Protect the Boss



A true leadership is the courage to understand and take care of others.” –No Eun Sul (Protect The Boss, 2011)

The pain I’m feeling can’t be cured by a visit to the hospital. Because compared to my body, my heart is suffered more.” –Cha Ji Hun (Protect The Boss, 2011)

You shouldn’t always use force to rule others. You should use intelligence and wisdom to command your subordinates. This is the only way you could solve problems.” –Cha Moo Won (Protect The Boss, 2011)


Setiap manusia diciptakan untuk hidup di dunia ini karena tujuan tertentu. Setidaknya itulah yang mereka percayai. Apabila hidup manusia di dunia ini memiliki tujuannya, maka perjalanan hidup adalah misi pencarian atas tujuan tersebut. Ketika manusia telah menemukan tujuan yang ingin mereka raih dalam hidup, sejauh mana mereka dapat mengerahkan usaha untuk mendapatkannya? Sejauh mana mereka rela memperjuangkannya? “Protect The Boss” adalah serial drama tentang perjalanan hidup dua anak manusia, pencarian tujuan dan makna dalam kehidupan mereka, serta lika-liku cinta yang mereka alami.
Si wanita adalah No Eun Sul (Choi Kang Hee). Tidak seperti wanita kebanyakan yang mencoba untuk tampil feminin dan anggun, Eun Sul adalah wanita yang kuat (literally!), mandiri, dan lebih mengandalkan otot ketimbang otak, meskipun secara penampilan ia tidak dapat dikatakan tomboi, karena tuntutan usia membuatnya berpenampilan feminin. Prestasi akademisnya selama di sekolah dapat dikatakan hancur lebur karena pada waktu itu ia tidak tertarik untuk belajar, melainkan berkelahi. Akibatnya, Eun Sul kini kesulitan mencari pekerjaan, padahal ia berasal dari keluarga sederhana. Si pria adalah Cha Ji Hun (Ji Sung). Ia tampan, cerdas, dan merupakan ahli waris salah satu perusahaan besar dan ternama di Korea Selatan, DN Group. Walaupun tidak tertarik meneruskan bisnis keluarganya, sang ayah memaksa Ji Hun untuk memegang sebuah jabatan penting dalam perusahaan mereka. Dari luar, pria ini tampak sempurna, namun sebenarnya ia mengidap panic disorder, yang membuatnya phobia pada keramaian dan tidak sanggup berbicara di hadapan orang banyak. Fakta yang selama ini ia sembunyikan dari orang-orang, termasuk keluarganya sendiri.
And so, their life is entangled. Pada suatu hari, Eun Sul terlibat pertikaian dengan bos barunya di sebuah klub. Tanpa sengaja, Ji Hun yang tengah berada di klub yang sama pun terlibat dalam pertikaian itu. Eun Sul yang lincah dan cekatan berhasil kabur dari para gangster yang mengejarnya, namun naas, nasib Ji Hun justru sebaliknya. Ia habis babak belur dihajar oleh para preman itu karena dikira bekerja sama dengan Eun Sul. Berbekal sebelah sepatu yang tertinggal oleh Eun Sul di lokasi kejadian, Ji Hun bertekad mencari wanita itu untuk meminta pertanggungjawaban. Kejadian malam itu membuat Eun Sul, lagi dan lagi, menjadi seorang yang jobless. Di lain pihak, kejadian malam itu membuat Ji Hun, lagi dan lagi, memecat sekretarisnya yang dia anggap tidak becus dalam melindunginya.
Adalah Cha Moo Won (Kim Jaejoong), sepupu Ji Hun yang sifatnya sangat bertolak belakang dengan pria itu. Moo Won, yang juga tampan dan cerdas, adalah pribadi yang tenang dan ambisius. Dalam perusahaan DN Group, ia memegang jabatan yang setara dengan Ji Hun, namun bedanya, pria ini sangat berdedikasi dengan pekerjaannya. Ambisi terbesarnya adalah mengambil alih kepemimpinan perusahaan dari sang paman, ayah Ji Hun. Pria inilah yang kemudian mempekerjakan Eun Sul sebagai sekretaris baru Ji Hun. Moo Won tertarik pada sikap Eun Sul yang berani, sehingga ia menganggap wanita itu adalah sosok yang tepat sebagai sekretaris Ji Hun. Maka dimulailah petualangan Eun Sul sebagai sekretaris baru Ji Hun.
Menghadapi Ji Hun yang suka bertindak semaunya sendiri dan acuh tak acuh dengan pekerjaannya, mental Eun Sul sangat diuji. Wanita itu berusaha keras dalam sebaik mungkin melakukan pekerjaannya, karena ia tidak ingin dipecat lagi dan lagi. Baginya, diterima bekerja di perusahaan sebesar DN Group saja sudah merupakan anugerah. Eun Sul akhirnya berhasil mendapatkan kepercayaan Ji Hun ketika wanita itu melindunginya dari sang ayah yang marah-marah padanya dan memukulinya. Seringnya ia menghabiskan waktu dengan bosnya, Eun Sul pun mendapati bahwa Ji Hun memiliki panic disorder. Wanita itu pun berusaha membantu Ji Hun dalam mengatasi kelemahannya itu, yang kemudian, membuat Ji Hun ketergantungan pada Eun Sul. Ia pun perlahan jatuh cinta kepada wanita itu. Kondisi menjadi semakin rumit ketika Moo Won yang sedari awal telah tertarik kepada Eun Sul, juga menumbuhkan perasaan untuk wanita itu. Belum lagi, ditambah dengan kehadiran Seo Na Yoon (Wang Ji Hye), mantan kekasih Ji Hun yang baru saja kembali dari Amerika Serikat.
Berada di antara dua pria yang tidak dapat akur itu membuat Eun Sul pusing. Tekanan ia peroleh dari berbagai pihak. Ji Hun dan Moo Won yang selalu menuntut jawaban atas pernyataan cinta mereka, Na Yoon yang cemburu padanya karena dua pria yang dulu mencintai wanita itu kini berpaling padanya, beserta para orang tua yang selalu menyudutkannya untuk menjauhi kedua pria tersebut. Pada saat Eun Sul mati-matian menekan perasaan yang ia miliki untuk Ji Hun, yang justru bertumbuh semakin dalam, ayah Ji Hun justru mempercayainya untuk membantu pria itu supaya dapat mengikis panic disorder yang dimilikinya. Pada akhirnya, kemanakah perjuangan Eun Sul dan Ji Hun akan membawa mereka?


