Flower Boys Next Door

How timid and frail is unrequited love? A place you entered of your own accord, but you’re trapped inside, unable to find an exit. He doesn’t know a thing, and could one day leave my line of sight, and the love ends passively. A love that does not bloom flowers, and thus cannot dream of bearing fruit. Love which is like a seed that has been forgotten, that is unrequited love.” –Go Deok Mi (Flower Boy Next Door, 2013)

I’m not Rapunzel in the story. I’m the Witch who trapped Rapunzel. I’m not innocent, kind, and pure like the character you drew. I’m the opposite. I’m dark, grey, and sharp. I don’t love my self or other people. So I got trapped, and wasn’t even thinking about going outside.” –Go Deok Mi (Flower Boy Next Door, 2013)

Love and hate may have a distinct difference, but in reality it can have a trivial difference too. Like you saw before, if you take one step forward even with a hateful heart, it can change into a loving heart.” –Enrique Geum (Flower Boy Next Door, 2012)


Apakah kedamaian itu? Bagaimana standar sebuah kedamaian bagi manusia? Apakah dengan hidup saling mengasihi tanpa ada rasa benci? Apakah hal itu mungkin terjadi? Apakah kedamaian benar-benar ada, atau hanya sebuah konsep yang digunakan manusia untuk membuat standar bagi sebuah konsep lain, yaitu kebahagiaan? Bagi seorang penulis bernama Go Deok Mi (Park Shin Hye), kedamaian itu sederhana. Sesederhana hidupnya dalam sebuah kamar #402 di apartemen Ocean Village. Kebiasaan Deok Mi mengurung dirinya dalam kamar, tanpa pernah bersosialisasi dengan lingkungannya, membentuk konsep kedamaian bagi Deok Mi. Bahwa kebiasaan itulah kedamaiannya. Bahwa kedamaian itulah kebahagiaannya. Namun pada suatu hari, dunia Deok Mi seolah berputar 180 derajat dalam waktu sekejap saja, seperti roller coaster. Semuanya dimulai dengan kedatangan seorang Enrique Geum (Yoon Si Yoon) dalam kehidupannya.
Meskipun berkepribadian super tertutup, Go Deok Mi hanyalah seorang perempuan normal yang juga sanggup memiliki ketertarikan terhadap pria. Adalah Han Tae Joon (Kim Jung San), pria yang tinggal di apartemen mewah tepat di seberang apartemen sederhana milik Deok Mi. Lokasi kamar mereka yang saling berseberangan dan letak jendela yang saling berhadapan membuat Deok Mi sanggup melihat Tae Joon dengan segala aktivitas sehari-hari lelaki tampan itu. Tertarik dengan Tae Joon yang ramah, lembut, dan tampan (ditambah lagi dia adalah seorang dokter hewan), Deok Mi bahkan memiliki sebuah teropong saku untuk mengintai keseharian pria itu melalui jendela kamar mereka. Selain menjadi kegiatan rutin bagi Deok Mi, mengintai Tae Joon adalah hiburan segar dalam kehidupannya yang hanya sebatas ruang kamar apartemennya. Hingga pada suatu hari, adik sepupu Tae Joon yang juga seorang desainer game terkenal, Enrique Geum, datang dari Spanyol dan tinggal bersama pria itu. Naas bagi Deok Mi, Tae Joon yang setiap harinya diintai tidak pernah menyadari hal itu, namun bahkan tidak sampai satu hari waktu yang diperlukan Enrique untuk menyadari bahwa ada yang mengintai dirinya dan Tae Joon.
Enrique Geum langsung mengonfrontir Go Deok Mi pada saat itu juga, membuat seluruh tetangga apartemen Deok Mi keluar dari sarang mereka untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Penulis dan pelukis komik virtual, Oh Jin Rak (Kim Ji Hoon) dan Yoo Dong Hoon (Go Kyung Pyo) adalah penghuni kamar #401 yang terletak tepat di samping kamar Deok Mi. Sementara itu, penghuni kamar #404 adalah Watanabe Ryu (Mizuta Kouki), pemuda Jepang yang baru saja tiba di Korea Selatan untuk belajar memasak masakan Korea. Aksi frontal Enrique kemudian dihalangi oleh Jin Rak, yang sebenarnya telah memendam perasaan suka kepada Deok Mi selama tiga tahun lamanya sejak mereka menjadi tetangga. Perasaan itulah kemudian yang mendorong Jin Rak untuk memperhatikan Deok Mi dan segala kebiasaan gadis itu. Jin Rak tahu betul bahwa Deok Mi tidak suka bersosialisasi dengan para tetangganya, sangat jarang berbicara, bahkan tidak pernah keluar kamar kecuali karena kepentingan yang mendesak. Meskipun begitu, Deok Mi tidak pernah menyadari perasaan dan perhatian Jin Rak kepadanya.
Sifat Enrique Geum yang meletup-letup seperti kembang api membuatnya merasa gerah dengan kesuraman yang melingkupi hidup seorang Go Deok Mi. Ia berusaha keras untuk membuat Rapunzel keluar dari menara yang mengurungnya dan merasakan dunia yang senyatanya. Menyadari perasaan yang dimiliki Deok Mi kepada Tae Joon, Enrique menemukan kesamaan antara dia dan perempuan itu, yaitu bahwa mereka akan segera mengalami patah hati. Tujuan Enrique datang ke Korea Selatan adalah untuk menjodohkan Tae Joon dengan sahabat yang juga cinta pertamanya, Yoon Seo Young (Kim Yoon Hye). Mengetahui bahwa bukan diri mereka yang diinginkan oleh orang yang mereka sukai, Enrique dan Deok Mi melewati masa patah hati mereka bersama-sama. Namun rupanya cinta Seo Young kepada Tae Joon bertepuk sebelah tangan, sehingga gadis itu memutuskan untuk kembali ke Spanyol, dengan mengajak Enrique pergi bersamanya.
Terlambat bagi Yoon Seo Young untuk meraih Enrique Geum setelah ia dicampakkan oleh Han Tae Joon, karena perasaan lelaki itu kini mulai tertambat pada Go Deok Mi. Alih-alih pergi ke Spanyol bersama Seo Young, Enrique memutuskan untuk tinggal di Korea Selatan bersama Deok Mi. Terlebih karena ia tidak dapat menyerahkan perempuan itu kepada Oh Jin Rak. Di sisi lain, Enrique ingin membebaskan Deok Mi dari trauma dan kepedihan masa lalunya yang membuatnya mengurung diri di kamarnya. Adalah Cha Do Hui (Park Soo Jin), mantan sahabat baik Deok Mi yang kemudian menghianatinya, yang membuat segala bentuk tekanan batin dan jiwa Deok Mi kembali menyeruak setelah susah payah ia memendamnya selama ini. Rupanya Do Hui muncul kembali dalam kehidupan Deok Mi untuk merebut hati Jin Rak, pria yang telah ditaksirnya selama bertahun-tahun.
Setiap orang memiliki rahasianya. Tidak hanya Go Deok Mi dan Cha Do Hui yang menyembunyikan masa lalu kelam di antara mereka, ternyata seorang Oh Jin Rak pun memiliki rahasia terdalamnya. Begitu pula dengan Yoo Dong Hoon yang biasanya selalu terlihat dalam penampilannya yang ceria. Apalagi seorang Enrique Geum. Tak ada yang menyangka bahwa seorang malaikat pembawa kebahagiaan itu pun ternyata memiliki sisi kelam dalam hidupnya. Di tengah segala misteri yang melingkupi kehidupan mereka, perlahan namun pasti, Enrique merasakan bahwa ia jatuh cinta kepada Deok Mi, gadis yang selalu ingin ia lindungi dan bahagiakan. Sementara itu, Deok Mi pun jatuh cinta kepada Enrique, pria yang dapat membuatnya membuka diri dan merasakan berbagai hal-hal baru di luar kamar apartemennya.


