Face of the Group: The Visual Line

Apa yang terbayang di benak kita ketika pertama kali mendengar kata ‘Super Junior’? Kebanyakan orang akan langsung memikirkan Siwon. Apa yang terlintas di pikiran kita ketika pertama kali mendengar kata ‘Girls’ Generation’? Kebanyakan orang akan langsung terbayang wajah cantik Yoona. Mungkin ini tidak berlaku bagi semua orang, terutama mereka yang telah menjadi penggemar K-pop untuk waktu yang lama. Namun bagi orang-orang yang awam atau mungkin baru saja mengenal K-pop, mungkin mereka bahkan hanya mengetahui Siwon dan Yoona saja sebagai individu tanpa menyadari eksistensi grup mereka, Super Junior (Suju) dan Girls’ Generation (SNSD). Bagi mereka yang newbie dalam dunia K-pop, mungkin bertanya-tanya, dalam setiap MV (music video) Suju dan SNSD, mengapa Siwon dan Yoona selalu tampil pertama dan mendapatkan porsi lebih banyak dibandingkan member lainnya? Jawabannya, karena mereka adalah ‘face of the group’.

Yoona as Girls' Generation/SNSD's face of the group in the center of the formation

Face of the group’, atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘wajah dari kelompok’, adalah anggota dari grup yang dianggap paling good-looking dan atraktif sehingga selalu ditonjolkan dalam setiap kesempatan. Anggota yang mendapat predikat ini sering disebut dengan ‘visual’, karena bertugas memberi pemandangan yang indah kepada para penonton. Posisi ini memang bukan merupakan posisi resmi seperti leader atau maknae, yang jelas ditentukan oleh perusahaan dan urutan umur anggota. Bukan pula seperti vocalist atau dancer, yang jelas ditentukan karena bakat dan kemampuan masing-masing anggota. Posisi visual ini biasanya terselubung, namun masih dapat dipetakan dengan jelas polanya. Meskipun beberapa grup menyatakan salah seorang member tertentu sebagai visual mereka, tetapi dalam praktiknya siapa yang sebenarnya menjadi visual dalam grup tersebut dapat diamati.

Girl groups' visuals; kiri - kanan: Girls' Generation/SNSD Yoona, 2NE1 Sandara Park, Miss A Suzy

Who is the face of the group? Visual dari salah dua grup yang paling mendominasi di industri musik Korea Selatan telah saya sebutkan sebelumnya. Mereka adalah Siwon dari Suju dan Yoona dari SNSD. Seperti yang telah bisa dibayangkan, visual adalah mereka yang paling disorot dalam setiap MV, penampilan panggung, atau konsep album grup tersebut. Dalam MV “The Boys” milik SNSD, Yoona tampil bahkan sebelum intro lagu dengan durasi hampir satu menit. Begitu pula dalam MV “Mr. Simple” milik Suju, serta yang paling baru adalah MV teaser “SPY” dimana Siwon tampil pertama, baru diikuti oleh personel Suju lainnya. Untuk grup Infinite, mereka jelas memiliki Myungsoo alias L sebagai visual. Tanpa perlu dipertanyakan lagi, L selalu mendapat jatah lebih dalam MV. Begitu juga dengan Lee Joon dari MBLAQ. Ia selalu menjadi tokoh utama dalam setiap jalan cerita MV, seperti dalam “Y” dan “This is War”. Selain MV, dalam formasi yang ditampilkan baik di MV maupun di panggung, visual akan ditempatkan di posisi paling strategis, yaitu tengah.

