The Dating Agency

The most important factor in romance is how you fulfill the other’s fantasy. That’s when you need to be mysterious.” –Seo Byung Hoon (Dating Agency: Cyrano, 2013)

A confession is important. Sometimes it could change someone’s heart. You have to like someone enough to overcome the fear of rejection.” –Gong Min Young (Dating Agency: Cyrano, 2013)

Timing is more important than being ready. Once you miss the timing, it’s hard to get back.” –Hwang Moo Jin (Dating Agency: Cyrano, 2013)

Back on 2013, tvN broadcasted two installments of “Oh! Boy” series. The first one was “Flower Boy Next Door” on January until March, and the second one was “Dating Agency: Cyrano” on May until July. “Dating Agency: Cyrano” is the fourth installment of tvN’s “Oh! Boy” series, succeeding its three predecessors, “Flower Boy Ramyun Shop”, “Shut Up Flower Boy Band”, and “Flower Boy Next Door”. I’ve been following those tvN’s flower boy project and so I was very curious about this one. Moreover, it’s based on 2010’s hit movie, “Cyrano Agency”, which is I love so much. And finally, I could finish watching this series in this beginning of 2014. Curious enough about how would the flower boys appear in this fourth installment? Well let’s check this out, and don’t forget to brace your eyes, it’s a spoiler alert.

"Dating Agency: Cyrano" official poster - source: www.asianwiki.com

Gong Min Young (Choi Sooyoung) adalah seorang wanita yang enerjik, impulsif, dan ambisius. Kegagalan dirinya sendiri dalam kisah-kisah cintanya membuat Min Young bertekad untuk memberikan kesempatan pada orang-orang lain untuk dapat menemukan belahan jiwa mereka. Karena itulah ia bekerja dalam sebuah perusahaan biro jodoh terkemuka. Pada suatu hari, ia menyadari bahwa visi misi dirinya tidak sejalan dengan sistem yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut. Ketika tengah menjalankan misinya, ia tidak sengaja terlibat dengan sebuah tim agensi yang dipimpin oleh Seo Byung Hoon alias Seo Il Rok (Lee Jong Hyuk). Min Young kemudian mendapati fakta bahwa agensi bernama Cyrano milik Byung Hoon tersebut juga bekerja dalam bidang perjodohan. Hanya saja, strategi yang mereka jalankan sangatlah unik.
Agensi Cyrano sebenarnya adalah tim produksi teater. Karena terlilit hutang tas penyewaan tempat kantor dan teater mereka, Seo Byung Hoon beserta dua anggota timnya yang setia, Hwang Moo Jin (Hong Jong Hyun) dan Do Ah Rang (Jo Yoon Woo), memutuskan untuk bekerja sebagai agensi perjodohan demi mendapatkan uang. Cara mereka bekerja adalah dengan ‘memindah’ setting panggung teater ke dalam kehidupan nyata. Klien-klien yang mereka tangani adalah orang-orang yang jatuh cinta namun tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan cintanya, atau mereka yang bahkan tidak sanggup untuk menarik perhatian orang yang dicintainya. Berlatar belakang riset-riset yang mendalam tentang klien dan target mereka, dengan skenario-skenario yang tersusun rapi, agensi Cyrano sukses menjodohkan mereka yang jatuh cinta.
