Rain and the Music Within


When the rain falls and the music flows, I think of you. The night that you left, it was raining like today.” –Kim Hyun Sik, Like Rain, Like Music [translated lyrics]


Rekor poin tertinggi yang diperoleh penampil dalam program acara “Immortal Songs 2: Singing the Legend” hingga bulan Juli 2013 adalah 438 poin. Dua orang solois pria adalah pemegang rekor tersebut, they are tied for the highest score record. Yang pertama, the original record breaker, adalah Jung Dong Ha pada episode 73. Lima bulan kemudian, JK Kim Dong Wook menyamai rekor tersebut pada episode 97. Namun dalam episode 115, rekor tersebut kembali dipecahkan oleh Dong Ha dengan 439 poin. Indeed, he’s the original record breaker. Pada episode tersebut, Dong Ha membawakan lagu “Like Rain, Like Music” milik almarhum Kim Hyun Sik, solois pria yang melegenda dalam dunia musik Korea Selatan. Episode tersebut adalah episode spesial “The Legend 7”, di mana tujuh penampil mengaransemen ulang dan membawakan lagu hits dari para legend yang mereka pilih sendiri. Yang istimewa dari episode ini adalah kenyataan bahwa ketujuh legend tersebut telah berpulang, sehingga seluruh penampilan dalam episode tersebut seolah menghidupkan kembali kenangan atas para legenda.
Episode spesial “The Legend 7” ini mengudara di stasiun televisi KBS pada tanggal 24 Agustus 2013. Episode ini kemudian ditayangkan di channel KBS World pada tanggal 14 September 2013. Jung Dong Ha memilih Kim Hyun Sik sebagai legendanya. Lebih dari itu, Kim Hyun Sik adalah inspirasi pertamanya mengapa ia memilih musik sebagai jalan hidupnya. Ia bahkan menyatakan dengan tegas bahwa Kim Hyun Sik selamanya adalah role model baginya. Maka ketika ada orang yang bertanya mengenai lagu favoritnya sepanjang masa, ia tak akan ragu untuk menjawab bahwa lagu itu adalah “Like Rain, Like Music”. Dirilis pada tahun 1986 dan menjadi bagian dari album ketiga almarhum Kim Hyun Sik, album tersebut masuk dalam daftar South Korea’s All Time 100 Greatest Albums sebagai peringkat ke-13.

Jung Dong Ha ketika membawakan lagu "Like Rain, Like Music" pada program "Immortal Songs 2" Episode 115

Lirik lagu “Like Rain, Like Music” memang sederhana, namun tersirat makna yang dalam di situ. Lagu ini adalah lagu tentang kenangan, tentang memori atas orang yang kita cintai begitu dalam, orang yang telah pergi meninggalkan kita, yang pergi ketika hujan turun. Atas semua itu, kenangan selalu datang kembali setiap kali hujan turun. Dalam hujan itu, terdengar alunan musik, musik yang menghidupkan kembali kenangan atas waktu-waktu yang lalu, waktu-waktu yang kita habiskan bersama dengan orang itu, orang yang selalu kita harapkan untuk tinggal di sisi kita selamanya. Musik yang mengalun sendu membawa ingatan akan cinta dan hari-hari indah yang pernah dijalani, sementara rintik hujan yang turun membawa luka atas cinta yang telah berlalu itu. Indeed, rain has its own magical power. An endless charm that could brings up memories within. A painful yet beautiful sense of lingering feeling that could make people reminiscing the past.
Just like the rain and the music within, this rock ballad song somehow has a magical force that could draw people in it. Ketika Jung Dong Ha tampil membawakan lagu ini dalam episode 115 program “Immortal Songs 2” sebagai penampilan pamungkas, para penonton terlihat larut di dalamnya. Penghayatan Dong Ha memang luar biasa, ditambah dengan footage almarhum Kim Hyun Sik yang ditampilkan pada background layar panggung, semakin memberi kesan yang magis pada penampilannya. Bahkan ketika penampilan tersebut berakhir, para penonton memberikan standing applause bagi Dong Ha, dan ia berhasil meraih 439 poin atas penampilan luar biasa tersebut, membuatnya kembali memecahkan rekor poin tertinggi dalam program “Immortal Songs 2”, hingga saat ini. “Like Rain, Like Music” is indeed a great performance from the man of record, Jung Dong Ha, and he deserves it. It’s such a heart-wrenching yet self-healing performance.

Again, I stand in the rain today and let the day passes by. Our love story like music with a beautiful melody comes with pain just like the rain.” –Kim Hyun Sik, Like Rain, Like Music [translated lyrics]




“Biga naerigo eumagi heureumyeon nan dangsineul saenggaghaeyo
(When the rain falls and the music flows, I think of you)
Dangsini tteonasideon geu bame ireohge biga wasseoyo
(The night that you left, it was raining like today)

Nan oneuldo i bireul majeumyeo harureul geunyang bonaeyo
(Again, I stand in the rain today and let the day passes by)
O areumdaun eumaggateun uriui sarangui iyagideureun
(Our love story like music with a beautiful melody)
Heureuneun bicheoreom neomu apeugi ttaemunijyo o
(Comes with pain just like the rain)

Nae sarang geudae nae gyotae isseojyo i sesang hanappuni ojig geudae mani
(Dear my love, please stay by my side, you’re my one and only love in this world)
Himkyeoun nare nomajo ddeonamyeon biteulgaril naega angil guteun eodiye
(If you leave me on a day like this, I don’t have a shoulder to cry on)

Geureohge apeun biga wasseoyo
(And thus the sad rain falls)”

Share:

0 komentar