Reminiscence

There’s a girl backstage holding back her tears and watching myself filled with sadness. She’s sitting in her small seat. She holds her hands together and she’s listening to my story.” –Boohwal, Reminiscence III [translated lyrics]


Pertama kali dibentuk pada tahun 1985 dan masih aktif bermusik hingga sekarang, grup band Boohwal telah menjadi a legendary rock band di Korea Selatan. Boohwal –yang dalam Bahasa Inggris berarti ‘resurrection’– merupakan legend kedua yang ditampilkan dalam program acara “Immortal Songs 2: Singing the Legend” episode 3 dan 4. Enam orang penyanyi menampilkan kembali lagu-lagu hits Boohwal dalam episode tersebut dengan aransemen yang baru. Salah satu lagu yang ditampilkan adalah sebuah lagu rock ballad berjudul “Reminiscence III”, yang dibawakan oleh Song Jieun, vokalis girl group Secret. Lagu ini dirilis pertama kali pada tahun 1987 sebagai bagian dari album kedua Boohwal, “Remember”.
Ketika “Reminiscence III” pertama kali dirilis, vokalis Boohwal kala itu adalah Lee Seung Chul, yang kemudian keluar dari Boohwal pada tahun 1988 untuk menjalani kemudian menjadi penyanyi solo. Seung Chul yang juga memegang hak cipta atas lagu tersebut, kemudian merilis ulang “Reminiscence III” dengan judul “The Last Concert”. Lagu ini menjadi bagian dari album solo kedua Seung Chul, “Lee Seung Chul Part 2” yang dirilis pada tanggal 10 Desember 1989. Versi ini memiliki melodi yang lebih lembut dengan iringan piano dan orkestra yang mendominasi aransemennya. Lagu indah ini dulunya diciptakan Kim Tae Won, gitaris sekaligus leader Boohwal, untuk seorang gadis yang kini menjadi istrinya. Namun, masyarakat Korea Selatan lebih mengenal lagu ini sebagai “The Last Concert” milik Lee Seung Chul dibandingkan “Reminiscence III” milik Boohwal.
Melihat latar belakang penciptaan lagu ini, tidak heran ketika mencermati liriknya, “Reminiscence III” secara eksplisit bercerita tentang seorang gadis. Meskipun tidak dinyatakan secara gamblang bahwa gadis dalam lagu itu adalah orang yang dicintainya, namun perasaan itu tergambar melalui beberapa pengungkapan. Pertama, tertuang dalam kalimat, “She holds her hand together and listens to my story. She knows me and that makes her feel even sadder.” Ini menandakan bahwa gadis itu mengenal dirinya cukup baik untuk memahami perjalanan dan kisah hidupnya. Kedua, terdapat kalimat, “She runs outside, and the songs ends, but I won’t sing it anymore, that sad song.” Ini menggambarkan bahwa ia tidak akan menyanyikan lagi lagu itu selamanya karena itu hanya akan membuat sedih si gadis. “Reminiscence III” menceritakan ketulusan perasaan, bahwa seseorang sanggup melakukan apa saja demi membahagiakan orang yang ia cintai, bahwa seseorang rela tidak melakukan apa saja yang membuat orang yang ia cintai bersedih. Di sisi lain, lagu ini juga mengandung makna bahwa sekelam apapun kisah yang pernah kita lewati dalam hidup, akan selalu ada seseorang di belakang panggung kehidupan kita yang setia mendengarkan kisah kita, dan turut merasakan suka dan duka bersama kita.

SECRET Song Jieun ketika membawakan lagu "Reminiscence III" pada program "Immortal Songs 2" Episode 4

Young Ji ketika membawakan lagu "The Last Concert" pada program "Immortal Songs 2" Episode 102

“Reminiscence III” di tangan Song Jieun menjadi sebuah lagu ballad dengan iringan orkestra, yang terdengar semakin indah dengan tambahan melodi dari lagu “Never Ending Story” pada bagian akhir lagu. Versi lagu ini yang berjudul “The Last Concert” kemudian ditampilkan kembali dalam program “Immortal Songs 2” episode 102 ketika Lee Seung Chul tampil sebagai legend. Dalam episode tersebut “The Last Concert” dibawakan oleh solois wanita Young Ji dan diaransemen menjadi sebuah lagu gospel ballad. Dalam versi original “Reminiscence III”, Kim Tae Won menyanyikan sebagian besar lagunya, hingga pada bagian akhir lagu yang kemudian dinyanyikan oleh Lee Seung Chul. Semenjak Jung Dong Ha menjadi vokalis Boohwal, Kim Tae Won menyanyikan bagian verse dan bridge, sementara bagian chorus dinyanyikan oleh Dong Ha. Di antara sekian banyak versi, saya paling menyukai versi yang dibawakan oleh Boohwal dengan Jung Dong Ha sebagai vokalisnya. Indeed, Dong Ha’s voice is really something. His voice suits very perfectly with Boohwal’s songs.

She knows me and that makes her feel even sadder. The song keeps flowing, the girl can’t hold back her tears. She runs outside, and the songs ends, but I, I won’t sing it anymore, that sad song.” –Boohwal, Reminiscence III [translated lyrics]


“Jigeum seulpeun naemoseubeul mudaedwiui hansonyeo
(There’s a girl backstage holding back her tears)
Aesseo nunmul chameumyeo balabogo issne
(And watching myself filled with sadness)
Mudaedwie geusonyeoneun jageun uijae anja
(She’s sitting in her small seat)
Duson gobge moeugo balabomyeo deudne naui aegileul o
(She holds her hands together and listens to my story)

Sonyeoneun nareul algie deodeouk seulpeojine
(She knows me and that makes her feel even sadder)
Noraeneun jeomjeom heuleugo sonyeoneun ureum chamji mothae
(The song keeps flowing, the girl can’t hold back her tears)
Bakkeuro naga beoligo noraen kkeutji natjiman
(She runs outside, and the songs ends, but I)
Ijen buleuji aneuli i seulpeun noraeleul
(I won’t sing it anymore, that sad song)

I noraega geutji namyeon manheun saram hwanho
(After the song ends, people are cheering out loud)
Dwilo anjchae sonyeoege dagaga maleobsi anajuli
(Without any words, I come to the girl who sits in the back and give her a hug)

Lalalala nanananananananananaanana
Nananananananananananananananana”

Share:

0 komentar