A Gentleman's Dignity

Men only know if you tell them. Even though you probably want them to just know, they won’t.” –Kim Do Jin (A Gentleman’s Dignity, 2012)

On that day, we couldn’t reach the conclusion whose hero is the strongest. And today when we are 41 years old, we can protect neither the Earth nor the women we love. We are now just the anti-heroic men, struggling with everyday life. Those boys who wanted to become heroes, where did they all go? Whose heroes can we become at the end?” –Kim Do Jin (A Gentleman’s Dignity, 2012)

By nature, a man’s first love is always beautiful.” –Kim Do Jin (A Gentleman’s Dignity, 2012)


People said, lovers come and go, but best friends stay forever. Kekasih datang dan pergi sesuka hati, tetapi sahabat sejati akan selalu ada. Kim Do Jin (Jang Dong Gun), Im Tae San (Kim Soo Ro), Choi Yoon (Kim Min Jong), dan Lee Jung Rok (Lee Jong Hyuk) adalah empat pria yang telah bersahabat sejak mereka duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Sekarang ini, pada usia mereka yang telah mencapai kepala empat, persahabatan mereka tetap terjalin dengan erat meskipun mereka berkuliah di jurusan yang berbeda dan menjalani karirnya masing-masing. They said that life begins at 40. Di usia yang matang tersebut, keempatnya dapat dikatakan memiliki karir yang cemerlang dengan kondisi yang telah mapan. Namun sayangnya, kehidupan percintaan mereka tidak semulus karir yang mereka miliki sekarang.
Kim Do Jin adalah seorang arsitek sekaligus CEO di perusahaan yang ia dirikan bersama sahabatnya, Im Tae San, yang juga seorang engineer. Tampan dan sukses, Do Jin belum pernah menikah karena ia tidak memiliki kepercayaan diri untuk mencintai satu orang wanita saja dalam hidupnya. Mulanya ia berpikir bahwa itulah alasannya. Namun ternyata ia salah. Alasan sebenarnya adalah karena ia hanya belum bertemu dengan wanita yang sanggup membuatnya jatuh cinta dan ingin menikah. Hingga pada suatu hari, ia bertemu, atau lebih tepatnya melihat, seorang wanita bernama Seo Yi Soo (Kim Ha Neul). Do Jin jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia merasa bahwa ia memang ditakdirkan untuk bersama dengan wanita itu, karena mereka bertemu secara tidak sengaja sebanyak tiga kali. Namun ternyata, Yi Soo yang seorang guru SMA sekaligus wasit pertandingan baseball amatir, diam-diam menyukai Tae San. Berkeras bahwa ia sanggup mendapatkan hati Yi Soo, Do Jin tidak gentar untuk terus mendekati wanita itu, meskipun cintanya hanya sepihak. Hati wanita mana yang tidak luluh ketika seorang seperti Do Jin datang dan memberikan segalanya? Termasuk seorang Yi Soo. Perlahan tapi pasti, ia jatuh cinta kepada Do Jin.
Sementara itu, Im Tae San, engineer yang juga seorang atlet baseball amatir, tergila-gila pada Hong Se Ra (Yoon Se Ah), atlet golf profesional yang juga sahabat Seo Yi Soo dan tinggal serumah dengan wanita itu. Se Ra adalah alasan utama mengapa Yi Soo menyembunyikan perasaannya kepada Tae San. Meskipun Tae San dan Se Ra berpacaran, hubungan mereka layaknya angin tornado dan gunung berapi. Pada satu hari, kemesraan mereka dapat membuat iri semua orang di muka bumi, namun pada hari lainnya, peperangan mereka dapat menghancurkan seisi bumi. Se Ra adalah wanita yang gemar bermain dan minum bersama kawan-kawan lelakinya, sementara Tae San adalah pria yang pencemburu dan frontal, tidak mengenal takut sama sekali. Meskipun terlihat cuek dan santai di luarnya, mereka berdua saling menyayangi dan melindungi satu sama lain.
Choi Yoon, adalah seorang pengacara yang juga seorang pitcher dalam tim baseball amatir yang sama dengan sahabatnya, Im Tae San. Empat tahun yang lalu, Yoon kehilangan istrinya yang meninggal dunia. Di antara keempat sahabat itu, Yoon diamini sebagai yang paling cerdas sekaligus yang paling setia kepada wanita yang dicintainya. Bahkan empat tahun setelah almarhumah istrinya meninggal, Yoon masih mengenakan cincin kawinnya, dan masih merayakan hari meninggalnya sang istri. Tampan, cerdas, dan mapan, Yoon belum menikah lagi karena dua hal. Pertama, ia masih merasa bersalah kepada almarhumah istrinya apabila ia kini mencintai wanita lain. Kedua, meskipun ia berusaha mengelak dan menutupinya, wanita yang mampu membuatnya jatuh cinta justru adalah wanita yang paling tidak boleh bersama dengannya, yaitu Im Meari (Yoon Jin Yi), yang tak lain tak bukan adalah adik kandung Tae San. Usia Meari yang terpaut hampir 20 tahun lebih muda juga menjadi pertimbangan bagi Yoon untuk tidak menuruti hasratnya. Meskipun begitu, Meari yang telah menyukai Yoon sejak ia masih kecil, begitu gigih untuk membuat Yoon datang kepadanya.
Lee Jung Rok adalah seorang pengusaha. Ia memiliki coffee shop dan café bar yang terletak di pusat kota Seoul. Berlawanan dengan Choi Yoon yang selalu mengenakan cincin kawinnya meskipun sang istri telah meninggal, Jung Rok selalu melepaskan cincin kawinnya setiap kali ada kesempatan. Padahal sang istri, Park Min Sook (Kim Jung Nan), masih hidup dan sehat sentosa. Ia adalah pengusaha properti yang kaya raya, cantik, dan seksi, meskipun berusia lebih tua dari suaminya. Berlawanan dengan Yoon yang super setia, setia bagi Jung Rok berarti selingkuh tiada akhir. Memiliki suami seperti Jung Rok, sudah 10.000 kali Min Sook meminta cerai. Namun pada akhirnya, perpisahan itu hanya di mulut saja. Lagi dan lagi, mereka selalu kembali bersama. Layaknya pasangan suami-istri, meskipun selalu bertengkar hebat, selalu ada jalan yang membuat mereka kembali berdamai, termasuk dukungan dari ketiga sahabat Jung Rok.
Ketika segala sesuatunya berjalan indah untuk Kim Do Jin dan Seo Yi Soo, sesuatu yang besar kemudian datang menghantam. Adalah Collin (Lee Jong Hyun), bocah berusia 19 tahun yang berkelana ke Korea Selatan seorang diri untuk mencari ayah kandungnya. Usut punya usut, Collin adalah putra dari cinta pertama Kim Do Jin, Im Tae San, Choi Yoon, dan Lee Jung Rok. Ya, keempat sahabat itu jatuh cinta pada wanita yang sama ketika mereka masih muda dulu. Salah satu dari mereka rupanya adalah ayah kandung Collin. Tak lain tak bukan, orang itu adalah Do Jin. Akankah Yi Soo sanggup menerima kenyataan bahwa pria yang dicintainya ternyata memiliki anak di luar nikah dari wanita lain? Akankah kenyataan ini membuat Do Jin meninggalkan Yi Soo karena ia merasa tidak layak untuk mendapatkan cinta wanita itu?
Sementara itu, Im Tae San dihadapkan pada kenyataan bahwa Hong Se Ra tidak ingin menikah dengannya, padahal ia mengharapkan pernikahan sebagai tujuan dari hubungan mereka selama ini. Di sisi lain, Tae San juga dihadapkan pada dilema bahwa Choi Yoon juga mencintai adik kandungnya, Im Meari, padahal ia telah secara terang-terangan menentang hubungan mereka. Akankah Yoon memilih persahabatannya? Ataukah ia memilih untuk memperjuangkan cintanya? Ketika Lee Jung Rok merasa lelah pada kebiasaannya berselingkuh dan memutuskan untuk jujur dan memberi perhatian penuh kepada sang istri, justru Park Min Sook lah yang kini telah kehilangan kepercayaan seluruhnya kepada sang suami. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa Min Sook tidak akan dapat mengandung seorang anak. Apakah pernikahan mereka masih dapat dipertahankan, sementara rasa percaya yang menjadi fondasi utama sebuah hubungan sudah tidak dapat ditemukan lagi?


