The Nation's Greatest Love

After being in such a pathetic reality, and finding yourself here with me, don’t you feel like you’re dreaming?” –Dokko Jin (The Greatest Love, 2011)

From now on you’d better be extra nervous about what I might do and how I might do it. Whether you see me or whether you do not see me, I will make your heart flutter just by thinking of me.” –Dokko Jin (The Greatest Love, 2011)

Do you really not have a place you want to go with me? I have a lot. There are a lot, but I don’t care. Wherever, as long as it’s with you, it can become a place I want to go to.” –Dokko Jin (The Greatest Love, 2011)


Ketika seseorang jatuh cinta, terkadang otak mereka tidak mengenali tanda-tanda tersebut, tetapi jantung mereka lah yang tahu. Terkadang cinta tidak dapat diterima akal sehat. Kapan, di mana, kepada siapa orang jatuh cinta, hal-hal itu terjadi di luar kontrol manusia. Bahkan terhadap dua orang yang dinilai paling tidak mungkin untuk saling jatuh cinta oleh semua orang pun cinta dapat terjadi. Bahkan masyarakat Korea Selatan yang menilai bahwa seorang aktor yang mereka puja-puja, Dokko Jin (Cha Seung Won), tidak akan pernah jatuh cinta kepada seorang yang memiliki reputasi buruk seperti Goo Ae Jung (Gong Hyo Jin), pun bisa saja salah. Ya, meskipun semua orang menilai bahwa hal itu mustahil, namun itu nyata adanya. The Nation’s greatest actor has fallen in love with the Nation’s greatest disgrace.
Sepuluh tahun yang lalu, Goo Ae Jung adalah leader sekaligus vokalis utama dari idol group super populer, National Treasure Girls. Pada waktu itu ia adalah member paling terkenal dan memiliki banyak penggemar diantara keempat member National Treasure Girls. Namun kini, kondisinya berbeda seratus delapan puluh derajat. Semua ini akibat tragedi yang terjadi tujuh tahun yang lalu, ketika National Treasure Girls membubarkan diri, dengan segala tuduhan kesalahan ditujukan kepada sang leader Ae Jung akibat skandal-skandal yang menimpanya. Akibatnya, selama tujuh tahun ini Ae Jung hidup dalam keterpurukan dan reputasi buruk. Ia pun bertahan hidup dengan mencari penghasilan sebagai pengisi acara berbagai program variety show.
Adalah Dokko Jin, aktor tampan yang tengah dalam puncak karirnya dan dicintai oleh seluruh kalangan masyarakat. Setiap film yang ia bintangi meledak di pasaran. Ia bahkan di-endorse oleh puluhan produk-produk bergengsi sebagai bintang iklannya. Wajah tampannya tampil dalam berbagai produk kemasan dan poster serta baliho di seluruh penjuru negara. Sepuluh tahun yang lalu, Dokko menjalani sebuah operasi jantung. Pada waktu itu, kemungkinan ia selamat dari operasi hanyalah 5%. Namun ia sanggup bertahan hidup secara ajaib. Dan tanpa ia ketahui, ketika operasinya berjalan, sang dokter memasang lagu berjudul “Thump Thump” yang merupakan lagu debut National Treasure Girls, yang membuat mereka tenar pada waktu itu. Lagu itulah yang dipercaya sang dokter telah memberi keajaiban bagi jantung Dokko untuk kembali berdetak selama operasi berlangsung.
Kini, setelah sepuluh tahun berlalu, Dokko Jin bertemu secara tidak sengaja dengan Goo Ae Jung. Seperti sepuluh tahun yang lalu, jantung Dokko bereaksi setiap kali ia mendengarkan lagu “Thump Thump” yang merupakan nada dering telepon Ae Jung. Bahkan seiring dengan pertemuannya yang semakin sering dengan wanita itu, terutama karena mereka kini berada di bawah naungan manajemen artis yang sama, jantung Dokko pun mulai bereaksi setiap kali ia bertemu dengan Ae Jung. Jantungnya berdetak kencang melebihi batas normal setiap kali ia berdekatan dengan Ae Jung maupun ketika melihat wanita itu tertawa. Jantungnya pun terasa sakit setiap kali ia melihat Ae Jung sedih, kecewa, terluka, maupun menangis. Jantungnya memberontak resah setiap kali ia melihat Ae Jung berdekatan dengan pria lain. Dokko pun menyadari, melalui detak jantungnya, bahwa ia menyukai Ae Jung.
Namun jalan Dokko Jin untuk memperoleh hati Goo Ae Jung tidaklah mudah. Pertama, sifat Dokko sendiri adalah halangannya. Ia adalah seorang pria dengan ego dan harga diri super tinggi. Tidak semudah itu baginya untuk menerima kenyataan bahwa ia telah jatuh cinta kepada seorang wanita seperti Goo Ae Jung, yang bukan siapa-siapa dan bisa dikatakan tidak memiliki kelebihan yang terlihat oleh semua orang. Kedua, sifat Ae Jung pula menjadi halangan. Kejatuhan yang pernah menimpanya membuat kepercayaan dirinya tidak sebesar itu untuk menerima dan mengakui cinta yang diberikan oleh seorang seperti Dokko Jin. Ketiga, adalah Yoon Pil Joo (Yoon Kye Sang), seorang dokter pengobatan tradisional, yang juga seorang bachelor dalam program reality show Couple Making Season 3, dimana Ae Jung adalah salah satu bachelorette-nya. Pria ini jatuh cinta kepada Ae Jung. Ada pula Kang Se Ri (Yoo In Na), MC dari program Couple Making, yang juga kekasih dari Dokko. Meskipun hubungannya dengan Dokko adalah berdasar pada kontrak semata, ia tidak akan menyerahkan pria itu dengan mudahnya kepada Ae Jung karena ia adalah mantan personil National Treasure Girls yang rupanya masih memendam dendam kepada Ae Jung.
Seiring dengan perasaan Dokko Jin yang semakin dalam untuk Goo Ae Jung, wanita itu pun perlahan mulai jatuh cinta kepada pria itu. Kegigihan Dokko dalam usahanya merebut hati Ae Jung perlahan mulai menunjukkan hasil. Namun pada saat yang bersamaan, Ae Jung dihadapkan pada dilema antara memperjuangkan cintanya atau memperjuangkan karirnya sebagai bintang redup yang perlahan kembali bersinar. Sementara itu, tanpa Ae Jung ketahui, jantung Dokko kembali bermasalah dan ia akan segera menjalani operasi dengan kemungkinan berhasil yang hanya 10% saja. Bahkan ketika semua orang di negara itu menentang hubungan cintanya dengan Ae Jung, Dokko hanya ingin menghabiskan waktu-waktu terakhirnya sebelum operasi bersama dengan wanita itu.


