Panda and Hedgehog

A cake must have a taste that everyone likes, and a design that makes everyone happy. That’s what you finally call a real cake.” –Go Seung Ji (Panda and Hedgehog, 2012)

Grandpa, I’ll make sure I become the best baker. Until then, don’t be hurt and don’t cry. Please wait for me.” –Go Seung Ji (Panda and Hedgehog, 2012)

To me, she is someone who will never be forgotten. Father died all of a sudden. It was one of the worst times, and my mother was even head over heels for someone else. During those times, I smiled and laughed only because of her. I wasn’t lonely because of her. And I lived through every day relying on her. When I was lonely and sad the most, she was always there for me by my side.” –Choi Won Il (Panda and Hedgehog, 2012)




Do what you love, and love what you do. Kata orang bijak, kerjakanlah hal-hal yang kita senangi, dengan demikian kita akan sepenuh hati dan berjuang maksimal dalam melakukannya. Mereka juga bilang, cintailah hal-hal yang kita kerjakan, dengan demikian kita akan hidup dengan rasa syukur dan tanpa tekanan dalam mengerjakannya. Betapapun susahnya, memperjuangkan hal-hal yang menjadi passion kita adalah sesuatu yang layak dilakukan. Di samping itu, segala hal sekecil apapun yang dilakukan dengan penuh passion akan berarti. Meskipun tidak mudah, Go Seung Ji (Lee Donghae) memperjuangkan mimpinya menjadi seorang pembuat kue dan memiliki tokonya sendiri. Dengan latar belakangnya sebagai mantan narapidana dan tekanan yang ia peroleh dari berbagai pihak, tidak menggentarkan langkahnya sama sekali.
Seung Ji mengalami kecelakaan ketika ia masih berusia 11 tahun, yang membuatnya kehilangan ingatan dan terpisah dari keluarganya. Alhasil, ia tumbuh besar di panti asuhan sebagai seorang yatim piatu. Akibat sebuah kesalahan, ia dipenjara ketika masih remaja. Selepasnya dari penjara, ia dirawat oleh seorang kakek yang hingga kini telah ia anggap sebagai kakeknya sendiri. Sang kakek memiliki sebuah toko kue kecil, tempat di mana Seung Ji akhirnya bekerja sebagai seorang pembuat kue. Ia telah belajar membuat kue sejak masih di penjara, tetapi statusnya sebagai mantan napi membuat Seung Ji ditolak mentah-mentah, bahkan dihina, ketika ia melamar bekerja di sebuah toko kue terbesar di kota, Saint Honore. Hal ini menimbulkan dendam di hati Seung Ji, yang membuatnya bertekad untuk membangun tokonya sendiri suatu saat kelak, dan mengalahkan dominasi Saint Honore di industri cake and bakery.
Pada suatu hari, Seung Ji bertemu dengan Pan Da Yang (Yoon Seung Ah), yang memiliki sebuah kafe kecil peninggalan almarhum kedua orang tuanya. Karena tidak mampu membuat kue, Da Yang mempekerjakan seorang pembuat kue. Sayangnya, pembuat kuenya ini sangat payah sehingga dagangan mereka tidak laku dan toko itu pun terancam bangkrut. Seung Ji pun melihat ini sebagai kesempatan untuknya. Ia akhirnya pergi dari rumah sang kakek dan menjadi pembuat kue di kafe milik Da Yang. Bagi Da Yang, Seung Ji adalah penyelamat hidup dan kafenya. Bagi Seung Ji, Da Yang adalah batu pijakan untuknya mencapai puncak gunung tertinggi. Adalah Choi Won Il (Choi Jin Hyuk), pewaris tunggal sekaligus pemilik saham terbesar Saint Honore. Ia kembali ke Korea Selatan setelah belajar bisnis dan manajemen di Amerika Serikat. Won Il memiliki dua alasan mengapa ia kembali ke Korea Selatan. Pertama, untuk menyelamatkan Saint Honore dari kediktatoran ayah tirinya yang jahat. Kedua, untuk mendapatkan cinta pertama sekaligus sahabat masa kecilnya, Da Yang.
And so, the fate of these three people is intertwined. Seung Ji terlalu kaku dan keras kepala untuk mengakui bahwa ia jatuh cinta pada Da Yang, meskipun perasaannya itu terpampang nyata melalui segala tindakannya. Sementara itu, Won Il terlalu polos dan lugu untuk mengakui perasaan terpendamnya selama berpuluh tahun itu kepada Da Yang, meskipun cintanya terukir jelas melalui segala perbuatannya. Di sisi lain, Da Yang terlalu naïf untuk merasakan bahwa kedua pria terdekat dengannya itu mencintainya. Ketika kemudian ia mengetahui segalanya, Da Yang bahkan tidak dapat memilih dengan mudah di antara kedua pria tersebut. Ditambah lagi, sahabat Da Yang, Kang Eun Bi (Yoo So Young), secara terang-terangan menunjukkan bahwa ia menyukai Won Il. Di tengah segala dilema percintaan ini, nasib mereka bertiga juga terikat dengan persaingan antara kafe Panda milik Da Yang dan Saint Honore milik keluarga Won Il.


