Naked


Doesn’t really matter how I feel inside, ‘cause life is like a game sometimes. But then you came around me, the walls just disappeared. Nothing to surround me and keep me from my fears. I’m unprotected. See how I’ve opened up. You’ve made me trust.” –Avril Lavigne, Naked



Avril Lavigne, penyanyi dan musisi sekaligus pencipta lagu asal Kanada, merilis debut album bertajuk “Let Go” ketika usianya masih 17 tahun, yaitu pada tanggal 4 Juni 2002. Album ini tercatat sebagai album debut terbaik pada tahun 2002, dengan meraih 6 sertifikat Platinum di Amerika Serikat oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Sebuah gebrakan mengagumkan untuk penyanyi pendatang baru di dunia musik. Album ini menghasilkan banyak single hits milik Lavigne seperti “Complicated”, “Sk8er Boi”, “I’m With You” dan “Losing Grip”. Namun ada satu lagu dalam album ini yang menjadi top of mind, yaitu sebuah lagu berjudul “Naked”, yang meskipun tidak dirilis dalam bentuk single dan music video.
Lagu ini mengisahkan perasaan seorang wanita yang telah berhasil diluluhkan hatinya oleh seorang pria, sehingga ia selalu merasa ‘telanjang’ ketika berada di dekat pria itu. Sebelum bertemu dengan pria itu, kehidupan si wanita berjalan biasa saja tanpa ada suatu hal yang membuatnya merasa istimewa. Lalu kemudian pria itu hadir dalam kehidupannya, mengubah segalanya, meruntuhkan dinding hati yang selama ini telah dibangun kokoh oleh wanita itu, merobohkan pertahanannya. Bersama pria itu, ia merasa menemukan jati dirinya, ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri, suatu hal yang tak dapat ia temukan sebelumnya. Pria itu membuatnya membuka diri secara perlahan, membuatnya merasakan keyakinan. Bagaikan seseorang yang telanjang, di hadapan pria itu, ia adalah apa adanya dirinya.


“Naked” ditulis liriknya oleh Lavigne, serta diaransemen oleh dirinya sendiri bekerja sama dengan komposer Curtis Frasca dan Sabelle Breer. Lagu ini diproduseri oleh Clif Magness, yang memproduksi sebagian lagu dalam album debut Lavigne. Secara keseluruhan album ini menerima respon positif dari para kritikus musik. Nonetheless, album “Let Go” membawa Lavigne memenangi banyak penghargaan, termasuk dalam ajang bergengsi 2002 MTV Video Music Awards untuk kategori Best New Artist. Album ini membuat Lavigne membukukan rekor sebagai solois wanita termuda yang menduduki peringkat puncak tangga lagu di United Kingdom. Pada tahun 2009, lebih dari 16 juta salinan dari album “Let Go” telah terjual di seluruh dunia.

I’m trying to remember why I was afraid to be myself and let the covers fall away. I guess I never had someone like you, to help me fit in my skin.” –Avril Lavigne, Naked




* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Naked” oleh Avril Lavigne.

“I wake up in the morning, put on my face
The one that’s gonna get me through another day
Doesn’t really matter how I feel inside
’Cause life is like a game sometimes

But then you came around me, the walls just disappeared
Nothing to surround me and keep me from my fears
I’m unprotected, see how I’ve opened up
You’ve made me trust

’Cause I’ve never felt like this before
I’m naked around you
Does it show?
You see right through me and I can’t hide
I’m naked around you
And it feels so right

I’m trying to remember why I was afraid
To be myself and let the covers fall away
I guess I never had someone like you
To help me, to help me fit in my skin

I’m naked, does it show?

I’m so naked around you and I can’t hide
You’re gonna see right through, baby”

Share:

0 komentar