The Third Hospital

Justice will prevail, and what goes around comes around. You reap what you sow.” –Kim Seung Hyun (The 3rd Hospital, 2012)

Law exists for people, but people don’t exist for law. If a doctor is afraid of the law more than the patient, who would try to perform the surgery for a patient whose surgery is so risky?” –Kim Seung Hyun (The 3rd Hospital, 2012)

Practice as if it were the real thing. Do the real thing as if you were practicing.” –Lee Eui Jin (The 3rd Hospital, 2012)



Pada suatu masa ketika pengobatan modern ala Barat dan pengobatan tradisional ala Timur tidak dapat dipersatukan karena ideologi dan prinsip yang berbeda, Seohan National Medical Center didirikan sebagai rumah sakit ‘ketiga’. Pada umumnya, serta normalnya, sebuah rumah sakit hanya berfokus pada penggunaan salah satu teknik pengobatan saja, yaitu modern atau tradisional. Namun rumah sakit Seohan mengolaborasikan antara teknik pengobatan modern dan teknik pengobatan tradisional, yang mana merupakan terobosan terbaru yang pertama diadakan di Korea Selatan. Rumah sakit ini pun resmi dibuka pada suatu hari, dengan dokter Kim Doo Hyun (Kim Seung Woo) sebagai dokter andalan dari departemen pengobatan modern, serta dokter Kim Seung Hyun (Oh Ji Ho) sebagai dokter andalan dari departemen pengobatan tradisional.
Kim Doo Hyun dan Kim Seung Hyun sebenarnya adalah kakak-beradik. Ayah mereka, Kim Ha Yoon (Park Geun Hyung), adalah dokter bedah terkemuka di Korea Selatan. Karena berbagai konflik keluarga yang mereka alami sejak kecil, hubungan Doo Hyun dan Seung Hyun sama sekali tidak akur. Bahkan kini mereka bersikap seolah saling tidak mengenal satu sama lain. Doo Hyun, yang sejak kecil tidak sengaja mengetahui bahwa ia adalah anak angkat, membenci Seung Hyun akibat kasih sayang ayahnya yang berat sebelah. Sedangkan Seung Hyun membenci Doo Hyun akibat kesalahpahaman yang terjadi sebelas tahun yang lalu, yang membuat Seung Hyun akhirnya beralih dari dokter pengobatan modern menjadi dokter pengobatan tradisional. Kini setelah sebelas tahun berlalu, kedua kakak-beradik ini dipertemukan kembali di rumah sakit Seohan sebagai dokter aktif di sana.
Sejak hari pertama rumah sakit Seohan beroperasi, telah timbul ketegangan antara tim dokter pengobatan modern dan tim dokter pengobatan tradisional. Selain para dokter yang bersitegang, para residen pun sempat berkelahi secara terbuka akibat perdebatan yang tak kunjung henti di antara mereka. Hal ini membuat rumah sakit Seohan dijatuhi peringatan oleh pemerintah Korea Selatan. Apabila permasalahan ketidakakuran ini terus berlanjut dan kolaborasi tidak dapat diselenggarakan dengan baik selama enam bulan ke depan, maka rumah sakit Seohan akan ditutup. Oleh karena itu, direktur rumah sakit memutuskan untuk membentuk sebuah tim gabungan yang terdiri dari dokter pengobatan modern dan tradisional untuk menangani sejumlah pasien. Dokter Kim Ha Yoon pun didatangkan untuk memimpin tim tersebut, dengan kedua putranya, Doo Hyun dan Seung Hyun, sebagai anggota tim.
Adalah residen Jin Hye In (Kim Min Jung), murid kesayangan Doo Hyun yang juga menjadi anggota dalam tim dokter pengobatan modern, yang kemudian jatuh cinta kepada Seung Hyun. Sifat Doo Hyun yang dingin membuat Hye In tidak menyadari bahwa sebenarnya pria itu menyukainya, meskipun Doo Hyun perlahan menunjukkan perasaannya melalui sikap dan perlakuannya terhadap Hye In. Wanita itu justru jatuh hati kepada Seung Hyun yang hangat dan selalu membantunya, meskipun kesan pada pertemuan pertama mereka kurang begitu menyenangkan. Adalah Lee Eui Jin (Choi Sooyoung), anak angkat dari guru tempat Seung Hyun belajar teknik pengobatan tradisional, yang datang ke Seoul untuk mewujudkan cita-citanya sebagai seorang violist. Ia secara terang-terangan menyatakan bahwa ia menyukai Seung Hyun dan selalu mengikuti pria itu ke mana saja. Namun sayangnya, Seung Hyun hanya menyayanginya sebagai adik, terutama karena gadis itu memiliki nama yang sama dengan almarhumah kekasihnya. Keempat orang ini kemudian terikat dalam dilema perasaan ketika pada suatu hari Eui Jin mendapati bahwa dirinya mengidap tumor ganas di otak.