“Panda and Hedgehog” mengudara di stasiun televisi Channel A dan ditayangkan pada bulan Agustus hingga Oktober 2012. Serial drama komedi romantis ini terdiri dari 16 episode. “Panda and Hedgehog” memberi balutan pada kisah cinta dan persahabatan tiga anak manusia yang tengah berusaha mewujudkan cita-citanya dengan setting industri kuliner, yaitu cake and bakery. Dengan jalan cerita yang membawa makna kehidupan di dalamnya, serial ini berusaha menjabarkannya dengan adegan-adegan yang serealistis mungkin. Tidak ada dramatisasi berlebihan, serta tidak keluar dari koridornya sebagai serial komedi romantis, “Panda and Hedgehog” menghadirkan permasalahan dan solusi dalam tempo yang cepat dan dinamis, sehingga penonton tidak dibuat bosan dengan jalan ceritanya. Menariknya, tidak hanya sekadar cinta, kisah dalam serial ini sanggup menarik keluar tiga poin yang menjadi kekuatan emosi utama sebuah serial drama Korea Selatan, yaitu persahabatan, keluarga, dan ikatan takdir.
Make every obstacle in life a motivation to success. Ketika ia mendapatkan penghinaan dari Saint Honore sewaktu ingin melamar pekerjaan di sana, Go Seung Ji membulatkan tekadnya untuk menjadi sukses. Alasannya sederhana, yaitu untuk membuktikan kepada Saint Honore bahwa kafe terbesar di Seoul itu telah melakukan kesalahan besar dengan menolaknya dulu. Life is just too short to be wasted for hating things. Meskipun diawali dengan niatan untuk membalas dendam, pada akhirnya Seung Ji sadar bahwa mati-matian membenci Saint Honore tidak akan membawanya kemana-mana. Ketika bertemu dengan Pan Da Yang ia tersadarkan, bahwa banyak hal yang lebih berarti untuk dicapai di dunia ini ketimbang membalas dendamnya.
A true love is worth fighting for. Adalah sebuah keputusan yang bijak bagi Go Seung Ji dan Choi Won Il untuk mengadakan persaingan terbuka guna merebut hati Pan Da Yang. Pada akhirnya, pihak yang kalah harus cukup tahu diri untuk melepaskan Da Yang. In the end, it’s not our brain that choose love, but our heart. Bagi seorang Da Yang yang selama hidupnya ia dedikasikan untuk mengelola dan melindungi kafe peninggalan almarhum kedua orang tuanya, baginya kepentingan dirinya sendiri adalah nomor kesekian. Gadis itu belum pernah berkencan, bahkan belum pernah memiliki perasaan spesial untuk laki-laki. Pada awalnya ia hanya menganggap Seung Ji sebagai rekan kerja, dan Won Il sebagai sahabat sejak kecil. Namun ketika ia menyadari perasaan mereka, dan ia harus memilih di antara keduanya, tidak semudah itu bagi Da Yang untuk melakukannya. Ia menyayangi keduanya, and she treasures both of them. Pada akhirnya, hatinya yang memilih. Ia memilih sosok yang membuatnya nyaman, yang tanpanya ia tidak akan merasa utuh, yang tanpanya bumi serasa berhenti berputar.



Serial drama yang juga terkenal dengan judul “Ms. Panda and Mr. Hedgehog” ini meraih popularitas berkat pemeran utama prianya, yaitu salah satu personil boy group Super Junior, Lee Donghae. Ini adalah serial drama Korea Selatan pertama di mana Donghae berperan menjadi tokoh utama, setelah sebelumnya ia pernah menjadi tokoh utama dalam serial drama Taiwan, “Skip Beat!”. Kemampuan akting Donghae menunjukkan perkembangan yang signifikan sejak debutnya dalam serial “It’s Okay, Daddy’s Girl” pada tahun 2010 lalu. Ia berhasil menghidupkan karakter komikal Go Seung Ji dengan apik. I also personally love how Yoon Seung Ah plays as the lead female character here. Dia berhasil membawakan karakter Pan Da Yang dengan manis dan adorable, sederhana dan tidak berlebihan, namun sangat mengundang simpati. Sebagai catatan tambahan, aktor tampan Choi Jin Hyuk adalah pilihan yang tepat sebagai pemeran karakter pendukung pria. Serial ini saya rekomendasikan bagi kalian yang tengah bingung mengisi waktu luang serta butuh hiburan. Terutama bagi para wanita yang butuh vitamin A, dijamin ketampanan Donghae dan Jin Hyuk akan memuaskan hasrat kalian. ^^

Compared to you, I don’t have much. I had lost so much. I know what would happen if I don’t bear it. I can jokingly fight with you, but if I fight with others, I have to be ready to give up everything.” –Go Seung Ji (Panda and Hedgehog, 2012)

Right now and in the future, the most important thing to me is the customer who ordered trusting me. A patissier who can’t please a customer, is not a patissier. A patissier who prioritize his mood over customer, even if he is in a fair competition, do you think he’d be able to please the judges?” –Go Seung Ji (Panda and Hedgehog, 2012)

When I didn’t have a man, things weren’t complicated. But now I’m asked if this is a friendship or love, I begin to feel tormented. Why did this story begin all of a sudden, and I became the female star of this romance?” –Pan Da Yang (Panda and Hedgehog, 2012)




Share:

0 komentar