Lalu kini pertanyaannya, apakah posisi visual hanya menonjol sebatas dalam MV, penampilan panggung atau konsep album saja? Tentu tidak. Visual adalah mereka yang memiliki paling banyak proyek ‘sampingan’ dibandingkan anggota lainnya. Jumlah drama yang telah diperankan Siwon dan Yoona tentunya melebihi para anggota Suju dan SNSD lainnya. Bahkan mereka berdua telah mulai berakting jauh sebelum anggota lain mencoba peruntungan di layar kaca. Selain itu, visual adalah mereka yang paling sering di-endorse untuk iklan berbagai produk. Bagi yang tahu iklan Caribbean Bay versi Cabi Song milik SNSD dan 2PM, disitu lagi-lagi Yoona menjadi tokoh utama dalam mini drama yang dibuat untuk iklan tersebut. Untuk 2PM, tak pelak lagi bahwa visual mereka adalah Nichkhun, the Thailand prince. Sementara Sandara Park dari 2NE1 berkali-kali menjadi karakter utama dalam CF (commercial film), seperti dalam CF Cass Beer dan CF Etude House versi Kiss Note. Over-exposed yang dilakukan oleh para agensi terhadap face of the group mereka ini terkadang justru membuat si visual itu sendiri yang dikenal sebagai seorang individu alih-alih sebagai member dari sebuah idol group. Namun tak jarang, justru mereka lah yang menggiring orang-orang untuk menyadari keberadaan grup mereka.

Boy groups' visuals; kiri - kanan: Super Junior Siwon, 2PM Nichkhun, SHINee Minho

What’s so important being the face of the group? Wajah adalah anggota tubuh manusia yang pertama kali akan menjadi fokus penglihatan orang-orang disekitarnya. Maka dari itu, ‘wajah dari kelompok’ diharapkan menjadi mereka yang pertama kali menarik perhatian masyarakat untuk memandang grup tersebut. Syukur-syukur, orang-orang jadi menyukai grup tersebut karena kesan bagus yang diberikan oleh si wajah tadi. Ada dua jalan masuk seseorang ketika ia menyukai sebuah grup. Pertama, mendengar lagu-lagunya, lalu menyukai grup tersebut dan memilih salah seorang member sebagai bias (istilah yang digunakan untuk menyebut member yang paling disukai). Kedua, menyukai salah seorang member, lalu mencari tahu tentang grup tempat ia bergabung, lalu menyukai grup tersebut. Untuk jalan yang kedua, para visual adalah mereka yang paling berkontribusi dalam hal ini. Banyak orang menyukai Miss A karena Suzy. Banyak pula orang yang menyukai CN Blue karena Jung Yong Hwa. Banyak orang menyukai 2NE1 karena Sandara Park. Banyak pula orang yang menyukai SHINee karena Minho. Banyak orang menyukai After School karena Uee. Banyak pula orang yang menyukai Kara karena Goo Hara. Seperti saya, yang menyukai 2PM karena Nichkhun.

Boy groups' visuals; kiri - kanan: Infinite Myungsoo a.k.a L, MBLAQ Lee Joon

The face of the group always stands under the spotlight in the center of the formation. Banyak yang mengatakan bahwa visual adalah yang paling dicari kedua setelah leader dalam sebuah grup. Dalam sebuah wawancara, biasanya visual akan diberi porsi berbicara terbanyak kedua setelah leader. Begitu juga dalam setiap penampilan grup tersebut di berbagai acara televisi, visual akan mendapat sorotan paling sering dari kamera. Gambar-gambar klip mereka juga akan menjadi yang paling banyak ditayangkan. EXO-K, rookie group yang memulai debut pada tahun 2012 ini, dalam setiap kesempatan live interview di stasiun televisi, pasti akan menempatkan Kai di dekat leader Suho. Seperti yang diketahui, selama 100 hari masa pre-debut, dari 23 teaser videos yang dirilis, Kai tampil dalam lebih dari separuh diantaranya. Fakta ini memberi gambaran jelas bahwa Kai adalah face of the group dari EXO-K, bahkan mungkin dari EXO secara keseluruhan (apabila digabungkan dengan EXO-M). Bukti ini diperkuat dengan posisi Kai dalam formasi ketika EXO membawakan lagu “History” dan “Mama”. Dalam formasi kedua lagu tersebut, Kai mendominasi posisi tengah.

