The Shadow Operation

This life is really funny. Back then, I couldn’t live without him. After that, I couldn’t even stand live with him. I want to forget him. He left me with so much pain.” –Kyung Ja (Salamander Guru and The Shadow Operation Team, 2012)

You know, women, when you eat that rice cake, the sauce doesn’t spill on your chest but it spills on your stomach, right? You always say it’s not your fault you’re on a diet, but can't lose weight, right? Go lose weight if you want to keep your husband.” –Kyung Ja (Salamander Guru and The Shadow Operation Team, 2012)

If I have only a small wish, will it become true? Since I was born until now, I never make a decision myself. I want a little freedom, too.” –Taeyeon (Salamander Guru and The Shadow Operation Team, 2012)


Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, stasiun televisi SBS kembali membuat serial drama komedi situasi. Kali ini tema yang diangkat adalah inverstigasi kriminal dengan bumbu-bumbu lelucon yang segar di dalamnya. Serial drama ini berjudul “Salamander Guru and The Shadow Operation Team”, atau yang juga terkenal dengan judul “Salamander Guru and The Gang” dan “Salamander Guru and The Shadow Gang”. Cerita ini mengisahkan Seon Dal (Oh Dal Su) dan Won Sam (Im Won Hie), dua orang pencuri konyol yang menyamar menjadi seorang peramal untuk menghindari kejaran polisi. Pada dasarnya, Seon Dal dan Won Sam bukanlah orang jahat. Mereka berdua adalah pelarian yang kabur dari penjara, dan mereka masuk penjara pada awalnya bukan karena mereka jahat, melainkan karena mereka berusaha melindungi sesuatu yang mereka sayangi. Singkat cerita, mereka berdua bertemu di penjara lalu kemudian bersahabat karena memiliki latar belakang yang sama.
Pada suatu hari, mereka berniat merampok rumah seorang peramal yang disebut sebagai ‘Salamander Guru’, yaitu Beom Kyu (Lee Byung Joon). Namun sebuah insiden terjadi yang mengakibatkan Salamander Guru tersebut menderita hilang ingatan. Alhasil, Seon Dal dan Won Sam memanfaatkan keadaan tersebut untuk menyamar sebagai murid Salamander Guru dan menetap di sana. Adalah seorang pemuda tampan bernama Min Hyuk (Choi Minho), yang telah mengamati Salamander Guru sebelumnya. Min Hyuk tengah dalam usahanya untuk mengungkap misteri dibalik kematian ayah kandungnya. Misteri yang hanya mampu diungkapkan oleh sang Salamander Guru. Namun ketika menemukan fakta bahwa Salamander Guru kehilangan ingatannya, ia pun terpaksa menetap juga di rumah itu untuk memancing kembali ingatan Salamander Guru atas kematian ayahnya. Alhasil, mereka berempat tinggal bersama di kediaman Salamander Guru.
Seperti halnya dengan Seon Dal dan Won Sam, Min Hyuk rupanya memiliki masa lalu yang kelam. Ia adalah seorang hacker handal yang memiliki julukan ‘Shadow’. Meskipun tinggal bersama, mereka bertiga menyimpan rahasia masing-masing yang tidak diketahui satu sama lain. Begitu juga dengan Salamander Guru. Meskipun ia kehilangan ingatannya, justru ia adalah yang paling misterius diantara semuanya. Kehidupan mereka berempat di rumah itu diwarnai dengan berbagai kasus berbeda dan unik yang mereka temui setiap harinya dari klien-klien yang datang. Dalam menyelesaikan kasus-kasus tersebut, mereka dibantu oleh seorang detektif polisi wanita yang bernama Kyung Ja (Ryu Hyun Kyung) dan seorang model cantik bernama Kyu Sun (Kim Kyu Sun). Tanpa terasa, kebersamaan mereka menumbuhkan rasa persaudaraan satu sama lain diantara mereka. Mereka berempat yang sama-sama terasing dari keluarga mereka, yang sama-sama melakukan pencarian dalam hidup, dalam rumah itu mereka menemukan kebersamaan.
Pada akhirnya, bagaimana nasib Seon Dal dan Won Sam? Apakah mereka akan selamanya kabur dari polisi dan menyamar sebagai murid Salamander Guru? Akankah Salamander Guru mendapatkan ingatannya kembali? Sanggupkah Min Hyuk membongkar misteri kematian sang ayah? Apakah yang sebenarnya disembunyikan oleh Salamander Guru? Serial komedi investigasi ini ditayangkan oleh stasiun televisi SBS pada bulan Januari hingga Maret 2012 lalu. Serial ini berjumlah 10 episode dan merupakan serial sitcom pertama yang dibuat SBS dalam waktu lima tahun terakhir, setelah mereka merilis “Mackerel Run” pada tahun 2007 silam. Dalam setiap episodenya, serial ini menampilkan cerita yang berbeda namun saling berkaitan. Serial ini juga menampilkan bintang tamu yang berbeda dalam setiap episodenya, dimana bintang tamu ini merupakan salah satu bagian yang diantisipasi oleh para penonton, karena bintang tamu yang ditampilkan selalu merupakan artis terkenal.
Mulai dari penyanyi dan personel grup terkenal, seperti IU, Beast Junhyung, Infinite Myungsoo, SHINee Taemin, hingga aktris dan aktor terkenal seperti Im Soo Hyang, Lee Hyun Woo, menjadi cameo dalam serial ini. Selain itu masih banyak lagi bintang-bintang bertaburan yang menyemarakkan serial ini. Meskipun hanya terdiri dari 10 episode, serial ini diawali dan diakhiri dengan sangat apik. Setiap episodenya menyajikan sesuatu yang seru dan menarik, yang membuat para penonton dibuat tidak bosan dan terus merasa penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Misteri dalam kisah ini diungkapkan secara perlahan dan bertahap, ditambah dengan twisted ending yang memiliki unsur kejutan. Kemampuan akting para pemeran pun luar biasa. Mereka sangat komikal dan alami sehingga penampilan mereka sanggup mengocok perut para penontonnya. “Salamander Guru and The Shadow Operation Team” brings a new excitement in the drama series industry. This series gives a fresh shot kind of genre, an entertaining one.


Yes, I have a feeling that we could see the fate that brings lovers together.” –Seon Dal (Salamander Guru and The Shadow Operation Team, 2012)

Share:

0 komentar