“The Greatest Love” adalah serial drama komedi romantis yang merupakan hasil karya duo scriptwriter terkemuka di Korea Selatan, Hong sisters, yaitu Hong Mi Ran dan Hong Jung Eun. Serial ini merupakan karya keenam mereka setelah mencetak drama hits seperti “Sassy Girl Choon Hyang”, “You’re Beautiful”, dan “My Girlfriend is a Gumiho”. Serial ini ditayangkan oleh stasiun televisi MBC pada bulan Mei hingga Juni 2011. Sejauh ini, “The Greatest Love” merupakan karya terbaik Hong bersaudara, yang membawa mereka meraih penghargaan sebagai Best Scriptwriter dalam ajang 2011 MBC Drama Awards. Indeed, serial ini menyediakan segalanya. Mengaduk-aduk emosi penonton dalam romansa, kekocakan, serta kesedihan yang luar biasa. Serial ini menghadirkan kisah cinta dalam harsh and rough world of industri hiburan Korea Selatan dengan sangat apik.
Dokko Jin, dibalik segala kesempurnaan yang terlihat di luar sebagai seorang top star yang dicintai semua orang, ia hanyalah seorang pria biasa yang memiliki banyak kelemahan. Ia sangat percaya diri dengan segala yang ia miliki, ketampanan, kekayaan, dan ketenaran. Semua ini membuatnya menjadi pribadi yang arogan dan bertindak sesuka hatinya. Ia tidak pernah jatuh cinta dan bukan tipe pria yang rela mengorbankan segala yang ia miliki untuk orang lain. Hingga ia bertemu dengan Goo Ae Jung. Dokko selalu mendapatkan apa yang ia inginkan dengan mudah, kecuali Ae Jung. Inilah yang kemudian membuat Dokko semakin tergila-gila pada wanita itu. Wanita pertama yang berani menolak seorang Dokko Jin dan menjungkirbalikkan perasaannya. Wanita yang tidak pernah sanggup ia tebak jalan pikirannya. Meskipun pada awalnya Dokko menyangkal dan mengelak habis-habisan, pada akhirnya cinta sanggup membuatnya menjadi seorang yang benar-benar berbeda. Ia jatuh cinta, dan itu membuatnya mengeluarkan seluruh sisi lembut dan hangat yang selama ini terpendam jauh di dalam dirinya. Wanita itu membuatnya merasa untuk pertama kalinya bahwa hidup yang hanya sekali dan singkat ini tidak akan berarti apabila ia tidak sanggup melindungi orang yang ia cintai.
Goo Ae Jung, dibalik segala ketidaksempurnaan yang terlihat di luar sebagai mantan idola yang telah dilupakan oleh semua orang, ia adalah wanita luar biasa yang rela mengorbankan segala yang ia miliki untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi. Bahkan ketika National Treasure Girls bubar jalan 10 tahun yang lalu, ia bersikap sebagai leader dengan bertanggung jawab atas segala tuduhan skandal, sehingga semua orang mengingatnya sebagai penyebab bubarnya National Treasure Girls. Menjalani hidup bertahun-tahun dalam keterpurukan dan reputasi buruk membuat seorang Ae Jung tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk menerima cinta seorang Dokko Jin. Bahkan ketika ia telah sanggup menerima cinta itu, ia tidak ingin dirinya menjadi penyebab kejatuhan Dokko dalam perjalanan karir pria itu. Luka di masa lalunya telah membuat Ae Jung menjalani hidup dengan ketakutan yang besar akan cinta. Karena itulah ia membangun sebuah tembok tinggi untuk melingkupi hatinya yang rapuh. Tembok yang kemudian hanya dapat diruntuhkan oleh seorang Dokko Jin. Sekeras apapun para penggemar dan orang-orang menentang sebuah hubungan yang dijalin oleh idola mereka dengan orang yang dicintai, mereka tidak akan sanggup menahan sebuah cinta yang tulus. Cinta yang tulus akan menunjukkan jalannya. That’s what the greatest love is.