“A Gentleman’s Dignity” adalah serial drama komedi romantis dan merupakan hasil karya dari tim produksi yang sama yang menghasilkan serial drama populer, “Secret Garden”. Serial berjumlah 20 episode ini ditayangkan oleh stasiun televisi SBS pada bulan Mei hingga Agustus 2012. Dilahirkan dari tangan yang sama, penonton yang telah menyaksikan serial drama “Secret Garden” dipastikan dapat merasakan atmosfer romantisme yang sama ketika menonton serial ini. Namun, “A Gentleman’s Dignity” jelas jauh lebih rasional dan mendekati realitas dalam segi cerita. Banyak yang mengatakan bahwa serial ini adalah versi pria sekaligus versi Asia dari serial “Sex and the City”. Selain itu, banyak juga yang menyebut bahwa serial ini adalah versi dewasa dari “Boys Before Flowers”, dengan melihat keempat tokoh utama pria yang bersahabat. Yang pasti, “A Gentleman’s Dignity” menyuguhkan kisah mengenai hidup, cinta, dan persahabatan, melalui sudut pandang keempat tokoh utama di dalamnya.
Serial ini memotret ikatan persahabatan keempat anak manusia di usia mereka yang menginjak kepala empat, beserta seluk beluk kehidupan yang mereka alami, termasuk dilema percintaan. Melalui hubungan cinta-sepihak-yang-pada-akhirnya-terwujud-bagaikan-mimpi-menjadi-nyata Kim Do Jin dan Seo Yi Soo, sekali lagi kita diingatkan bahwa cinta adalah soal ketulusan. Mencintai seseorang berarti mencintai orang tersebut secara keseluruhan. Baik itu kelebihannya, maupun kekurangannya. Mencintai seseorang berarti menerima orang tersebut secara keseluruhan. Termasuk masa lalunya. Melalui hubungan saling-mencintai-dan-tak-sanggup-hidup-tanpa-satu-sama-lain-namun-berbeda-keyakinan-soal-pernikahan-dan-komitmen Im Tae San dan Hong Se Ra, penonton dihadapkan pada gambaran realitas hubungan yang dijalani oleh pria dan wanita yang telah berusia matang. Pada akhirnya, pada usia tersebut pilihan mereka lah yang menentukan, apakah mereka akan berakhir di pelaminan, atau tetap single untuk selamanya. But in the end, they both know how to play the game so well.
Melalui hubungan cinta-terlarang-namun-nyata-adanya-antara-sahabat-dan-adik-kandung-sahabat-yang-terpaut-jarak-usia-20-tahun Choi Yoon dan Im Meari, kita disadarkan bahwa cinta tidak akan terwujud selama tidak adanya pengakuan dan pengorbanan. Bahwa setiap hubungan memiliki konsekuensi dan porsi tanggung jawab masing-masing untuk menjalaninya. Dengan berani bertindak dan mengambil risiko, dari sanalah manusia belajar. Dan dari sanalah manusia mengerti dan memahami bagaimana rasanya mencintai dan dicintai. Melalui hubungan suami-istri-dengan-krisis-kepercayaan-namun-saling-membutuhkan-satu-sama-lain Lee Jung Rok dan Park Min Sook, penonton disuguhi sebuah realitas kehidupan suami-istri pada masa modern, dimana usia suami jauh lebih muda dibandingkan sang istri, sehingga butuh kelapangan hati yang luas bagi sang istri untuk menghadapi kelakuan suami yang masih suka bersenang-senang. Melalui pasangan ini, kita diingatkan bahwa cinta adalah soal kepercayaan, kesabaran, pengertian, dan pembenahan diri. Bahwa terkadang kita harus melepaskan dan merelakan sesuatu yang kita sayangi untuk pergi, supaya kita dapat menemukan cinta itu kembali.


