disalahgunakan secara politis dan bisnis? Adalah Shin Hye Soo (Kim Young Ae), direktur rumah sakit Kwang Hye, yang juga merupakan menantu dari pemilik perusahaan tempat rumah sakit tersebut bernaung. Dokter Shin memiliki ambisi yang lebih berorientasi pada keuntungan dan pengakuan lebih dari apapun. Ia berniat menjadikan Medical Top Team sebagai perintis bagi rumah sakit eksklusif yang hanya diperuntukkan bagi kalangan elit. Dengan demikian prinsip tersebut bertabrakan dengan prinsip Dokter Han dan Dokter Park, dan konflik tidak berhenti di situ saja.
Prinsip-prinsip yang bertabrakan ini kemudian dibenturkan pada permasalahan personal masing-masing pribadi dalam Medical Top Team dan rumah sakit Kwang Hye. Terlahir sebagai anak dari hubungan di luar nikah dengan wanita simpanan, membuat Han Seung Jae terombang-ambing antara mempertahankan prinsipnya sebagai dokter dan ambisinya untuk membuktikan diri dan kemampuan kepada sang ayah. Tanpa diketahui rekan-rekannya, Park Tae Shin kembali ke Korea Selatan dengan misi mencari orang tua kandung yang telah menelantarkannya, yang sesungguhnya belum siap ia temui kembali. Menerima tekanan dari berbagai pihak, minimnya kepercayaan yang selalu ia terima, membuat Seo Joo Young rela menempuh segala cara untuk membuktikan kepada semua orang dan menjadi dokter terbaik. Di tengah segala intrik tersebut, Medical Top Team mengemban tugas berat, yaitu memperjuangkan hak pasien sebagai manusia, untuk bertahan hidup. Meanwhile in the process, they gradually learn that healing a person is healing oneself.

"Medical Top Team" official photo - source: www.asianwiki.com

“Medical Top Team” adalah sebuah drama medis yang terdiri dari 20 episode. Serial drama ini ditayangkan oleh stasiun televisi MBC pada bulan Oktober hingga Desember 2013. Memasang duo aktor papan atas, Kwon Sang Woo dan Joo Ji Hoon, sebagai tokoh utamanya, ditambah dengan penampilan salah satu anggota boy group SHINee, Choi Minho, sebagai pemeran pendukung, rupanya tidak menolong serial ini dalam segi rating. Meskipun memiliki rating yang agak terpuruk, “Medical Top Team” menyajikan kisah yang menarik dengan konflik-konflik dalam dunia kedokteran. Meskipun banyak terdapat adegan ‘berdarah’, serta istilah-istilah kedokteran yang membuat para penontonnya harus berkonsentrasi, serial ini memiliki alur yang memikat.
Environment plays a big role in building someone’s personality. Watak dasar seseorang mereka bawa sedari lahir dan merupakan sesuatu yang cenderung bersifat genetis, namun tingkah laku dan pemikiran merupakan bentukan dari lingkungan tempat seseorang itu tumbuh besar. Tingkah laku dan pemikiran itulah kemudian yang membentuk kepribadian seseorang. Tumbuh besar di panti asuhan membuat pribadi Park Tae Shin menjadi sosok yang humanis. Diadopsi dan disekolahkan oleh keluarga angkat di Amerika Serikat membuatnya menjadi sosok yang percaya diri, optimis, dan memegang teguh pendiriannya. Namun kenyataan bahwa ia ditelantarkan oleh orang tua kandungnya membuat ia menjadi sosok yang tertutup. Alhasil, meskipun di luarnya ia tampil sebagai seorang yang hangat dan ceria, sesungguhnya ia menutup hati dan sulit terbuka tentang masalah pribadinya.
It takes a lot of efforts to gain things that we want, yet those things could be taken away in a blink of eyes in any minute if we let our guards down. Usaha keras bertahun-tahun dapat hilang dalam sekejap mata apabila Tuhan berkehendak. Namun sesungguhnya tidak ada yang mengalahkan kekuatan dari proses dalam usaha keras tersebut. Seberapa kerasnya seseorang jatuh, ia akan sanggup bangkit kembali apabila telah melalui proses usaha keras itu sebelumnya. Dalam mencapai posisinya yang sekarang, Han Seung Jae berjuang menggunakan kemampuannya sendiri tanpa mengandalkan pengaruh siapapun, termasuk ayah kandungnya. Banyak pihak siap menjegalnya ketika ia telah berada di puncak. Meskipun demikian, perjuangannya dulu telah menempanya menjadi pribadi yang kuat yang tak akan goyah begitu saja.
There are so many reasons to live, but don’t let it affects you to become someone that you’re not. Pada hakikatnya, hidup adalah serangkaian uji coba, penuh kegagalan namun banyak juga keberhasilan atasnya. Dalam rangkaian uji coba itulah manusia berproses menemuka jati diri mereka, apa tujuan mereka hidup, serta bagaimana mereka mencapainya. Lalu yang terpenting adalah, apa yang akan mereka lakukan selanjutnya ketika tujuan itu telah tercapai. Dorongan ambisi dan tekanan kondisi membuat Seo Joo Young seolah kehilangan pegangan. Ia berubah menjadi pribadi yang bukan dirinya. Dan ketika hal itu telah terjadi, sesungguhnya tidak ada yang sanggup mengembalikannya selain dirinya sendiri.

"Medical Top Team" official photo - source: www.asianwiki.com

Secara keseluruhan, serial “Medical Top Team” adalah serial yang serius. Meskipun begitu, terdapat beberapa unsur dalam kisah ini yang menghibur. Serial ini memang tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang banyak pikiran maupun jenuh (karena dapat berakibat fatal bagi kesehatan daya pikir), namun serial ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai hal-hal serius dan tengah memiliki waktu luang untuk berpikir. “Medical Top Team” menyajikan sebuah kisah yang humanis, dengan sentuhan intrik, romantisme, dan ilmu pengetahuan. Terlebih lagi, bagi para penggemar pria-pria tampan berbalut seragam dokter yang seksi, “Medical Top Team” merupakan tontonan wajib yang tidak boleh terlewatkan.


I liked it. I really like the feeling that I’ve met a partner I’d like to work with after all this time.” –Park Tae Shin (Medical Top Team, 2013)

When a patient is sick, regardless of whether or not he or she is a VIP, why would that matter? It’s more important to save the person first.” –Park Tae Shin (Medical Top Team, 2013)

It makes me sick to the stomach that people are making business out of medicine which is supposed to be about saving lives.” –Park Tae Shin (Medical Top Team, 2013)

Share:

0 komentar