“Protect The Boss” adalah serial drama komedi romantis yang mengudara di stasiun televisi SBS Korea Selatan. Serial yang terdiri dari 18 episode ini ditayangkan pada bulan Agustus hingga September 2011. Serial ini merupakan debut Kim Jaejoong, mantan personil boy group DBSK yang kini menjadi anggota vocal group JYJ, dalam serial drama. Memasang duet aktris dan aktor kawakan Choi Kang Hee dan Ji Sung, “Protect The Boss” mengisahkan perjalanan hidup dan cinta dua anak manusia, serta upaya mereka untuk saling melindungi dan menguatkan satu sama lain. Lebih dari itu, serial ini juga memotret kisah tentang hubungan keluarga dan rumitnya persaingan dalam lingkungan pekerjaan. Membalut jalan ceritanya dengan kemasan komedi romantis, “Protect The Boss” juga tak luput dalam menyuguhkan sisi kisah yang sanggup menyentuh hati para penontonnya.
A great lover is someone who is not only could accept us just the way we are, but also could motivate us to be a better person. A great lover is more than just a lover, but a partner, a best friend, and also a brother or sister. Menyorot relasi hubungan pria-wanita dari perspektif Cha Ji Hun dan No Eun Sul, mereka saling membutuhkan satu sama lain lebih dari sekadar kekasih, melainkan juga sekaligus rekan kerja, sahabat, dan saudara. Dalam kebersamaan mereka, Ji Hun dan Eun Sul menemukan bahwa mereka berproses menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas dari diri mereka yang sebelumnya. Bukankah perubahan itu bagus apabila ke arah yang lebih baik? Bersama Eun Sul, Ji Hun mendapatkan kekuatan untuk melawan ketakutannya. Bersama Ji Hun, Eun Sul termotivasi untuk banyak belajar. Baik mereka sadari maupun tidak, keberadaan yang satu adalah penyokong bagi yang lain, penyemangat dan sumber motivasi mereka untuk menjadi lebih baik dan kuat. Indeed, love is not giving up, it’s protecting. Ketika cinta itu tulus, kekurangan yang ada bukanlah alasan untuk menyerah, melainkan menjadi motivasi untuk menjadi lebih kuat, untuk melindungi cinta tersebut.
Every parents in this world love their children, even in their own way. Sesungguhnya tak ada orang tua di dunia ini yang tidak menyayangi anak mereka. Hanya saja, mereka punya cara mereka sendiri dalam melakukannya. Meskipun kadang tidak ditunjukkan maupun diungkapkan secara langsung. Sayangnya, banyak anak yang merasa orang tua mereka tidak peduli, padahal yang terjadi justru sebaliknya. Menyorot relasi hubungan anak-orang tua dalam serial ini, berbagai macam relasi terpotret melalui hubungan karakter Cha Ji Hun dengan ayahnya, No Eun Sul dengan ayahnya, Cha Moo Won dengan ibunya, dan Seo Na Yoon dengan ibunya. Yang paling terlihat adalah antara Ji Hun dan sang ayah. Meskipun ayah Ji Hun membesarkan dengan keras, bahkan terkadang menggunakan fisik, ia sangat protektif terhadap putranya itu. Ia tidak pernah terima, bahkan selalu membalas dengan lebih kejam, apabila ada pihak-pihak lain yang menyakiti Ji Hun baik secara fisik maupun mental. Ia begitu terpukul ketika tahu bahwa putranya memiliki dan menyembunyikan penyakit panic disorder. Ji Hun tidak pernah menyadari bahwa sang ayah peduli padanya, karena sikap ayahnya yang keras terhadapnya selama itu. Padahal, meskipun caranya sangat aneh, itulah wujud kepedulian sang ayah terhadap Ji Hun.