“Flower Boy Next Door”, atau yang juga dikenal dengan judul “My Flower Boys Neighboor”, adalah serial drama komedi romantis yang disiarkan oleh stasiun televisi tvN pada bulan Januari hingga Februari 2013. Serial berjumlah 16 episode ini merupakan serial ketiga dari paket serial “Oh! Boy” yang ditayangkan oleh tvN, setelah sebelumnya serial “Flower Boy Ramyun Shop” pada tahun 2011 dan “Shut Up Flower Boy Band” pada tahun 2012. Gadis yang beruntung kali ini adalah Go Deok Mi, seorang gadis nerd dan introvert yang dikelilingi oleh pria-pria tampan yang tinggal di sekitar apartemennya. Serial ini berpusat pada kehidupan Go Deok Mi setelah seorang Enrique Geum datang ke dalam kehidupannya, dan hanya dalam waktu sekejap saja, lelaki itu menjadi dunia barunya setelah menjungkirbalikkan dunianya yang lama. Bagi Go Deok Mi, Enrique Geum adalah dunianya, yang cerah dan berwarna.
Melihat dunia dari teropong seorang Go Deok Mi, baginya dunia yang nyaman dan damai adalah sebatas ruang kotak kamarnya. Baginya, dunia di luar kamar itu adalah dunia yang sangat mengerikan. Meskipun hidupnya bagaikan seorang Rapunzel yang terkurung dalam menaranya, ia justru tidak merasa terkungkung sama sekali. Ia justru menciptakan menaranya sendiri, untuk melindunginya dari dunia luar yang sangat ia takuti. Ketakutannya ini bukan tanpa alasan. Bullying dan penghianatan yang pernah ia alami ketika masih sekolah dulu membentuknya menjadi pribadi super tertutup seperti sekarang. Hingga seorang Enrique Geum datang, dan menariknya keluar dari kungkungan yang selama ini ia kira sebagai comfort zone. Enrique memperkenalkannya pada dunia, membukakan mata, hati, dan telinganya. Lelaki itu membuat Deok Mi belajar untuk mengalahkan musuh terbesarnya, yaitu dirinya sendiri. Lelaki itu membantu Deok Mi mengatasi ketakutan demi ketakutannya. Maka dari itu, alih-alih memberikan hatinya pada seorang Oh Jin Rak yang mencintainya secara diam-diam dan penuh ketulusan, ia justru jatuh cinta pada Enrique.
Bagi seorang Enrique Geum, Go Deok Mi adalah dunia baru yang belum pernah ia temukan sebelumnya. Dunia baru yang tidak hanya penuh misteri, melainkan juga kejutan-kejutan. Pada awalnya, ia merasa gerah dengan kehidupan menyendiri yang dijalani oleh Deok Mi, sebuah alasan sederhana yang kemudian membuatnya tertantang untuk membuat perempuan itu keluar dari sarangnya. Mengetahui bahwa Oh Jin Rak telah menyukai Deok Mi sejak lama, mulanya Enrique berpikir bahwa lelaki itu adalah orang yang tepat untuk mewarnai hidup Deok Mi. Namun ternyata Jin Rak berpikiran lain. Meskipun menyukai Deok Mi, Jin Rak tidak berpikir untuk mengubah kehidupan perempuan itu. Ia ingin segalanya kembalin seperti dulu sebelum kedatangan Enrique, damai dan tenang. Enrique bisa saja meninggalkan Deok Mi begitu saja ke Spanyol, namun ia memilih untuk tinggal, karena rasa pedulinya telah terlanjur dalam. Deok Mi telah membuatnya jatuh cinta. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mencintai. Tidak ada yang lebih baik maupun yang lebih buruk. Yang ada hanya kesesuaian. Bagi Go Deok Mi, cara Enrique Geum mencintainya lah yang sesuai dengannya, yang membuatnya nyaman, yang membuatnya jatuh cinta.