EXO's visual lines; kiri - kanan: EXO-M Luhan, EXO-K Sehun, EXO-K Kai

The face of the group brings the most publicity to the group. Ini adalah alasan utama mengapa kehadiran visual sangat diperlukan dalam sebuah grup. Kata orang, “Dari mata turun ke hati.” Tidak dipungkiri bahwa penampilan fisik merupakan salah satu kunci utama yang harus dimiliki oleh sebuah grup, selain bakat dan kemampuan vokal, musik dan tari. Penampilan fisik yang mendukung dapat membuat sebuah grup dicintai, bahkan digila-gilai oleh para penggemar mereka. Jauh sebelum itu, penampilan fisik membuat orang-orang notice akan keberadaan grup tersebut. Salah satu cara utama untuk meraih publisitas maksimal dalam industri hiburan Korea Selatan adalah dengan banyak tampil dalam program-program variety show di acara televisi. Para visual ini akan menjadi anggota grup yang paling banyak menampakkan dirinya di program-program variety show tersebut. Semakin banyak mereka tampil, maka akan semakin dikenal mereka. Semakin mereka dikenal, maka grup mereka pun akan turut dikenal. Selain variety show, para visual kebanyakan akan menunjukkan kebolehan akting mereka dalam serial drama. Bahkan tidak jarang orang-orang lebih mengetahui Yoona dan Suzy sebagai aktris, jauh sebelum mengetahui bahwa ia adalah personel SNSD dan Miss A.

Girl groups' visuals; kiri - kanan: After School UEE, Wonder Girls Sohee, KARA Goo Hara

They say that the face of the group earns more money than other members. But, they also say that the face of the group is the most tired member. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa para visual memiliki lebih banyak side job dibandingkan anggota lainnya, setidaknya pada masa awal-awal debut grupnya. Dalam sebuah acara televisi, para anggota Suju dan SNSD mengungkapkan bahwa Siwon dan Yoona adalah personel dengan penghasilan terbesar dibandingkan member lainnya. Bahkan, liputan SBS E! K-Star News menyatakan bahwa Yoona merupakan member girl group dengan penghasilan terbesar, yaitu mencapai lebih dari 4 miliar won untuk paruh pertama tahun 2012. Penghasilan itu diantaranya didapatkan dari iklan dan serial drama. Urutan berikutnya di belakang Yoona adalah Suzy (Miss A), Uee (After School), dan Sohee (Wonder Girls) yang kesemuanya adalah face of the group. Namun seperti kata orang, “No pain, no gain.” Maka para visual pun biasanya merupakan member yang paling sibuk dan lelah dibandingkan anggota grup lainnya. Ini dikarenakan jadwal mereka yang lebih padat karena memiliki lebih banyak side job. Dalam sebuah acara televisi, para anggota MBLAQ pernah menyatakan bahwa Lee Joon adalah member yang pergi paling pagi dan pulang paling malam karena kesibukannya di luar aktivitas grup. Bahkan pernah pada suatu periode, member lainnya tidak sempat melihat wajah Joon selama berhari-hari saking sibuknya.

SM Entertainment's visual lines; kiri - kanan: Sehun, Yoona, Kai, Luhan

Indeed, every member is the face of the group. Visual ada untuk menarik perhatian orang-orang supaya mengetahui eksistensi grup pada umumnya, serta menyukai grup tersebut pada khususnya. Dengan demikian adanya, sesungguhnya setiap anggota grup adalah visual. Mengapa? Karena tentunya setiap orang memiliki ketertarikan fisik alias selera yang berbeda-beda. Sebuah grup bisa saja menentukan siapa yang paling cantik atau tampan diantara para anggotanya, namun pada akhirnya para fans lah yang akan menentukan siapa anggota favorit mereka, dan itu bukan selalu berarti si visual. Sehingga pada akhirnya, anggota favorit para fans adalah visual bagi mereka masing-masing. Selain itu, daya tarik sebuah grup tentunya tidak hanya terbatas pada penampilan fisik para anggotanya saja. Karena pada nantinya, loyalitas para fans juga ditentukan oleh kualitas musik dan performance grup tersebut. Walaupun begitu, memang tidak dapat dipungkiri bahwa pesona para visual ini kadang-kadang di luar akal sehat. They’re such a good-looking heartthrob!