“Protect The Boss” menawarkan hal-hal baru yang belum pernah dihadirkan dalam kebanyakan drama berjenis rom-com di Korea Selatan pada waktu itu, yaitu karakterisasi yang unik. Oleh karena itu, serial ini berhasil menarik perhatian penonton dan membukukan rating yang tinggi untuk slot waktu penayangannya, yakni menembus angka 19%. “Protect The Boss” pun panen gelar pada helatan acara SBS Drama Awards 2011, dengan memboyong sepuluh penghargaan sekaligus. Pasangan pemeran karakter utama, Choi Kang Hee dan Ji Sung, membawa pulang Best Couple Award, yang mana sangat layak untuk mereka raih atas chemistry luar biasa yang mereka hadirkan dalam serial ini. Mereka berdua juga berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Top Excellence Actress and Actor in a Drama Special dan Top 10 Stars. Aktris Wang Ji Hye dan idol-turned-actor Kim Jaejoong juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori New Star Award. Melengkapi kesuksesan “Protect The Boss”, aktris senior Kim Young Ok dinobatkan sebagai penerima Lifetime Achievement Award dalam ajang ini.
Indeed, this series is worth all the achievements. I’m not a huge fan of Choi Kang Hee, but it’s hard not to fall in love with her character in this series. She’s so into No Eun Sul character. Dibandingkan dengan penampilannya dalam serial “7th Grade Civil Servant”, Choi Kang Hee tampak jauh lebih keren dalam serial “Protect The Boss”. Plus, her chemistry with Ji Sung is no joke. I ship the Cha Ji Hun and No Eun Sul couple so much. I love how they keep arguing everytime but can’t get too far from each other at the same time. Moreover, I love the way they protecting and caring each other in their own way. Selain itu, salah satu keunggulan serial rom-com ini adalah tidak ada tokoh antagonis yang jahatnya keterlaluan. Semua menyebalkan pada porsinya, namun tetap pada koridor rom-com yang lucu dan menggemaskan. Termasuk karakter Cha Moo Won dan Seo Na Yoon (played by Kim Jaejoong and Wang Ji Hye respectively). Kehadiran mereka, alih-alih mengganggu, justru semakin mempermanis jalan cerita dalam serial ini. Begitu juga dengan karakter-karakter pendukung lainnya, yang memberi hiburan tersendiri dan membuat serial ini lebih berwarna. After all, “Protect The Boss” is very highly recommended to watch. Ringan, menghibur, romantis, lucu, menyentuh hati, all in one package.

You said that you like me, and you want me to stay b your side forever. What about me then? Do you want me to clean up after you for a lifetime? I’m not that great. I’m not that amazing. I need someone I can lean on too. So, don’t depend on me. ‘I’m not the only one suffering. I’m not the only one in pain.’ Even if they look fine on the outside, people don’t complain childishly like you do. That’s the way everybody lives. Please remember that. Please live well.” –No Eun Sul (Protect The Boss, 2011)

I will work hard on it, so that I can be a man you can lean on. Although until then I might complain about it, or maybe lean on you for a moment, but please continue to bear with it and wait for me.” –Cha Ji Hun (Protect The Boss, 2011)

Share:

0 komentar