The Secret Agents Couple



A meeting between two people is caused by fate. Fate comes to you like a thief in the night.” (7th Grade Civil Servant, 2013)

The oath! As a proud employee of National Security Intelligence, I pledge my life to ensure safety and security of my country, and I hereby solemnly swear to live and die namelessly for the sake of my country.” (7th Grade Civil Servant, 2013)

Motherland, that one word sets my heart pounding. It’s the name that makes the tip of my nose burn the second time I hear it. That is the way the Greek writer, Nikos Kazantzakis, spoke of his country. But that word has never sets my heart racing, or make the tip of my nose burn when I hear it. The word motherland has never given me any sort of meaning until now. The only meaning it had ever given me is disappointment and frustration. If by any chance, I’m given the chance, I want to make our country into one that will give meaning to people. A country that gives meaning to people who are nothing like myself. That’s the kind of country I’m speaking of.” –Kim Kyung Ja (7th Grade Civil Servant, 2013)


Dedikasi pada bangsa dan tanah air adalah salah satu bentuk cinta. Lalu pertanyaannya, sejauh mana seseorang dapat bertindak atas dasar cinta kepada negaranya? Ketika seseorang memutuskan untuk mengabdi pada negaranya dengan cara bekerja pada badan intelijen negara tersebut, apakah niatan murni tersebut lantas ternoda oleh tujuan untuk memeroleh uang dari pekerjannya? Ketika demi pekerjaannya yang sepenuhnya merupakan pengabdian pada negara, seseorang harus mengorbankan seluruh hidupnya, termasuk cintanya yang lain, mana yang akan ia prioritaskan untuk perjuangkan pada akhirnya? “7th Grade Civil Servant”, adalah sebuah serial drama Korea Selatan yang mengisahkan perjalanan dua anak manusia dalam menjalani profesi mereka sebagai agen rahasia, yang dibumbui dengan kisah romansa di antara mereka berdua.
Adalah Kim Kyung Ja (Choi Kang Hee), wanita pekerja keras yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja. Ia tengah mengambil kelas persiapan untuk menjalani tes masuk ke National Intelligence Service (NIS) sebagai seorang agen. Dalam prosesnya, ia mengambil berbagai macam pekerjaan sambilan untuk mencari uang guna menyambung hidup dan membiayai sekolahnya. Adalah Han Pil Hoon (Joo Won), lelaki tanpa kenal rasa takut yang berasal dari keluarga konglomerat. Tidak menuruti keinginan ayahnya untuk belajar bisnis dan bekerja di perusahaan keluarga, lelaki itu justru mengambil kelas persiapan untuk menjalani tes masuk ke NIS. Ia ingin menjadi seorang agen rahasia karena terinspirasi oleh karakter James Bond yang sangat diidolakannya. Pada suatu hari, Kyung Ja dan Pil Hoon bertemu dalam sebuah kencan buta.
Pil Hoon yang belum tertarik untuk menjalin hubungan dengan wanita, terpaksa menuruti keinginan ibunya untuk mengikuti kencan buta supaya diijinkan untuk mengikuti tes masuk ke NIS. Sementara Kyung Ja demi memperoleh uang untuk membiayai sekolahnya, membantu temannya yang bekerja di biro perjodohan dan mengikuti kencan buta. Maka bertemu lah Pil Hoon dan Kyung Ja. Namun pada waktu itu Kyung Ja menggunakan nama samaran sebagai Kim Seo Won. Menemukan bahwa Kyung Ja berbeda dengan gadis-gadis yang ia kencani sebelumnya, Pil Hoon mendapati dirinya tertarik pada wanita itu. Sebaliknya, Kyung Ja yang hanya menjalani kencan itu sebagai pekerjaan, tidak menganggap serius pertemuan itu sama sekali. Hingga pada suatu hari, mereka berdua bertemu di lokasi tes masuk NIS.
Takdir rupanya belum bosan mempertemukan Kyung Ja dan Pil Hoon. Mereka berdua dinyatakan lulus tes dan harus menjalani karantina pelatihan bersama anggota-anggota lain yang terpilih. Selama proses pelatihan tersebut, Pil Hoon menggunakan nama samaran Han Gil Ro, supaya rekan-rekannya sesama peserta pelatihan tidak mengetahui identitas aslinya sebagai pewaris salah satu perusahaan terbesar di Korea Selatan. Dalam pelatihan itulah Kyung Ja dan Pil Hoon bertemu dengan kawan-kawan seperjuangan mereka. Adalah Gong Do Ha (Hwang Chansung), mantan anggota pasukan Angkatan Darat yang beralih menjadi agen rahasia NIS. Lelaki ini memiliki ketertarikan terhadap Kyung Ja sejak pertama kali bertemu dengan wanita itu. Ada pula Shin Su Mi (Kim Min Seo), gadis ambisius yang akhirnya berkawan akrab dengan Kyung Ja. Seiring dengan kebersamaan mereka di tempat pelatihan, Kyung Ja dan Pil Hoon menemukan diri mereka menjadi semakin dekat, meskipun kerap timbul perselisihan di antara mereka. Pil Hoon pun menyadari bahwa dirinya telah jatuh cinta pada Kyung Ja. Begitu pula dengan wanita itu.
Segalanya berjalan sempurna bagi Kyung Ja dan Pil Hoon. Hingga pada suatu hari, pelatih mereka, Kim Won Suk (Ahn Nae Sang), mendapati bahwa komplotan penjahat yang menjadi incaran NIS tengah merencanakan sebuah kejahatan dengan memanfaatkan ayah Pil Hoon dan perusahaannya. Won Suk akhirnya merencanakan sebuah misi, yang hanya dia dan Pil Hoon yang tahu. Skenarionya adalah, Pil Hoon dikeluarkan dari NIS karena pelanggaran peraturan. Sementara itu, kenyataannya adalah, Won Suk menempatkan Pil Hoon sebagai agen rahasia di perusahaan keluarganya sendiri. Dengan demikian, Pil Hoon dan Kyung Ja berpisah. Wanita itu bahkan tidak mengetahui kenyataan bahwa Pil Hoon telah resmi menjadi seorang agen rahasia. Satu tahun kemudian, bahkan takdir masih gemar mempertemukan Kyung Ja dan Pil Hoon. Kyung Ja telah lulus dari pelatihan dan ia mendapatkan misi untuk menyamar sebagai pegawai di perusahaan Pil Hoon. Namun satu hal, mereka berdua saling tidak mengetahui bahwa mereka sama-sama merupakan agen rahasia NIS.



