To the Beautiful You

If such thing as a miracle exists, then it’s another name for hard work.” –Kang Tae Joon (To The Beautiful You, 2012)

Thank you. I keep indebted to you time after time. But, don’t do this again. I hate it more that you getting hurt in my place.” –Kang Tae Joon (To The Beautiful You, 2012)

If I was the one that gave you courage when things were hard for you, I was just wondering if you would’ve come here too.” –Cha Eun Gyul (To The Beautiful You, 2012)


Apabila ada hal yang bernama keajaiban di dunia ini, maka hal tersebut adalah nama lain dari kerja keras. Prinsip inilah yang pada akhirnya memotivasi seorang gadis untuk menyamar menjadi seorang laki-laki dan menyusup ke sekolah asrama khusus pria. Semua ini dilakukannya demi membuat sosok pria yang dikaguminya untuk tidak menyerah pada impiannya. Adalah Kang Tae Joon (Choi Minho), peraih medali emas World Junior Competition untuk cabang olahraga lompat tinggi, yang tanpa ia sadari, kemenangannya waktu itu telah menginspirasi seorang gadis bernama Goo Jae Hee (Choi Sulli). Sebagai seorang gadis Korea Selatan yang hidup di Amerika Serikat, Jae Hee menemukan kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Perbedaan membuatnya merasa tidak percaya diri. Hingga ia menyaksikan Tae Joon meraih medali emas melalui layar televisi.
Miracle is another word of hard effort.” Begitulah ujar Tae Joon ketika ia memenangkan medali emas. Kemenangan yang kemudian menginspirasi dan memberi kekuatan bagi Jae Hee untuk meraih rasa percaya dirinya. Alhasil, ia sukses menjadi atlet lari tercepat di sekolahnya. Namun di sisi lain, paska kemenangan itu Tae Joon justru tertimpa musibah. Ia dikabarkan mendapat cedera parah yang membuatnya absen dari lompat tinggi. In order to see Tae Joon doing high jump again, Jae Hee flies across the ocean to South Korea. Moreover, she disguises herself as a boy to enter the same high school with Tae Joon. Dan di sinilah petualangan gila Jae Hee sebagai seorang laki-laki dimulai.
Sebagai seorang murid baru di sekolah khusus lai-laki, tidak ada yang tertarik untuk berteman dengan Jae Hee, semuanya hanya tertarik untuk mengerjainya, kecuali Cha Eun Gyul (Lee Hyun Woo). Eun Gyul adalah laki-laki ceria yang jago bermain sepak bola. Jae Hee sangat beruntung karena laki-laki berhati hangat itu satu kelas dan satu asrama dengannya, yaitu di Asrama 2. Bahkan ketika semua anak lainnya bersemangat untuk mengerjai Jae Hee, terutama si iseng nan jahil Song Jong Min (Hwang Kwanghee), Eun Gyul selalu berada di sisi Jae Hee. Keberuntungan lagi-lagi berada di pihak Jae Hee, karena tanpa bersusah payah untuk mendekatkan diri dengan Tae Joon, ternyata ia ditempatkan di kamar yang sama dengan laki-laki itu. Yes, they are roommates now! Tae Joon yang tidak suka memiliki teman sekamar, dengan segera mengusir Jae Hee pergi dari kamar itu. Namun (lagi-lagi keberuntungan Jae Hee) kepala Asrama 2, senior Ha Seung Ri (Seo Jun Young) segera menertibkan tingkah Tae Joon sehingga Jae Hee dapat tinggal di sana dengan tenang. Well, tidak setenang itu dengan identitasnya palsunya, namun setidaknya lebih mudah baginya untuk mewujudkan tujuannya apabila ia dekat dengan Tae Joon.
Sayangnya, tidak semudah itu untuk membuat seorang Kang Tae Joon melompat lagi. Pasalnya, bukan cedera kakinya lah yang menjadi hambatan utama baginya untuk melakukan lompat tinggi, melainkan mental. Cedera kaki yang dialami Tae Joon telah sembuh total, hanya saja, semangat melompatnya lah yang telah sirna. Rupanya, pada hari yang bersamaan ketika Tae Joon memperoleh medali emas, sang ibu meninggal dunia karena sakit. Inilah alasan terbesar mengapa sulit bagi Tae Joon untuk melompat lagi. Tanpa kenal rasa putus asa, Jae Hee tetap berusaha untuk membangkitkan semangat Tae Joon. Namun seiring dengan usahanya yang membuahkan hasil, di sisi lain Jae Hee harus berkonsentrasi dengan perannya sebagai seorang murid laki-laki.
Dokter Jang Min Woo (Ki Tae Young), dokter sekolah yang tampan dan single, adalah orang pertama yang mengetahui identitas Jae Hee sebagai seorang gadis. Melihat kegigihan gadis itu untuk membuat Tae Joon melompat lagi, serta rasa penasarannya akan kemampuan Jae Hee untuk menyelesaikan apa yang telah ia perbuat, Dokter Jang pun memutuskan untuk merahasiakan fakta tersebut dari orang lain. Orang kedua yang tahu mengenai hal ini, tak lain tak bukan adalah Kang Tae Joon sendiri. Meski tahu akan hal ini, Tae Joon menyimpan rahasia itu, karena ia tak ingin Jae Hee diusir pergi dari sana meninggalkannya. Orang ketiga yang tahu identitas asli Jae Hee adalah Seol Han Na (Kim Ji Won), teman Tae Joon sedari kecil yang juga seorang balerina. Gadis ini tergila-gila pada Tae Joon sehingga kerap menyelinap ke asrama Tae Joon tanpa sepengetahuan lelaki itu, yang kemudian juga memutuskan untuk merahasiakan fakta Jae Hee demi Tae Joon.
Di tengah usahanya untuk kembali melakukan lompat tinggi, Tae Joon harus bergelut dengan perasaannya kepada Jae Hee, yang tidak dapat ia lihat sebagai laki-laki lagi setelah mengetahui fakta yang ada bahwa ia sebenarnya adalah seorang gadis. Perlahan tapi pasti, perasaan sayang kepada Jae Hee muncul seiring hasrat untuk melindungi identitas gadis itu dan membuatnya tetap berada di sisinya. Ditambah lagi dengan ambisi saingannya dalam olahraga lompat tinggi untuk mengalahkannya, Min Hyun Jae (Kang Ha Neul). Di sisi lain, Jae Hee juga berusaha keras untuk mengontrol perasaannya, karena jatuh cinta kepada Tae Joon tidak ada dalam daftar tujuan ia datang ke Korea Selatan dan menyamar sebagai lelaki. Sementara itu, Eun Gyul juga bergelut dengan perasaannya. Sebagai orang yang tidak mengetahui bahwa Jae Hee adalah seorang gadis, lelaki itu merasa bingung mengapa ia sangat menyukai Jae Hee, sedangkan ia yakin sekali bahwa dirinya adalah seorang lelaki normal yang tidak mungkin jatuh cinta terhadap sesama pria.