Meskipun memulai perjalanannya dengan rating yang tidak begitu tinggi, “The Greatest Love” terus mengalami peningkatan rating dalam tiap episodenya. Pada puncaknya, serial ini menduduki posisi puncak perolehan rating untuk slot waktu penayangannya selama lima kali berturut-turut pada lima episode terakhirnya, dengan menembus angka lebih dari 20% penonton di Korea Selatan. Serial ini berhasil menancapkan pengaruh begitu besar dan turut membentuk mini pop culture di Korea Selatan pada waktu itu. Bahkan karakter komikal Dokko Jin menjadi identik dengan aktor Cha Seung Won hingga saat ini. Begitu pula dengan karakter Ding Dong (Goo Hyung Kyu) yang diperankan oleh aktor cilik Yang Han Yeol. Beberapa kata-kata dan gesture unik khas Dokko Jin pun mewabah di Korea Selatan sejak saat itu. Popularitas drama ini kemudian berlanjut pada dibuatnya versi manhwa (yang berarti komik dalam Bahasa Korea) dari serial ini pada bulan April 2012.
“The Greatest Love” menyapu bersih ajang 2011 MBC Drama Awards, dengan membuat para pemeran dan tim produksinya membawa pulang tujuh piala sekaligus. Termasuk Daesang (istilah untuk penghargaan tertinggi di Korea Selatan) untuk kategori Drama of the Year, Miniseries Top Excellence Award untuk aktor Cha Seung Won dan aktris Gong Hyo Jin, dan Best Couple untuk pasangan Cha Seung Won dan Gong Hyo Jin. Kedua pemeran tokoh utama tersebut juga memenangkan penghargaan dalam ajang 2011 Mnet 20’s Choice Awards. Puncaknya, serial ini meraih Silver Prize dalam ajang bergengsi 8th New York Television Festival’s International TV & Film Awards. Indeed, this series is just as great as its title. The greatest drama! Great humors, great romances, great feelings, great sadness, all in one package. Great actors, great actresses, great chemistry, great storyline, great characters, all in one package. “The Greatest Love” is greatly recommended!

Yes, I’m scared. I’m afraid that I won’t be able to avoid the fact that I don’t think it’s difficult. I want to be cool about this. Throughout these ten years, I’ve learned many lessons while getting myself hurt in the process. I’m afraid that even at this age I’ll be moved, then I’ll forget all the lessons that I’ve learnt. It’s really scary. You might currently be fearless about your fixation with me, but aren’t you afraid that I’d decide to really hold on to you and not let you go? So we should just stop here.” –Goo Ae Jung (The Greatest Love, 2011)

I fell in love like I was in hypnosis. And as though I was broken, I couldn’t control it.” –Dokko Jin (The Greatest Love, 2011)

Share:

0 komentar