Share:

10 komentar

  1. kalau menurut chingu,Visual di F(x) itu siapa? Sulli atau Krystal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... sebenernya kalo ngeliat pola yang ada sih Sulli, karena dia paling sering muncul di variety show ketimbang Krystal :)
      IMO, both Sulli and Krystal are visuals, but the face of the group is Sulli :)

      Delete
    2. kalo menurutku, dulunya sulli tapi sekarang juga diarahkan ke krystal. mungkin sment gak nyangka banyak yg suka krystal juga kali ya..
      perhatiin deh, waktu awal debut di album selalu sulli yg ditengah, tapi sekarang seringnya krystal yg di tengah. dia juga hampir selalu dapat jatah nyanyi di awal lagu (kek membuka gitu). tapi sulli masih tetap dijadikan visual buktinya dia berakting di to the beautiful you. terakhir keduanya malah jadi new model brand kosmetik etude house

      Delete
    3. Agree! kayaknya SM pada akhirnya sengaja masang dua visual di f(x), tapi karena Krystal juga sebagai main vocal di grup, jadi Sulli masih tetep visual yang utama, dan terbukti dengan doi nongol lagi di Running Man ep.129

      :D

      Delete
    4. tapi vic pernah bilang kalo krystal itu icon face nya f(x) loh

      http://supershiningbeauty.wordpress.com/2012/05/26/smtown-apa-kata-leader-soal-magnae-mereka/

      Delete

    5. makasih share infonya, chingu :)

      Delete
  2. maaf ya sist, disini cm mau mengkoreksi bagian facenya SNSD. waktu itu SM pernah ngeklaim kalo facenya SNSD itu ada 3 orang, yaitu Yoona, Yuri, Seohyun yg di anggap sebagai member paling cantik dr awal debut dan sebelum debut - sekarang. tp Yoona sebagai yg paling terkenal di korea (karena dramanya dll) membuat dia jd face centernya SNSD juga :) dgm kata lain kaya gt :)

    ReplyDelete
  3. Memang sist. Apalagi di grup yg jumlah membernya bejibun kayak snsd, memang gak mungkin cuma masang satu visual aja. Di tulisan aku cuma menyampaikan perspektif dari pengamatanku aja sih, kalo visual itu "jalan masuk" orang2 (termasuk yg gak suka atau gak tau Kpop sama sekali) buat jadi tau ttg grup mereka. Suju pun visual gak hanya Siwon aja, tapi juga ada Donghae. So, tulisan ini bukan perspektif SM sebagai produsen, tp perspektifku sebagai konsumen dan pengamat Kpop.

    Anyway, thanks for the concern. :)

    ReplyDelete
  4. Betul sekali
    ngeh kpop baru beberapa minggu itupun krn kepo L, yg trnyata member infinite, jg krn L main drama, akhrnya mlh ngeh ada mblaq, 2pm...kirain suju aja, mklum bkn kpopers..tau suju jg krn siwon main drama, tau fx krn krystal main heirs... sdh bnr deh wajah d atas...awalnya emg krn visual group. Stlh itu mau pindah bias ya tinggal selera,heheheh

    ReplyDelete
  5. Betul sekali
    ngeh kpop baru beberapa minggu itupun krn kepo L, yg trnyata member infinite, jg krn L main drama, akhrnya mlh ngeh ada mblaq, 2pm...kirain suju aja, mklum bkn kpopers..tau suju jg krn siwon main drama, tau fx krn krystal main heirs... sdh bnr deh wajah d atas...awalnya emg krn visual group. Stlh itu mau pindah bias ya tinggal selera,heheheh

    ReplyDelete