Hate to Lose

In life, there are times when it’s better to have something strong over something mild.” –Lee Eun Jae (Can’t Lose, 2011)

We had our first kiss when we first met. On our first date, we already spoke comfortably with each other. He proposed two weeks after we first met. That’s how we got married, one month after we first met.” –Lee Eun Jae (Can’t Lose, 2011)

After the divorce, our relationship is so much better. Don’t worry if there’s no place to go.” –Yeon Hyung Woo (Can’t Lose, 2011)



Kata orang, mempertahankan jauh lebih berat daripada memulai. Kata orang pula, pernikahan bukan akhir dari segalanya, justru pernikahan adalah awal dari segala perkara. Kisah-kisah fiksi yang ada selama ini memberikan persepsi kepada penonton bahwa pernikahan adalah sebuah happy ending yang selalu orang-orang tunggu di tiap akhir cerita. Namun pada kenyataannya, tidak ada yang tahu apa yang menanti setelah pernikahan itu terjadi, karena kisah-kisah fiksi tersebut kerap kali dinyatakan tamat ketika dua tokoh utamanya telah menikah. Dalam kisah-kisah fiksi itu, setelah pernikahan terjadi, kedua tokoh utamanya dinyatakan hidup bahagia selamanya, live happily ever after. Namun ternyata tidak demikian adanya yang terjadi kepada sepasang suami istri yang sama-sama berprofesi sebagai pengacara, yaitu Lee Eun Jae (Choi Ji Woo) dan Yeon Hyung Woo (Yoon Sang Hyun).
Lee Eun Jae dan Yeon Hyung Woo bertemu pertama kali pada sebuah pertandingan baseball, di mana mereka menjadi penonton yang duduk bersebelahan sehingga kameramen pertandingan mengira bahwa mereka adalah pasangan. Alhasil, wajah mereka disorot pada waktu istirahat pertandingan dan seluruh isi stadion menyoraki mereka untuk berciuman. Tanpa ragu-ragu, Eun Jae mencium Hyung Woo saat itu juga. Pada kencan pertama mereka beberapa waktu kemudian, mereka mendapati bahwa ternyata mereka sama-sama berprofesi sebagai seorang pengacara. Sebulan setelah pertemuan pertama mereka, Hyung Woo melamar Eun Jae. Mereka berdua pun menikah dan mendirikan sebuah firma hukum bersama.
Setahun bersama, konflik dan perselihan mulai hadir menghiasi kehidupan pernikahan Eun Jae dan Hyung Woo. Selalu saja ada permasalahan yang membuat mereka berselisih pendapat. Dengan sifat mereka yang sama-sama keras dan kepribadian mereka sebagai pengacara, perselisihan Eun Jae dan Hyung Woo selalu berujung pada pertahanan mereka terhadap argumen masing-masing. Adalah Go Ki Chan (Kim Jung Tae) dan Kim Young Joo (Jo Mi Ryung), sepasang suami istri yang juga sahabat Eun Jae dan Hyung Woo, yang juga memiliki banyak masalah sehingga mereka berdua datang kepada pasangan pengacara itu untuk meminta perceraian. Kasus Ki Chan dan Young Joo membukakan pikiran Eun Jae dan Hyung Woo, bahwa sebesar apapun masalah yang mereka hadapi, perceraian bukanlah solusi yang tepat untuk saat itu.
Namun masalah tak sampai di situ saja. Mulai dari munculnya mantan kekasih Hyung Woo, hingga ketidaknyamanan Eun Jae terhadap sikap ibu mertuanya yang selalu turut campur dalam urusan rumah tangga mereka. Selain itu, masalah prinsip juga menjadi ganjalan bagi mereka. Hyung Woo adalah pengacara idealis yang mendedikasikan karirnya untuk orang-orang yang membutuhkan keadilan tetapi tidak memiliki biaya untuk mendapatkannya. Alhasil ia selalu dibayar murah, atau bahkan sering kali tidak memungut biaya sepeserpun, dari para kliennya. Sementara itu kasus-kasus besar yang mendatangkan banyak uang seluruhnya ditangani oleh Eun Jae. Sampai pada puncaknya, ketika Hyung Woo diam-diam menemui ibu kandung Eun Jae yang selama ini diabaikan oleh wanita itu. Hyung Woo yang menutupi fakta ini karena tidak ingin menyakiti hati Eun Jae justru menimbulkan kesalahpahaman dan membuat wanita itu menyangka bahwa suaminya berselingkuh.
Krisis kepercayaan yang semakin menjadi-jadi membuat Eun Jae pada akhirnya mengajukan gugatan cerai kepada Hyung Woo. Hyung Woo yang pada awalnya tidak percaya bahwa sang istri menggugat cerai dirinya, akhirnya menerima kenyataan pahit itu. Meskipun demikian, ia tidak sepenuhnya pasrah menerima keputusan sang istri. Karena tidak merasa bahwa ada permasalahan signifikan dalam hubungan mereka, Hyung Woo bersikeras tidak akan menceraikan Eun Jae. Sedangkan di lain pihak, Eun Jae bertekad keras untuk tetap bercerai dengan suaminya. Alhasil, dimulailah ‘perang’ antara sepasang pengacara hebat di Seoul itu. Adalah Jo Jung Koo (Sung Dong Il), hakim yang juga seorang profesor mantan guru Eun Jae dan Hyung Woo dulu, yang kemudian menjadi penengah bagi kedua murid kesayangannya itu. Bagaimanapun kasus ini akhirnya berakhir, kasus Eun Jae dan Hyung Woo serta pertikaian mereka di meja hijau menggemparkan dunia hukum.