“7th Grade Civil Servant” adalah serial drama dengan kombinasi action dan komedi di dalamnya. Serial berjumlah 20 episode ini mengudara pada bulan Januari hingga Maret 2013. “7th Grade Civil Servant” ditayangkan oleh stasiun televisi MBC, menggantikan slot waktu penayangan yang sebelumnya ditempati oleh serial “Missing You”. Serial ini merupakan adaptasi dari film yang diproduksi oleh Korea Selatan pada tahun 2009 berjudul “My Girlfriend is an Agent”. Meskipun memiliki karakter yang sama sekali berbeda, latar belakang dan inti dari kisah dalam serial ini tetap berpusat pada kisah dua agen rahasia yang saling jatuh cinta. Kisah ini dilengkapi dengan intrik yang mereka hadapi seputar dedikasi mereka terhadap pekerjaan, keluarga, persahabatan, loyalitas, dan kepercayaan.
Trust is the foundation of all relationships. Without trust, a relationship could be as fragile as thin ice. Trust could strengthen the bond so that it could endure any obstacles that come ahead. Kepercayaan dibangun dengan kejujuran. Ketika masing-masing pihak menemukan kesulitan untuk jujur terhadap pihak lainnya, bahkan terhadap dirinya sendiri, maka kepercayaan itu akan sulit untuk dibangun. Hal ini yang terjadi pada Kim Kyung Ja dan Han Pil Hoon paska mereka menjadi agen rahasia NIS. Tuntutan profesi membuat mereka harus merahasiakan jati diri mereka masing-masing terhadap satu sama lain. Meskipun perasaan mereka untuk satu sama lain nyata adanya, itu tidak cukup untuk membangun rasa percaya penuh di antara mereka berdua. Akibatnya selalu ada rasa curiga yang berujung pada sakit hati. Pada hakikatnya manusia hidup untuk memilih. Dan ketika pilihan itu telah dijatuhkan, maka mereka harus siap dengan segala konsekuensinya.
Indeed, loyalty is the highest form of love that someone could make. Tidak hanya dalam cinta di antara sepasang lelaki dan perempuan saja, melainkan juga dalam cinta seseorang kepada tanah airnya. Berkali-kali Kim Kyung Ja dan Han Pil Hoon dihadapkan pada pilihan antara mempertahankan loyalitasnya kepada negara atau memperjuangkan loyalitasnya pada pasangan. Pilihan apapun yang mereka ambil pada akhirnya, mereka tetap menunjukkan satu bentuk cinta yang paling agung, yaitu loyalitas. Ketika relationship adalah transaksi atas negosiasi, maka loyalitas adalah harga jual dan belinya. Loyalty is indeed about take and give. Loyalitas dapat tumbuh melalui rasa kebersamaan, seperti yang dipupuk oleh para anggota baru NIS ketika mereka menjalani proses pelatihan bersama-sama. Namun hidup adalah rangkaian dari kejadian dan peristiwa tak terduga. Bahkan loyalitas yang telah dipupuk bertahun-tahun pun dapat hancur berkeping-keping dalam sekejap saja.


“7th Grade Civil Servant” dikenal juga dengan judul “Level 7 Civil Servant”, yang dalam istilah Korea Selatan digunakan untuk menyebut pegawai negeri sipil yang bekerja sebagai agen rahasia di NIS. Serial ini meraih rating yang cukup tinggi pada masa-masa awal penayangannya. Namun semenjak stasiun televisi SBS menayangkan serial “That Winter, The Wind Blows” pada slot waktu yang sama, perolehan rating “7th Grade Civil Servant” terus mengalami penurunan hingga episode terkhirnya. Serial ini membawa aktris Choi Kang Hee dan personel boy group 2PM, Hwang Chansung, memperoleh nominasi dalam ajang 49th Baeksang Arts Awards, namun tidak satupun dari mereka berhasil memenangkan penghargaan. Personally, I’m not a big fan of Choi Kang Hee. I have to admit that she’s very talented and is a great actress too, but unfortunately, I don’t think she suits the Kim Kyung Ja’s character that well. Besides her, for me all the casts are playing the suitable roles, including Chansung. I don’t really find the chemistry between Kang Hee and Joo Won in this series, and that’s a shame. Secara keseluruhan, serial ini cukup menghibur untuk dinikmati di kala senggang, meskipun mungkin bukan merupakan prioritas utama.

My comrades won’t do anything bad, because they’re my comrades. Whether we live or die, we’ll be doing it together. So I have to trust them.” –Han Pil Hoon (7th Grade Civil Servant, 2013)

You have to live well. That’s the best form of revenge.” –Kim Mi Rae (7th Grade Civil Servant, 2013)

If we don’t stop the revenge because what happened in the past wasn’t right, then history is just going to repeat itself.” –Han Pil Hoon (7th Grade Civil Servant, 2013)

Share:

0 komentar