Back to the Start

Come up to meet you, tell you I’m sorry, you don’t know how lovely you are. I had to find you, tell you I need you, tell you I set you apart. Tell me your secrets, and ask me your questions, oh let’s go back to the start.” –Coldplay, The Scientist


Pada tanggal 4 November 2002, band rock alternative asal Inggris, Coldplay, merilis single bertajuk “The Scientist”. Lagu ini merupakan second single dari studio album kedua Coldplay, “A Rush of Blood to the Head”, yang telah dirilis sebelumnya pada tanggal 26 Agustus 2002. Lagu ini diciptakan oleh seluruh personil Coldplay, yang terdiri dari Chris Martin, Guy Berryman, Jonny Buckland, dan Will Champion. Sebuah music video (MV) dari lagu ini ditayangkan secara perdana pada tanggal 14 Agustus 2002, dengan Jamie Thraves sebagai sutradara. MV “The Scientist” yang unik dengan tema reverse narrative ini meraih banyak penghargaan, termasuk triple crown dalam ajang 2003 MTV Video Music Awards untuk kategori Best Group Video, Best Direction, dan Breakthrough Video.
Lagu ini secara sederhana menceritakan seseorang yang tulus mengungkapkan rasa maaf dan keinginannya untuk kembali bersama dengan orang yang dicintainya. Meskipun ia tahu bahwa waktu tidak dapat diputarbalikkan, setidaknya kesalahan yang telah ia buat sebelumnya dapat menjadi pelajaran untuk masa depan mereka. Perasaan memang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah atau dengan ilmu pengetahuan manapun. Cinta tak mengenal logika, katanya. Sebanyak apapun argumen yang telah mereka miliki, sebesar apapun emosi meledak diantara mereka, mereka akan selalu kembali untuk satu sama lain, mereka akan selalu saling membutuhkan. Lagu ini menuturkan seseorang yang mencoba meyakinkan orang yang dicintainya untuk memulai segalanya dari awal lagi. Tidak ada cinta yang mudah, tidak ada cinta yang tidak menyakitkan, namun setidaknya, mereka harus tetap bersama untuk menghadapi itu semua, karena perpisahan bukanlah penyelesaian.

“The Scientist” menjadi bagian dari soundtrack untuk sebuah film drama berjudul “Wicker Park” yang dirilis pada tahun 2004. Album “Wicker Park: Soundtrack Album” dirilis pada tanggal 24 Agustus 2004. Dalam film tersebut, lagu ini muncul pada scene terakhir ketika tokoh utama wanita yang diperankan oleh Diane Kruger pada akhirnya bertemu dengan tokoh utama pria yang diperankan oleh Josh Hartnett. Secara apik, lagu Britpop ballad ini mengiringi pertemua yang dramatis antara kedua karakter utama dalam film tersebut. Honestly, I never like this song until I watch “Wicker Park. This song is absorbed really well in that movie, so that I can’t help but falling in love with this song. Indeed, “The Scientist” is a sweet sorrow song which people can never get bored listened to.

Nobody said it was easy, it’s such a shame for us to part. Nobody said it was easy, no one ever said it would be this hard. I’m going back to the start.” –Coldplay, The Scientist




* Ditulis sambil mendengarkan lagu “The Scientist” oleh Coldplay.

“Come up to meet you, tell you I’m sorry
You don’t know how lovely you are
I had to find you, tell you I need you
Tell you I set you apart
Tell me your secrets, and ask me your questions
Oh let’s go back to the start
Running in circles, coming up tails
Heads on a science apart

Nobody said it was easy, it’s such a shame for us to part
Nobody said it was easy, no one ever said it would be this hard
Oh, take me back to the start

I was just guessing at numbers and figures
Pulling the puzzles apart
Questions of science, science and progress
Don’t speak as loud as my heart
And tell me you love me, come back and haunt me
Oh and I rush to the start
Running in circles, chasing our tails
Coming back as we are

Nobody said it was easy, oh it’s such a shame for us to part
Nobody said it was easy, no one ever said it would be so hard
I’m going back to the start

Ooooohhhhhhh”

Share:

0 komentar