“Flower Boy Next Door” merupakan adaptasi dari serial webtoon atau webcomic (komik yang ditayangkan di website secara online) berjudul “I Peek At Him Everyday”. Webcomic karya Yoo Hyun Sook ini dipublikasikan pada tahun 2011 di situs http://cartoon.media.daum.net. Secara keseluruhan, sutradara dan tim produksi melakukan casting yang sempurna dengan para karakter serial ini. Setiap pemeran sanggup menghidupkan karakter dalam komik dengan sangat apik, terutama dua tokoh utama yang diperankan oleh pasangan Park Shin Hye dan Yoon Si Yoon. Their chemistry is overflowing during all episodes, and it’s getting deeper and sweeter in each episodes. Sebagai sebuah serial komedi romantis, “Flower Boy Next Door” sukses menyuguhkan romansa yang segar dan manis. Melalui serial ini terbukti bahwa tidak diperlukan intrik yang berlebihan untuk membangun cerita cinta yang menyentuh. Serial ini adalah kisah manis super menghibur yang sangat sesuai sebagai penyegar pikiran di kala jenuh, terutama melalui karakter-karakternya yang unik dan kocak. Highly recommended!

Go Deok Mi        : “Until now, I’m sorry for pushing your heart away. It’s a long journey, but thank you for not losing the path and finding me. Because of you, I was able to love.”
Enrique Geum      : “I’m sorry I wasn’t able to find you sooner. Thank you for letting me love you. I love you.”
– Flower Boy Next Door, 2012

You said to try capturing the world, but the first thing I captured was you. I knew while I was writing the picture’s title, ‘Her world’. You are my world. This is my confession. I’ll redo the sentence game we played. I’m sorry for confessing now. Thank you for becoming my world. I love you.” –Go Deok Mi (Flower Boy Next Door, 2012)

One person can’t change the world, but you can become someone else’s world. A warm, bright, peaceful world. Every person, for one person’s sake, if they become a warm, bright, and peaceful world for them, one can become ten, then a hundred, and then those good worlds can expand.” –Enrique Geum (Flower Boy Next Door, 2012)

Share:

0 komentar