“The 3rd Hospital”, atau yang terkenal juga dengan judul “The 3rd Ward”, adalah serial drama yang terdiri dari 20 episode dan ditayangkan di stasiun televisi tvN. Serial ini mengudara pada bulan September hingga November 2012. Mengambil setting dan latar belakang dunia kedokteran sebagai bingkai ceritanya, “The 3rd Hospital” mengisahkan seluk beluk kehidupan para dokter di rumah sakit Seohan National Medical Center dengan segala perdebatan antara teknik pengobatan modern ala Barat dan teknik pengobatan tradisional ala Timur. Meskipun teknik-teknik kedokteran serta istilah yang digunakan dalam serial ini bersifat faktual, kisah dalam serial ini adalah murni fiksi, termasuk tentang pertikaian yang terjadi antara dokter-dokter pengobatan modern dan tradisional. Segala kisah ini berpusat pada konflik yang terjadi antara kakak-beradik, di mana sang kakak berprofesi sebagai dokter pengobatan modern, sedangkan sang adik adalah dokter pengobatan tradisional.
Love is not giving up, it’s protecting. Sebagai seorang dokter, tidak sanggup menyelamatkan nyawa kekasihnya yang mengidap penyakit kanker adalah penyesalan terbesar dalam hidup Kim Seung Hyun. Ketika sang kekasih meninggal dunia sebelas tahun yang lalu, tak henti-henti ia menyalahkan dirinya sendiri, bahkan hingga kini. Ia menghukum dirinya sendiri dengan cara menekan segala bentuk perasaan cinta yang ia miliki untuk wanita manapun. Termasuk kepada Jin Hye In, wanita yang pada akhirnya sanggup menggoyahkan hatinya. Bahkan ketika ia bertemu dengan Lee Eui Jin, gadis yang kebetulan memiliki nama yang sama dengan almarhum kekasihnya, ia menyayangi gadis itu seperti adiknya sendiri, karena ia melihat sosok almarhum kekasihnya dalam diri Eui Jin. Apalagi ketika ia mengetahui bahwa gadis itu juga mengidap penyakit kanker. Ketika dokter-dokter yang lain pesimis dan menyerah menangani Eui Jin, Seung Hyun tetap bertahan untuk menyelamatkan gadis itu. Meskipun ia menyadari bahwa perasaan Eui Jin kepadanya melebihi rasa sayang seorang adik kepada kakak, ia tidak sanggup membalas perasaan itu karena bayang-bayang almarhum kekasihnya. Pada akhirnya, Seung Hyun memilih untuk tetap sendiri, walaupun ia telah sanggup memaafkan dirinya.
Love is the best medicine that could cure any kinds of pains. Sebagai seorang anak tiri, Kim Doo Hyun mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mengabdi kepada sang ayah dengan selalu berusaha menjadi sosok putra yang baik dan membanggakan. Ia tidak pernah mengeluh dan selalu menurut tanpa membantah kepada setiap perintah sang ayah. Akibatnya ia menjalani kehidupan yang berat dan melelahkan, yang membentuknya menjadi pribadi yang dingin, tertutup, dan apatis akan cinta. Bertemu dengan seorang Jin Hye In mengubah segalanya. Untuk pertama kalinya ia memberi perhatian dan dukungan penuh kepada seorang wanita, sampai pada titik di mana ia rela mempertaruhkan segalanya demi melindungi wanita itu. Bahkan ketika sang wanita jatuh cinta kepada pria lain, ia memberi wanita itu kesempatan untuk mengejar cintanya, tanpa menghilangkan perasaannya sendiri. Pada akhirnya, ia selalu berada di sisi wanita itu dan membuktikan bahwa ia layak untuk mendapatkan cintanya.



Meskipun sebuah drama dengan tema yang kurang begitu populer dan cenderung berat, yaitu dunia kedokteran, “The 3rd Hospital” menuai popularitas berkat keterlibatan Choi Sooyoung yang berperan sebagai Lee Eui Jin. Serial ini merupakan serial debut Sooyoung, personil girl group Girls’ Generation, sebagai salah satu main cast di dalamnya. Serial ini berhasil membingkai konflik dalam dunia kedokteran dalam kisah tentang perjuangan hidup manusia, prinsip, cinta, dan keluarga, dengan sangat atraktif. Didukung oleh jajaran aktor dan aktris bertalenta, dengan alur cerita menarik dan jauh dari kata membosankan, serta skenario dan sinematografi apik, “The 3rd Hospital” adalah drama yang sangat menghibur dan layak untuk dinikmati. This medical drama series is definitely highly recommended!

Don’t we have to wait and see whether or not the bases are different? Just because the medical views and approaches are different, it doesn’t mean that they differ in the desire to save patients, right?” –Jin Hye In (The 3rd Hospital, 2012)

A person’s life is determined from above. A doctor doesn’t decide whether they live or die. If a doctor determined such things, who is in this world would want to be a doctor?” –Choi Hyun Wook (The 3rd Hospital, 2012)

Share:

0 komentar