Going to the Past

Finding the meaning of life would be the reason not to die.” –Hong Young Rae (Time Slip Dr. Jin, 2012) 

"People are easy to bewitch, It’s hard to get a persons heart." –Choon Hong (Time Slip Dr. Jin, 2012)

If you keep running away every time you’re scared, then you will do nothing but hide your entire life. Is that really how a person should live their life? The only way you can get over that fear is by fighting. Now matter how scared or afraid you are, you cannot win without fighting.” –Hong Young Rae (Time Slip Dr. Jin, 2012)



“Jin”, sebuah komik asal Jepang (manga) yang pernah diadaptasi ke dalam serial Jepang, pada tahun 2012 ini diangkat ke dalam sebuah serial drama Korea Selatan yang berjudul “Time Slip Dr. Jin”. “Time Slip Dr. Jin” bercerita tentang seorang dokter muda yang cerdas, sukses dan tampan bernama Jin Hyuk (Song Seung Hun), yang terlempar ke masa lalu. Jin Hyuk adalah seorang dokter bedah yang lahir dan besar di keluarga dokter. Berkat kecerdasan dan kemampuannya, ia diakui sebagai dokter bedah terbaik di usia muda. Dikarenakan kesuksesannya tersebut, ia menjadi arogan dan cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Ia menjadi orang yang dingin. Sebaliknya, sang kekasih, Yoo Mi Na (Park Min Young), adalah pribadi yang hangat dan sangat mempedulikan sesamanya serta orang-orang yang tidak mampu. Mi Na juga seorang dokter muda yang bekerja di rumah sakit yang sama dengan Jin Hyuk.
Pada suatu hari, Mi Na mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkannya terluka parah hingga koma. Di tengah rasa frustasinya, Jin Hyuk mengalami kejadian aneh yang berujung pada terlemparnya ia ke zaman Dinasti Joseon. Sebelum itu terjadi, ia telah beberapa kali mengalami kejadian aneh yang serupa. Bahkan telah sekali terlempar ke masa lalu, namun waktu itu ia kembali ke masa depan lagi, sehingga ia mengira semua itu hanya mimpi belaka. Kali ini, ia tidak kembali ke masa depan lagi. Percaya tak percaya, Jin Hyuk harus berjibaku untuk hidup pada zaman yang benar-benar berbeda. Jin Hyuk mendapat bantuan dari Lee Ha Weung (Lee Bum Soo), seorang pangeran yang terasing karena lahir dari selir. Pangeran Ha Weung membantu Jin Hyuk melarikan diri dari kejaran pasukan kepolisian kerajaan yang dipimpin oleh Kim Kyung Tak (Kim Jaejoong).
Ditengah usaha pelarian dirinya, Jin Hyuk menyelamatkan nyawa Hong Young Hwi (Jin Lee Han) yang terluka parah. Ternyata, Young Hwi adalah kakak dari Hong Young Rae (juga diperankan oleh Park Min Young), gadis yang sangat mirip dengan kekasih Jin Hyuk di masa depan, Mi Na. Melihat Young Rae membuat Jin Hyuk merasa seperti berhadapan dengan Mi Na, gadis yang ia cintai dan sangat ia rindukan. Namun pada masa itu Young Rae adalah tunangan dari Kyung Tak yang juga adalah sahabat kakaknya. Karena merasa berhutang budi nyawa Young Hwi telah diselamatkan, keluarga Young Rae mengizinkan Jin Hyuk untuk tinggal di rumah mereka. Tidak ada satupun orang di Joseon yang tahu bahwa Jin Hyuk berasal dari masa depan. Ia pun sengaja merahasiakan fakta tersebut karena ia yakin bahwa tidak akan ada yang percaya padanya. Ia hanya berkata bahwa ia berasal dari tempat yang sangat jauh, tidak memiliki keluarga dan kerabat, bahkan rumah.
Jin Hyuk tidak tahu sampai kapan ia akan berada pada masa Joseon. Ia menemukan bahwa kemampuan medisnya sangat bermanfaat untuk masyarakat pada masa itu yang pengetahuan mengenai kesehatannya masih sangat terbatas. Maka dimulailah petualangan Dokter Jin di Dinasti Joseon. Meskipun dengan alat-alat yang terbatas, serta berbagai anggapan miring dan sinis orang-orang pada masa itu, Jin Hyuk berhasil menyelamatkan banyak nyawa. Pada akhirnya, akankah Jin Hyuk kembali ke masa depan, tempat ia sesungguhnya hidup? Dapatkah ia bertemu lagi dengan kekasihnya, Mi Na? Apakah alasan dibalik misteri terlemparnya Jin Hyuk ke masa lalu? Semua pertanyaan ini akan terjawab di sepanjang 22 episode serial “Time Slip Dr. Jin”.
“Time Slip Dr. Jin” ditayangkan oleh stasiun televisi MBC pada bulan Mei hingga Agustus 2012. Serial ini dapat dikatakan bertabur bintang. Mulai dari aktor kawakan Lee Bum Soo, aktor tampan berbakat Song Seung Hun, aktris cantik Park Min Young, hingga mantan personel DBSK, Kim “Hero” Jaejoong. Seluruh jajaran aktor dan aktris dalam serial ini menampilkan kemampuan akting yang luar biasa. Bahkan Jaejoong yang bisa dikatakan adalah junior diantara para pemeran lainnya, sanggup memikat para penonton dengan penghayatan aktingnya. Ketika serial ini ditayangkan, tema ‘time slip’, baik yang dari masa lalu ke masa depan maupun dari masa depan ke masa lalu, memang tengah populer. Seperti dalam serial “Rooftop Prince” dan “Queen In Hyun’s Man”. Namun dengan tema kedokteran yang diangkatnya, “Time Slip Dr. Jin” berhasil menghadirkan sesuatu yang berbeda kepada masyarakat. Menonton serial ini tidak hanya memberi hiburan, melainkan juga menambah wawasan. Selain itu, tentunya dapat melihat wajah tampan Song Seung Hun di sepanjang serial.


No matter what others say, you are mine, my woman.” –Kim Kyung Tak (Time Slip Dr. Jin, 2012)

Share:

0 komentar