What Have We Started?

What have we started? Don’t break this heart of mine. Have I been fool enough to let you walk away with all of me?” –Sophie Ellis-Bextor, What Have We Started?



Sophie Ellis-Bextor, penyanyi solo wanita asal Inggris, merilis album ketiganya pada tanggal 21 Mei 2007. Dalam album bertajuk “Trip The Light Fantastic” ini terdapat sebuah lagu berjudul “What Have We Started?”. Berbeda dengan kebanyakan lagu Ellis-Bextor yang mengusung irama electronic dance pop, lagu “What Have We Started?” ini berirama pop ballad dengan sentuhan brit pop ala Ellis-Bextor yang tetap kentara. Meskipun bukan merupakan lagu andalan dari album ini dan tidak dirilis sebagai single, “What Have We Started?” merupakan salah satu lagu terbaik yang dimiliki oleh Ellis-Bextor.
Lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang menyadari bahwa dirinya telah jatuh cinta, dan segala ketakutan yang muncul seiring dengan rasa cinta itu. “I’m old enough now to understand love, what it’s capable of and the pain it can cause, but here I go again.” Ia pernah mengalami jatuh cinta sebelumnya. Cinta yang kemudian berujung pada patah hati dan rasa sakit yang mendalam. Sakit yang kemudian memunculkan rasa takut dan trauma akan cinta. Hingga akhirnya ia bertemu dengan pria itu. “I promised myself I’d never give in, but your love won me around, my feet left the ground, and so here I go again.” Entah mengapa, ia merasakan bahwa pria itu berbeda dengan pria-pria sebelumnya. Pria itu sanggup merebut hatinya, mengisi kekosongan yang telah lama bercokol dalam jiwanya. Ia telah jatuh cinta kepada pria itu, sesuatu yang tak dapat ia hindari. “My eyes don’t lie, they show the truth. I’ve fallen for you, to fight it’s no use. Look at me now, I’m under your spell. Where does our story end? It’s for you to tell.” Pada akhirnya ia berpasrah diri untuk mengambil seluruh risiko yang ada. Pada hakikatnya hidup adalah tentang mengambil pilihan, dengan setiap risiko yang ada dalam pilihan tersebut. Wanita itu berharap apa yang telah mereka mulai selama ini adalah nyata, dan pria itu takkan menimbulkan rasa sakit yang sama seperti masa lalunya dulu. Karena ia tidak tahu lagi, apakah ia masih dapat jatuh cinta lagi, apabila cinta yang ia miliki kali ini menyakitinya lagi.


“What Have We Started?” ditulis liriknya oleh Sophie Ellis-Bextor sendiri, dengan hasil komposisi dan aransemen bersama Gabriel dan Robinson. Album “Trip The Light Fantastic” sendiri menuai banyak tanggapan positif dari berbagai kritikus musik di Inggris dan seluruh daratan Eropa. Secara angka penjualan, album ini mendapat sertifikat Gold di Inggris dan Rusia. Meskipun tidak dibuat music video untuk lagu ini, Ellis-Bextor hampir selalu membawakan lagu ini secara live dalam setiap penampilannya, termasuk ketika ia menjadi salah satu jajaran artis pengisi Jakarta’s Soul Nation Festival, pada tahun 2011 lalu.

What have we started? I’m so far in this time, that if you hurt me now, I may never love again.” –Sophie Ellis-Bextor, What Have We Started?


* Ditulis sambil mendengarkan lagu “What Have We Started?” oleh Sophie Ellis-Bextor.

“My eyes don’t lie, they show the truth
I’ve fallen for you, to fight it’s no use
I promised myself, I’d never give in
But your love won me around, my feet left the ground
And so here I go again

What have we started? Don’t break this heart of mine
Have I been fool enough to let you walk away with all of me?
What have we started? I’m so far in this time
That if you hurt me now, I may never love again

Look at me now, I’m under your spell
Where does our story end? It’s for you to tell
See, I’m old enough now to understand love
What it’s capable of and the pain it can cause
Oh but here I go again

I don’t want to waste this chance
You could be well worth the danger
Better to have loved and lost
But it’s so hard to say now I’ve given my heart away”

Share:

0 komentar