“To The Beautiful You” adalah serial drama komedi romantis berjumlah 16 episode yang diadaptasi dari manga Jepang berjudul “Hanazakari no Kimitachi e” atau yang juga dikenal dengan judul “For You In A Full Blossom”. Serial ini ditayangkan di stasiun televisi SBS pada bulan Agustus hingga Oktober 2012. Cerita komik ini telah diadaptasi menjadi beberapa serial drama oleh Jepang maupun Taiwan. Hingga pada tahun 2012, SM Entertainment membeli hak cipta untuk membuat serial drama versi Korea Selatan dari kisah ini. Terlepas bagaimana lucu dan serunya cerita ini dibingkai, dengan karakter-karakter yang unik dan kocak, “To The Beautiful You” adalah kisah tentang perjuangan anak muda dalam meraih mimpi dan cita-cita.
Berkaca dari kisah ini, apa yang dilakukan Goo Jae Hee untuk memotivasi Kang Tae Joon adalah perjuangan yang sesungguhnya. Dan perjuangan itulah yang pada akhirnya memunculkan keajaiban. Great effort brings miracle. Butuh keberanian dan tekad yang tidak sedikit (serta otak yang kurang waras tentunya) bagi seorang gadis untuk menyusup ke sekolah asrama khusus pria dengan menyamar sebagai seorang murid laki-laki. Pertama, ia adalah seorang gadis. Kedua, ia harus terbang jauh-jauh dari Amerika Serikat ke Korea Selatan. Ketiga, ia tak mempunyai keluarga dan tak mengenal siapa-siapa di Korea Selatan. Keempat, ia harus menyamar sebagai seorang laki-laki. Kelima, ia tinggal bersama para lelaki, bagaikan di sarang penyamun! Lalu pertanyaannya, mengapa Goo Jae Hee rela melakukan semua itu? Semua karena sosok bernama Kang Tae Joon, yang bahkan tanpa sosok itu sadari sendiri, telah memberi kekuatan dan semangat hidup bagi seorang Goo Jae Hee.
Terkadang, tanpa kita sadari, satu hal kecil yang kita lakukan bisa berarti sebuah hal penting bagi orang lain. Begitu pula dengan Kang Tae Joon, yang tanpa ia sadari, kemenangannya dalam olahraga lompat tinggi di kejuaraan tingkat dunia telah memompa semangat seorang Goo Jae Hee sebagai gadis Korea Selatan yang hidup di Amerika Serikat. Hal yang hampir serupa terjadi pada Cha Eun Gyul. Termotivasi oleh perasaannya kepada Jae Hee, lelaki itu berjuang keras untuk masuk tim nasional junior sepak bola Korea Selatan demi menunjukkan yang terbaik kepada orang yang disayanginya. Apapun alasan di balik motivasi yang kita miliki, alangkah sangat baiknya apabila hal tersebut disalurkan menjadi sesuatu yang positif. Melalui karakter Min Hyun Jae, saingan Tae Joon, kita diingatkan bahwa ambisi dapat mematikan, and all we need is to get our selves gather and get back in the track. Berasal dari keluarga yang tidak mampu membuat Hyun Jae berusaha keras untuk meraih keberhasilan. Meskipun langkahnya sempat tersesat, ia tidak segan untuk mengakui kesalahannya dan segera kembali pada jalan yang benar.