“A Gentleman’s Dignity” merupakan serial drama terpopuler yang disiarkan oleh SBS pada tahun 2012. Rating serial ini menembus angka lebih dari 26% dan merupakan serial yang paling banyak ditonton pada slot waktu penayangannya, yaitu hari Sabtu dan Minggu pukul 10 malam. Serial ini bahkan berhasil meraih 13 nominasi dalam ajang SBS Drama Awards 2012 dan menyabet piala dari seluruh nominasi tersebut, termasuk penghargaan untuk kategori Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada scriptwriter Kim Eun Suk. Kekuatan serial ini tentu saja terletak pada jalan ceritanya yang segar, alur yang kuat dan tidak membosankan, skenario yang jauh dari klise. Ditambah lagi, tidak ada karakter yang tidak unik dan menarik dalam serial ini. Jajaran para pemeran tokoh juga turut mendukung suksesnya serial ini, terutama aktor kawakan Jang Dong Gun, yang merupakan aktor dengan bayaran termahal di Korea Selatan. All the casts are very into their characters so great. Chemistry persahabatan yang ditunjukkan oleh keempat tokoh utama juga luar biasa. Secara keseluruhan, this series is DAEBAK! Sebagai serial paling menghibur yang saya tonton sepanjang tahun 2012, “A Gentleman’s Dignity” is very very very highly recommended!

Boys don’t mature. They just age. But aged boys know how to flow with a different destination, and to shine with different color.” –Kim Do Jin (A Gentleman’s Dignity, 2012)

Share:

0 komentar