Big

Even if you say that you erased it, it doesn’t go away that easily. Love doesn’t remain in memories, it remains in the heart. No matter where you are or what you’re doing, not through memories, but through my heart I will find you.” –Gil Choong Sik (Big, 2012)

I saw you sitting there and crying. If I had known you were crying because of me, I wouldn’t have turned back then.” –Kang Kyung Joon (Big, 2012)

I kept telling you not to, but you kept coming to me. Messing around, singing to me, and blowing air to me, and you got me flowers and stuff like that. So I got shaken, and so I fell over.” –Gil Da Ran (Big, 2012)


Bagaimana jadinya apabila roh bocah lelaki berusia 17 tahun terjebak dalam tubuh seorang pria dewasa berusia 30 tahun? Bayangkan betapa repot dan membingungkannya kondisi tersebut. Ini terjadi dalam serial drama Korea Selatan berjudul “Big”. Kang Kyung Joon (Shin Won Ho) adalah siswa pindahan dari Amerika Serikat. Pada hari pertamanya bersekolah, di perjalanan ia tak sengaja bertemu dengan Gil Da Ran (Lee Min Jung), yang ternyata adalah guru magang di sekolahnya. Da Ran adalah seorang wanita yang polos dan ceria, sehingga menarik perhatian Kyung Joon sejak pertama kali lelaki itu melihatnya. Wanita itu bertunangan dengan seorang pria tampan yang mapan dan berprofesi sebagai dokter, Seo Yoon Jae (Gong Yoo).
Kyung Joon adalah bocah yang terlihat cuek diluarnya, namun sebenarnya ia hanyalah anak lelaki biasa yang kesepian karena ia hidup sendirian. Ibunya telah meninggal dan sedari kecil ia tak memiliki ayah. Karena ia tertarik dengan kepolosan Da Ran yang lucu, Kyung Joon selalu mengerjai wanita itu, termasuk ketika wanita itu selalu bersikap pasrah saat tunangannya membatalkan janji pertemuan dengan alasan sibuk. Pada suatu hari, Kyung Joon dan tunangan Da Ran, Yoon Jae, terlibat dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Da Ran yang kaget dengan berita kecelakaannya segera menuju rumah sakit. Namun ketika ia menemui Yoon Jae, ia justru tambah dikagetkan dengan kenyataan bahwa roh Kyung Joon lah yang kini berada di dalam tubuh tunangannya. Sementara tubuh Kyung Joon sendiri terbaring koma, dengan roh Yoon Jae di dalamnya.
Alhasil, dimulai petualangan hidup Kyung Joon di dalam tubuh Yoon Jae. Hanya Da Ran seorang yang tahu mengenai fakta pertukaran roh ini, sehingga orang-orang melihat Kyung Joon sebagai Yoon Jae, bukan Kyung Joon sendiri. Termasuk Lee Se Young (Jang Hee Jin), mantan kekasih Yoon Jae yang juga bekerja sebagai dokter di rumah sakit yang sama. Melalui Kyung Joon yang berada dalam tubuh Yoon Jae, Da Ran mendapati bahwa ternyata wanita itu masih mengejar-ngejar tunangannya. Sementara itu, masalah lain mulai muncul ketika Jang Ma Ri (Bae Suzy), sahabat Kyung Joon dari Amerika Serikat, datang ke Korea Selatan. Gadis cantik yang enerjik itu rupanya terobsesi pada Kyung Joon. Bahkan saking ia mengenal lelaki itu, perlahan Ma Ri menyadari bahwa sikap Yoon Jae terlalu mirip dengan Kyung Joon, bahkan cenderung sama.
Menjalani hidup sebagai Yoon Jae, Kyung Joon pun semakin banyak menghabiskan waktu dengan Da Ran. Selain karena wanita itu adalah satu-satunya orang yang mengetahui kenyataan yang sebenarnya, tubuh yang rohnya tempati kini adalah tubuh tunangan wanita itu. Namun, lambat laun lelaki itu justru jatuh cinta kepada Da Ran, bukan sebagai Yoon Jae, melainkan sebagai Kyung Joon. Lalu bagaimana dengan Da Ran sendiri? Wanita itu mencoba meluruskan hati dan pikirannya, namun perasaannya selalu berkata lain, dan itu menyakitkannya. Ia pun perlahan jatuh hati kepada Kyung Joon. Dengan kenyataan pelik ini, kemanakah takdir akan membawa Kyung Joon dan Da Ran? Lalu apakah pada akhirnya roh Kyung Joon dan Yoon Jae dapat kembali ke tempatnya masing-masing? Lalu apabila itu terjadi dan Yoon Jae terbangun dari koma, siapa yang akan Da Ran pilih untuk perjuangkan pada akhirnya?
“Big” adalah serial drama komedi romantis terbaru garapan Hong bersaudara, yaitu Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Hong bersaudara terkenal sebagai pencetak hits serial drama Korea Selatan, seperti “Sassy Girl Choon-Hyang”, “My Girl”, “You’re Beautiful”, “My Girlfriend is a Gumiho”, dan lain-lain. Serial ini ditayangkan di stasiun televisi KBS pada bulan Juni hingga Juli 2012. Meskipun mengecewakan dalam hal rating, serial berjumlah 16 episode ini memiliki plot dan karakter cerita yang sangat jauh dari kata mengecewakan. Tidak ada karakter yang tidak unik dalam cerita ini. Bahkan setiap karakter pendukung memiliki khasnya masing-masing yang menghibur. Terutama adik dari Gil Da Ran, Gil Choong Sik (Baek Sung Hyun), yang selalu mengejar-ngejar cinta Ma Ri.
Salah satu kekuatan cerita karya Hong bersaudara terletak pada imajinasinya yang melanglang buana menembus batas, yang juga tergambar dengan baik dalam serial “Big”. Selain itu, setiap karakter pendukung memiliki cerita yang menarik dan lucu, tak kalah dengan kisah karakter utamanya sendiri, tetapi juga tidak lantas mematikan kisah karakter utamanya. Hong bersaudara menyajikan cerita karakter pendukung dengan porsi yang pas. Pemilihan pemeran untuk setiap karakter ini juga sangat tepat. Aktor tampan Gong Yoo membawakan peran Kang Kyung Joon dan Seo Yoon Jae dengan sangat brilian. Penonton dapat merasakan penjiwaan yang berbeda ketika ia menjadi Kang Kyung Joon dan Seo Yoon Jae, meski dengan tubuh yang sama.


I’m not so sure why, but this drama series got me so. Meskipun banyak penonton yang mengeluhkan ending dari serial drama ini, but for me the ending is just perfect. Melalui ending yang setengah-menggantung, Hong bersaudara menyediakan ruang bagi para penonton untuk berinterpretasi dan menamatkan cerita ini sesuai dengan kehendak masing-masing. Selain itu, Hong bersaudara rupanya telah mempersiapkan banyak kejutan dan twist dalam serial ini. Termasuk latar belakang dibalik tertukarnya roh Kang Kyung Joon dan Seo Yoon Jae yang rupanya bukan kebetulan semata, karena sesungguhnya tak ada sesuatu yang kebetulan di dunia ini. “Big” memberikan nuansa segar dalam dunia serial drama. Serial ini lucu, mengharukan, dan sarat akan makna, sebuah paket lengkap dalam sajian menu serial drama. Well, even though I don’t know why I’m so into this series, there’s no need for reason to love something, right? Because it’s something you can’t say, but you can feel.

Since you know me, even if I disappear, can you remember that I was here? Please don’t erase me away.” –Kang Kyung Joon (Big, 2012)




Share:

0 komentar