Meskipun banyak diperbandingkan dengan berbagai versi yang pernah dibuat sebelumnya, serial drama versi Korea Selatan ini tetap memiliki pesonanya tersendiri. “To The Beautiful You” has perfect cast. Sulli menghidupkan tokoh Goo Jae Hee dengan sangat apik, ditambah lagi dengan perawakannya yang sangat mumpuni untuk berperan sebagai ‘laki-laki gadungan’ dalam serial ini. Belum lagi kehadiran para flower boys penyegar mata yang mendukung jalannya cerita ini. Di mana lagi kita mendapatkan Minho, Lee Hyun Woo, Seo Jun Young, dan Kang Ha Neul dalam satu layar sekaligus? Selain pemilihan para pemeran karakter yang menurut saya sangat tepat, serial ini juga didukung dengan cerita-cerita di samping kisah utama yang sangat menghibur, seperti love line antara Seol Han Na dan senior Ha Seung Ri, serta tiga kepala asrama yang selalu bersaing dengan kocak. In essence, this series is recommended, especially for those who love comical romance drama with light tempo and amusing storyline.

There’s no such thing as a useless effort. I don’t know if you will or will not jump over it, but in the end, hard work will be followed by reward. At the very least, the effort you put in.” –Cha Eun Gyul (To The Beautiful You, 2012)

Share:

0 komentar