“Can’t Lose”, atau yang terkenal juga dengan judul “Can’t Live with Losing”, adalah serial drama komedi romantis yang mengudara di stasiun televisi MBC pada bulan Agustus hingga Oktober 2011. Serial berjumlah 18 episode ini merupakan adaptasi dari serial televisi Jepang, “The Sasaki Couple’s Merciless Battle”, yang ditayangkan pada tahun 2008. Berkisah tentang kehidupan rumah tangga sepasang pengacara, “Can’t Lose” menampilkan realitas nyata dari kehidupan sepasang suami istri dengan segala seluk beluk prahara dan problema rumah tangga yang dihadapi paska pernikahan mereka. Terlebih lagi, permasalahan rumah tangga yang ada diperunyam dengan fakta bahwa mereka menjalani profesi dan bekerja di tempat serta lingkungan yang sama, yaitu sebagai pengacara.
Relationship is about trust. Dalam sebuah relasi percintaan antara pria dan wanita, kepercayaan adalah hal fundamental yang menjadi landasan bagi keberlangsungan hubungan tersebut. Tanpa adanya rasa percaya terhadap pasangan satu sama lain, maka relasi akan berjalan dalam aura negatif yang dipenuhi rasa curiga dan prasangka buruk terhadap pasangan. Rasa percaya hadir melalui dalam diri sendiri. Ketika Lee Eun Jae telah merasa bahwa rasa percayanya kepada Yeon Hyung Woo mulai terkikis, ia menyadari bahwa masalahnya tidak terletak dalam diri suaminya, melainkan dirinya sendiri. Maka dari itulah akhirnya ia memutuskan untuk meminta cerai, karena ia tidak merasa sanggup untuk membuat dirinya memercayai Hyung Woo lagi. Di lain pihak, kepercayaan Hyung Woo yang begitu besar terhadap sang istri dan hubungan mereka juga lah yang membuat pria itu mati-matian mempertahankan pernikahannya.
Relationship is about negotiation. Sebuah relasi percintaan adalah bentuk dari negosiasi antara pria dan wanita. Dalam setiap aspek sebuah relasi terdapat proses diskusi dan kesepakatan mengenai bagaimana mereka menjalani relasi tersebut. Mulai dari proses decision making hingga problem solving, relasi akan terjaga stabilitasnya ketika kedua belah pihak sanggup bernegosiasi. Melalui negosiasi itulah mereka sanggup menemukan titik temu yang menghasilkan keputusan terbaik bagi keduanya. Dengan umur pernikahan yang baru satu tahun, ditambah faktor latar belakang profesi mereka sebagai ahli hukum, proses negosiasi yang terjadi antara Lee Eun Jae dan Yeon Hyung Woo berjalan agak alot. Meskipun demikian, perasaan mereka di sini turut andil dalam menentukan masa depan mereka. Ketika mereka masih saling mencintai, seluruh masalah yang ada di antara mereka dapat dibicarakan. Ketika mereka berdua sanggup saling terbuka satu sama lain, seluruh masalah yang ada dapat diselesaikan.



Meskipun memasang duet maut aktris dan aktor kawakan Choi Ji Woo dan Yoon Sang Hyun, perolehan rating serial ini jauh dari kata memuaskan. “Can’t Lose” didukung dengan jajaran pemain yang telah memiliki nama dan pengalaman di dunia akting Korea Selatan, sehingga kemampuan akting dan penampilan para pemeran karakternya tidak perlu diragukan lagi. Mereka tampil brilian dalam serial ini. Namun sayangnya, alur cerita serial ini terkesan datar dan kurang menampilkan greget istimewa yang biasa penonton cari dan inginkan dari serial drama Korea Selatan. Serial versi Jepangnya sendiri sangat populer pada waktu itu, tetapi ketika diterjemahkan dalam konteks Korea Selatan, kisah ini menjadi cenderung anti klimaks. Satu faktor yang menjadi daya tarik dan membuat penonton bertahan mengikuti serial ini adalah para pemainnya yang berakting sempurna. The storyline is quite realistic, but lack of attractiveness. Overall, this series is worth to watch because of the comical main couple, Choi Ji Woo and Yoon Sang Hyun.

I’m fine with me belittling my own husband, but it doesn’t feel good when it’s done by someone else.” –Lee Eun Jae (Can’t Lose, 2011)

Even when people were in love, you can’t compare it to the married life.” –Yeon Hyung Woo (Can’t Lose, 2011)

Share:

0 komentar