Pada awalnya, Gong Min Young tidak habis pikir dengan strategi agensi Cyrano dalam menjodohkan orang-orang. Namun pada akhirnya, ia justru menerima tawaran Seo Byung Hoon untuk bergabung dengan agensi tersebut. Bagaimana pun juga, dibandingkan dengan sistem yang diterapkan oleh perusahaan biro jodoh tempat ia bekerja sebelumnya, dalam agensi Cyrano, Min Young merasa lebih sanggup bekerja sesuai visi dan misinya, yaitu untuk memberi kesempatan pada setiap orang untuk merasakan cinta. Seiring kebersamaan mereka dalam setiap misi yang dijalani, Min Young menemukan bahwa dirinya merasa nyaman bersama Byung Hoon. Bahkan lebih dari itu, bahwa ia menyukai pria itu. Namun tentu saja, tidak mudah bagi Min Young untuk menghadapi konsekuensi atas perasaan yang dimilikinya.
Adalah Cha Seung Pyo (Lee Chun Hee), pemilik restoran yang bersebelahan dengan kantor agensi Cyrano. Ia dikenal dengan panggilan “Master” oleh orang-orang agensi Cyrano. Tidak ada yang menyadari bahwa pria ini sebenarnya adalah adik dari almarhum Go Do Il (Lee Min Woo), sahabat Byung Hoon yang merupakan pemilik sebelumnya dari teater Cyrano. Memiliki niat awal untuk membalas dendam pada Byung Hoon yang ia anggap telah membunuh sang kakak secara tidak langsung, pada akhirnya ia justru jatuh cinta pada Min Young dan meminta bantuan agensi Cyrano. Di sisi lain, adalah Yoon Yi Seol (Kim Jung Hwa), sabahat Byung Hoon yang juga merupakan istri dari almarhum Do Il. Sama seperti Do Il, Byung Hoon jatuh cinta pada Yi Seol semenjak SMA, namun ia menyembunyikan perasaannya demi Do Il.
Misi demi misi dijalani oleh agensi Cyrano dalam usaha mereka untuk melunasi hutang teater kepada para rentenir. Bergabungnya Gong Min Young dalam tim membuat kinerja tim menjadi lebih berwarna dengan adanya anggota perempuan di antara mereka. Tidak hanya Min Young yang belajar banyak dari sana, ketiga anggota agensi Cyrano lainnya pun belajar banyak dari seorang Min Young yang membawa aura positif dalam tim. Dalam perjalanan misi-misi tersebut, para anggota agensi Cyrano tidak hanya memberi cinta bagi orang lain, melainkan juga menyadari arti cinta bagi mereka sendiri. Do Ah Rang mengalami cinta pertamanya, Hwang Moo Jin mendapatkan seorang kekasih –Hye Ri (Ha Yeon Joo), pegawai di restoran Cha Seung Pyo–, Seo Byung Hoon jatuh cinta lagi setelah sekian lama menutup hati, dan Min Young menemukan kekuatan untuk memperjuangkan cintanya. Namun, akankah Byung Hoon belajar untuk jujur atas perasaannya sendiri dan mengakui bahwa ia juga telah jatuh cinta terhadap Min Young?

