Pupil of the Eye

I’ve felt the eyes were looking at me since a long time ago. I can’t avoid it yet I can’t see it anywhere I look at.” –Uhm Jung Hwa, Pupil of the Eye [translated lyrics]


Uhm Jung Hwa, the South Korea’s 90s queen of dance pop, melakukan debut sebagai penyanyi solo wanita dengan sebuah lagu berjudul “Pupil of the Eye” pada tahun 1993. Lagu ini menjadi bagian dari album perdananya yang bertajuk “Sorrowful Secret”. Pada program acara musik “Immortal Songs 2: Singing the Legend” episode 82, lagu “Pupil of the Eye” ditampilkan oleh duo parody hip-hop UV. Episode ini mengudara pada tanggal 5 Januari 2013 di stasiun televisi KBS dan pada tanggal 26 Januari 2013 di channel KBS World. Episode 82 dan 83 program acara tersebut memang menampilkan Uhm Jung Hwa sebagai legend, dan UV tampil sebagai pemenang pada episode 82 berkat penampilan memikat mereka dengan lagu “Pupil of the Eye”. Sang legenda pun terkesima dengan penampilan UV, apalagi mengingat bahwa lagu ini merupakan lagu debut yang memiliki arti begitu dalam baginya. “Pupil of the Eye” adalah lagu dance pop dengan medium tempo, yang membuat Uhm Jung Hwa naik daun sebagai sexy icon berkat ‘desahan’nya dalam lagu ini. Indeed, “Pupil of the Eye” is a sexy song.
“Pupil of the Eye” mengisahkan seseorang yang merasakan bahwa selalu ada ‘mata’ yang mengawasinya, mata dari seseorang yang ia tahu diam-diam telah jatuh hati kepadanya. Namun kemanapun ia memandang dan mencari, ia tak dapat menemukan pemilik mata itu. Setiap kali ia merasa bahwa kisah cintanya dengan orang manapun selalu gagal, ‘mata’ itu selalu membuatnya merasa nyaman, karena ia tahu bahwa ada orang di luar sana yang selalu memperhatikan dan mengawasinya. Hingga akhirnya orang itu muncul di hadapannya, ia kemudian menyadari bahwa orang itu adalah orang yang selama ini ia cintai, ia perhatikan, dan ia awasi. Without realizing, they’ve been flirting to each other, and moreover, they’ve been watching all over each other all this time.

UV ketika membawakan lagu "Pupil of the Eye" pada program "Immortal Songs 2" Episode 82


UV membuat “Pupil of the Eye” menjadi lebih dari sekadar lagu, melainkan sebuah pertunjukan musikal spektakuler. Tidak hanya kemampuan vokal yang menonjol, UV memiliki daya pikatnya sendiri sebagai sebuah parody group yang comical dan entertaining. Mereka bahkan me-remix lagu tersebut dengan lagu mereka sendiri yang bertajuk “Itaewon Freedom”. Duo yang terdiri dari komedian Yoo Sae Yoon, dan penyanyi sekaligus DJ, Muzie, ini sukses menggebrak panggung “Immortal Songs 2” dengan penampilan mereka yang super menghibur. Ketika “Pupil of the Eye” versi Uhm Jung Hwa adalah lagu yang seksi, maka “Pupil of the Eye” versi UV adalah lagu yang super maskulin nan macho. The successfully turned the stage of “Immortal Songs 2” upside down, and also become the final winner of part 1 of the Uhm Jung Hwa special episodes. Penampilan itu adalah pertama kalinya UV tampil dalam “Immortal Songs 2” dan mereka berhasil memberi nafas dan suasana baru dalam program tersebut. Namun sayangnya, hingga tulisan ini diturunkan, UV belum tampil lagi dalam “Immortal Songs 2”. Meskipun begitu, satu penampilan dari mereka saja sanggup menimbulkan kesan mendalam bagi para penonton.

You’ve already fallen in love with me since the first moment you saw me. I’ve been watching you for a long time since I fall in love with you.” –Uhm Jung Hwa, Pupil of the Eye [translated lyrics]



“Aju orae jeone neukkyeowatdeon nareul boneun nundongja
(I’ve felt the eyes were looking at me since a long time ago)
Geu eoneu gose isseo bwado pihal su eobseo
(I can’t avoid it yet I can’t see it anywhere I look at)

Naege museun mareul hagopeun ji imi algo itjiman
(What kind of need to say that to me, although I already know)
Geudaen geujeo nareul barabol ppun malhaji ahnne
(Don’t say that you’re just looking only at me)

Sarangeun euneunhage dagaogido hajiman
(Love feels faint even when it comes to another guy)
Sunganedo neukkyeojineun geot ije naege mareul hae juo
(But now just let me say these words in this moment)

Geudae nareul cheoeum bon sungan imi nareul saranghago isseotdago
(You’ve already fallen in love with me since the first moment you saw me)
Geudae nareul saranghagie oraetdongan barabogo isseotdago
(I’ve been watching you for a long time since I fall in love with you)”

Share:

0 komentar