Confession

What should be done? What should I do? I dare, I dare to love her.” –Yim Jae Bum, Confession [translated lyrics]


Solois pria asal Korea Selatan, Kim Tae Woo, tampil sebagai pemenang final dalam episode 89 program acara “Immortal Songs 2: Singing the Legend”. Dalam episode tersebut ia tampil membawakan lagu bertajuk “Confession” milik Yim Jae Bum, salah satu rock legend dalam dunia musik Korea Selatan. Yim Jae Bum adalah legend yang ditampilkan dalam episode yang ditayangkan pada tanggal 23 Februari 2013 pada channel KBS dan pada tanggal 16 Maret 2013 di KBS World tersebut. Dirilis pertama kali pada tanggal 1 Januari 1998, “Confession” adalah title track dari album ketiga Yim Jae Bum yang bertajuk sama. Lagu hits ini merupakan ‘lagu wajib’ bagi para pria di Korea Selatan dan telah dinyanyikan ulang dalam berbagai versi oleh banyak penyanyi. But well, none could beat the original.
“Confession”, diciptakan oleh Yim Jae Bum sendiri, bercerita tentang kepasrahan dan penyerahan diri seseorang atas cinta yang ia miliki untuk orang yang dicintainya. Kepasrahan dan penyerahan diri yang muncul karena ia merasa bahwa dirinya tidak berhak untuk memiliki perasaan cinta terhadap orang itu, bahwa dirinya terlalu ‘rendah’ untuk mencintai. Atas rasa cinta yang ia miliki itu, ia bahkan rela menerima hukuman apapun, asalkan ia dapat mencintai orang itu, hanya orang itu seorang. Atas rasa cinta itu, ia berani menerima segala risikonya. Cinta itu telah mengubah segala ketakutan atas hidupnya selama ini menjadi sebuah keberanian untuk mencintai.

Kim Tae Woo ketika membawakan lagu "Confession" pada program "Immortal Songs 2" Episode 89

Vokal Yim Jae Bum yang unik dan menonjol dalam lagu ini, membuat “Confession” menjadi lagu yang susah ‘ditaklukkan’, meskipun banyak penyanyi yang mengambil langkah berani untuk meng-cover lagu ini. Kim Tae Woo sendiri mengaku bahwa “Confession” adalah lagu Yim Jae Bum yang paling susah untuk dibawakan, dan bahwa ini merupakan tantangan terbesar baginya. Namun Tae Woo pada akhirnya membuktikan bahwa ia sanggup menerjemahkan “Confession” ke dalam gayanya sendiri, dan tampil sebagai pemenang dalam episode spesial Yim Jae Bum program acara “Immortal Songs 2”. “Confession” di tangan Tae Woo menjadi sebuah lagu gospel ballad, sementara versi asli milik Yim Jae Bum adalah rock ballad. Well, so far Kim Tae Woo is the best among those singers that have sung this song before, but I have to admit that the original is the greatest ever.

Where are you? Can you really hear me? Then do you understand my poor and bleeding love?” –Yim Jae Bum, Confession [translated lyrics]


“Eojji hamnikka eotteoge halkkayo gamhi jega gamhi geunyeoleul saranghamnida
(What should be done? What should I do? I dare, I dare to love her)
Joyonghi najocha najochado moreuge ideuncheok sandaneungeon sarado jukeun geobnida
(To live quietly and pretending to have forgotten, it’s a life that’s just like death)
Sesangui binando michyeoboil moseubdo moduda aljiman geuge duryeobjiman saranghamnida
(The criticism of the world and the portrayal of me as a madman, I know it all, I’m afraid of it but I love you)

Eodie itnayo je yaegi jeongmal deullisinayo
(Where are you? Can you really hear me?)
Geuleom piheullineun gayeobeun je sarangeul algo gyesinayo
(Then do you understand my poor and bleeding love?)
Yongseohae juseyo beolhasindamyeon jeo bateulgeyo
(Please forgive me, if you want to punish, I will gladly accept it)
Heona geunyeomaneun jege geunyeohanaman heolakhaejusoseo
(But, it’s only her, please allow me, just her and her only)”

Share:

0 komentar