"Dating Agency: Cyrano" official photo - source: www.asianwiki.com

“Dating Agency: Cyrano” ditayangkan pada stasiun televisi kabel tvN pada bulan Mei hingga Juli 2013. Serial drama romantic comedy ini terdiri dari 16 episode, dan merupakan seri keempat dari paket serial “Oh! Boy” –sebuah project series yang ditayangkan oleh tvN sejak tahun 2011–, setelah “Flower Boy Ramyun Shop” (2011), “Shut Up Flower Boy Band” (2012), dan “Flower Boy Next Door” (2013). Diadaptasi dari film komedi romantis “Cyrano Agency” (2010), kisah “Dating Agency: Cyrano” berpusat pada perjalanan hidup, cinta, dan karir empat anak manusia yang bertemu dan bergabung dalam sebuah agensi percintaan bernama Cyrano. Dalam usaha mereka untuk menumbuhkan cinta di antara para klien dan targetnya, keempat anak manusia itu menemukan dan belajar akan rasa dan makna cinta.
People can control neither heart nor feeling, but they can make up the situation and condition instead. Hati memang tidak bisa dikendalikan, tetapi situasi dapat dikondisikan. Tugas agensi Cyrano lah untuk menciptakan kondisi yang mendukung hati seseorang supaya merasakan cinta. But in the end, it’s not those made up situations that win over someone’s heart, it’s the sincerity that touch someone’s feeling. Meskipun situasi yang sengaja diciptakan telah mendukung seseorang untuk jatuh cinta, pada akhirnya ketulusan hati lah yang dapat menyentuh perasaan. Seluruh misi agensi Cyrano tidak akan berhasil tanpa ketulusan cinta si klien terhadap targetnya. Karena mereka hanya perantara, sarana untuk menyampaikan ketulusan tersebut. Keberlanjutan hubungan itu pun pada akhirnya si klien dan target lah yang menentukan.
Loving somebody begins with being faithful and true to yourself and your own feeling. Bagi seorang Seo Byung Hoon yang sedari awal tidak pernah sanggup menyatakan perasaannya kepada orang yang ia cintai, karena takut menyakiti hati sahabatnya sendiri, untuk selanjutnya ia tidak terbiasa menyatakan perasaannya. Ia selalu bersembunyi dan mengalah, merasa orang lain selalu lebih pantas untuk wanita yang ia cintai. Namun tanpa ia sadari, sesungguhnya mencintai orang lain dimulai dengan jujur terhadap diri sendiri atas apa yang dirasakan. Mencintai adalah soal keberanian untuk berterus terang. Ke mana pun kejujuran itu akan membawanya, serta bagaimana pun kisah itu akan berujung, awali semuanya dengan kejujuran. Kejujuran lah yang membukakan hati seseorang, yang membuat seseorang merasakan ketulusan.
Being loved by somebody begins with loving your own self. Bagi seorang Gong Min Young yang berkali-kali mengalami kegagalan cinta di masa lalu, bahkan pernah disakiti begitu dalam oleh orang yang dicintainya dulu, tidak mudah baginya untuk menjadi pribadi yang tetap optimis akan cinta. Namun ia mengambil pilihan itu. Ia tetap percaya bahwa semua akan indah pada waktunya, bahwa ia tidak menyesali apa yang telah terjadi, bahwa setidaknya ia mendapatkan ingatan bahagia untuk dikenang. Ia tidak membiarkan kenangan buruk menghancurkan segala kenangan yang indah. Ia tahu bahwa untuk mendapatkan cinta dari orang lain, seseorang harus mulai dengan mencintai dirinya sendiri. Atas segala yang terjadi di masa lalu, ia memaafkan dirinya sendiri, dan terus melangkah ke depan dengan penuh percaya diri. Dalam setiap hubungan, orang-orang saling bertemu untuk merangkai dunia mereka, mimpi-mimpi mereka. Akan ada saatnya ketika mereka berbahagia, akan ada pula saatnya ketika mereka bersedih. Tak jarang pula mereka akan bertemu orang-orang yang belum tepat bagi mereka. Namun semua itu akan menuntun mereka pada satu orang yang tepat.

"Dating Agency: Cyrano" official photo - source: www.asianwiki.com

Pada awalnya, project keempat dari rangkaian paket serial “Oh! Boy” ini diberi judul “Flower Boy Dating Agency”, namun akhirnya diganti sesuai dengan judul film yang diadaptasinya. “Dating Agency: Cyrano” memasang Choi Sooyoung –anggota girl group Girls’ Generation (SNSD)– dan Lee Jong Hyuk –aktor yang namanya tengah melambung melalui serial “A Gentleman’s Dignity”– sebagai pasangan tokoh utama. Meskipun jarak usia mereka terpaut cukup jauh, Sooyoung dan Jong Hyuk berhasil menghidupkan chemistry yang sempurna antara sang bos dan si karyawan, Seo Byung Hoon dan Gong Min Young. Well, I (which is the same age as Sooyoung) personally don’t mind to date a very-much-older-man if he’s Lee Jong Hyuk, haha! I love this series. It’s different from its predecessors and has a great storyline with perfect casts. If you watch it, it would refresh your mind and heart, and so it worth it all.


When I looked at them, I wondered how many people end up together because of coincidences and mistakes.” –Do Ah Rang (Dating Agency: Cyrano, 2013)

If you could see the power that love can create, I wonder how big it would be. How you can feel like you can conquer everything and persist through anything as long as you’re with the person you love. In order to earn that power, you must be honest with your feelings, to yourself and to that person.” –Gong Min Young (Dating Agency: Cyrano, 2013)

Don’t run away. And look into your heart.” –Yoon Yi Seol (Dating Agency: Cyrano, 2013)

Share:

0 komentar