Falling Slowly


I don’t know you, but I want you, all the more for that.” –Glen Hansard & Marketa Irglova, Falling Slowly (OST. Once)


“Once”, sebuah film Irlandia garapan John Carney pada tahun 2006, meraih sukses dan popularitas walau hanya dengan dana produksi yang minimalis. Seiring kepopuleran film ini, soundtrack dari film musikal ini pun mendapat sorotan penuh dari publik dunia. Salah satu lagu, yang juga merupakan lagu utama, dari soundtrack film ini berjudul “Falling Slowly”. Lagu ini dibawakan oleh Glen Hansard dan Marketa Irglova, yang juga berperan sebagai dua karakter utama dalam film “Once”. Lagu ini dirilis pertama kali pada tanggal 21 April 2006 dalam album “The Swell Season” milik duo Hansard dan Irglova. Versi milik band The Frames (band dimana Hansard merupakan personilnya) dari lagu “Falling Slowly” kemudian dirilis pada tanggal 22 September 2006 dalam album “The Cost”. Pada tanggal 22 Mei 2007, lagu ini kembali dirilis sebagai bagian dari album “Once: Music from the Motion Picture”. Terakhir, pada bulan Februari 2008, “Falling Slowly” dirilis sebagai single.
Lagu pop ballad ini bercerita tentang dua orang yang baru saling mengenal, namun telah memiliki ketertarikan mendalam untuk satu sama lain. Perlahan namun pasti, mereka saling jatuh cinta satu sama lain. Somehow, perasaan mereka masih terhalang oleh sebuah tembok besar yang bernama masa lalu. Masa lalu mereka berdua yang kelam, luka dan kesakitan yang mereka pernah alami, berangkat dari sana, mereka berdua menemukan sesuatu yang berbeda ketika mereka bertemu kini. Terlepas dari bagaimana akhirnya, mereka sadar bahwa yang mereka rasakan kini adalah nyata. “You have suffered enough, and warred with yourself, it’s time that you won.” Mereka memiliki pilihan, untuk terus tenggelam dalam kekalutan masa lalu mereka, atau untuk kemudian melangkah bersama memperjuangkan masa depan yang lebih baik untuk mereka berdua. “Take this sinking boat and point it home, we’ve still got time. Raise your hopeful voice you have a choice, you’ll make it now.In the end, terlepas dari bagaimana kelamnya masa lalu mereka, mereka kini saling jatuh cinta, dan tak ada yang dapat menghalangi atau menghilangkan perasaan itu.

“Falling Slowly” menyabet penghargaan dalam ajang bergengsi Academy Award untuk kategori Best Original Song pada tahun 2008. Lagu ini ditulis dan diaransemen oleh Hansard dan Irglova selama proses pembuatan film “Once”. Sang sutradara dan penulis naskah, Carney, pun akhirnya memasukkan lagu ini sebagai bagian dari film tersebut. Rupanya kerjasama dan intuisi Hansard, Irglova dan Carney berbuah manis. Lagu dan film ini sekaligus menuai berbagai pujian dari banyak kritikus. “Once” merajai berbagai festival film terkemuka di seluruh dunia, seperti Sundance Film Festival dan Dublin Film Festival. “Once” memenangi Independent Spirit Award sebagai Best Foreign Film. Tak hanya di daratan Eropa saja, “Once” berhasil menembus pasar box office di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Bahkan sutradara kondang Steven Spielberg menyatakan, “A little movie called ‘Once’ gave me enough inspiration to the rest of this year”.

Falling slowly, eyes that know me, and I can’t go back.” –Glen Hansard & Marketa Irglova, Falling Slowly (OST. Once)







* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Falling Slowly” oleh Glen Hansard dan Marketa Irglova.

“I don’t know you, but I want you, all the more for that
Words fall through me, and always fool me, and I can’t react
And games that never amount to more than they’re meant will play themselves out

Take this sinking boat and point it home, we’ve still got time
Raise your hopeful voice you have a choice, you’ll make it now

Falling slowly, eyes that know me, and I can’t go back
Moods that take me and erase me, and I’m painted black
You have suffered enough, and warred with yourself, it’s time that you won

Take this sinking boat and point it home, we’ve still got time
Raise your hopeful voice you have a choice, you’ve made it now

Falling slowly, sing your melody, I’ll sing it loud”

Share:

0 komentar