The Korea's Sweetheart

Even so, I think I can do better now. Looking at my works in the past, I can see that I’ve imitated some parts. Now that I’m older and have more vision, I have more concerns. Don’t people get wiser the more they are concerned?” –Son Ye Jin


Son Ye Jin, lahir pada tanggal 11 Januari 1982 di kota Daegu, adalah salah satu aktris cantik berbakat nan seksi dan multi talented yang dimiliki oleh Korea Selatan. Ye Jin is all-in-one packaged. She can be smart, sexy, sweet, nice and cute at the same time. Dia sanggup memerankan segala peranan dengan sangat baik, mulai dari peran gadis manis polos baik-baik, hingga gadis dengan sex appeal yang kuat dan sangat menggoda. Wanita berusia 30 tahun ini telah memenangkan puluhan penghargaan, tidak hanya dalam berbagai ajang bergengsi di Korea Selatan saja, melainkan juga dari berbagai ajang festival film internasional. Kemampuan aktingnya tidak diragukan lagi. She’s a truly Korea’s one of a kind.
Son Ye Jin memulai debut aktingnya pada tahun 2000 melalui peran pendukung dalam film “Secret Tears”. Segera pada tahun berikutnya, 2001, ia tampil sebagai pemeran utama dalam serial drama “Delicious Proposal” dan “Sun Hee and Jin Hee”. Nama Ye Jin semakin dikenal oleh khalayak Korea Selatan. Pada tahun 2002 ia membintangi serial drama “Great Ambition”, serta film “Chi Hwa Seon” dan “Lover’s Concerto”. Dalam “Lover’s Concerto” Ye Jin beradu akting dengan aktor kawakan Cha Tae Hyun. Film ini meraih sukses dan merajai box office Korea Selatan, seiring dengan melambungnya nama Ye Jin di dunia perfilman negeri itu.


Pada tahun 2003, Son Ye Jin bermain dalam film “The Classic”, sebuah drama yang ditangani oleh sutradara yang sama dari film sukses “My Sassy Girl”. Film ini pun meraih kesuksesan besar, tidak hanya di Korea Selatan saja, tetapi juga di Hong Kong dan Cina. Pada tahun yang sama ia juga berakting dalam film “Crazy First Love”, serta serial drama “Summer Scent”. Serial drama ini merupakan rangkaian drama musim dari sutradara yang sama dengan serial “Winter Sonata” dan “Autumn Love Story”, semakin mengukuhkan posisi Ye Jin sebagai hallyu star (sebutan untuk para musisi dan sineas yang turut andil dalam penyebaran Korean wave di Asia dan dunia).
Dua film Son Ye Jin berikutnya merupakan hits besar di Asia, yaitu “A Moment to Remember” pada tahun 2004, dan “April Snow” pada tahun 2005 yang sangat populer di Jepang dan Cina. Menanggalkan image sebelumnya sebagai gadis baik-baik, ia bermain dalam film “The Art of Seduction” pada tahun 2005. Tahun 2006 Ye Jin melakukan comeback ke layar kaca dengan berakting dalam serial drama “Alone in Love”. Kembali menantang dirinya dengan peran-peran yang agak kontroversial, pada tahun 2008 Ye Jin tampil brilian dalam serial “Spotlight”, film “Open City” dan “My Wife Got Married”, yang membawanya untuk meraih berbagai penghargaan di ajang bergengsi, termasuk sebagai Best Actress dalam ajang Blue Dragon Film Awards.


Son Ye Jin berakting dalam film misteri “Into the White Night” pada tahun 2009. Setahun kemudian ia kembali melakukan comeback di layar kaca melalui sebuah serial drama komedi romantis berjudul “Personal Taste”, dimana ia beradu akting dengan aktor tampan Lee Min Ho. Pada tahun 2011, Ye Jin membintangi sebuah film komedi romantis dengan bumbu horor di dalamnya, “Spellbound” (juga dikenal dengan judul “Chilling Romance”). Dalam film ini Ye Jin beradu akting dengan aktor Lee Min Ki, yang kemudian mereka berdua tampil bersama sebagai bintang tamu dalam variety show “Running Man” episode 70. Penampilan ini merupakan penampilan pertama Ye Jin sepanjang karirnya di dunia perfilman Korea dalam sebuah program acara variety show.


Sepanjang karirnya di industri perfilman Korea Selatan, Son Ye Jin telah lima kali memperoleh penghargaan Blue Dragon Film Awards untuk kategori Popularity Award, Best New Actress dan Best Actress melalui film “The Classic” dan “My Wife Got Married”. Aktris yang bersahabat dengan aktris Ha Ji Won ini juga pernah mendapatkan penghargaan dalam ajang Moscow International Love Film Festival, China Golden Rooster and Hundred Flowers Film Festival, Asia Pacific Film Festival, University Film Festival of Korea, Seoul Arts and Culture Awards, dan Asia Pacific Producers Network (APN) Awards. Tidak hanya meraih penghargaan atas kualitas aktingnya yang brilian, Ye Jin juga terkenal sebagai aktris yang stylish. Berkali-kali ia meraih penghargaan dalam bidang fashion, seperti pada ajang Asia Model Festival Awards, Korea International Jewelry and Watch Fair, Korea Fashion and Design Awards, Style Icon Awards, Korea Jewelry Awards, dan Korea Best Dresser Awards.
Dalam kehidupan sehari-hari, Son Ye Jin dikenal sebagai pribadi yang supel, ramah, ceria dan menyenangkan. Meskipun ia merupakan wanita pemalu yang canggung pada awal perkenalan, Ye Jin adalah orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Wanita yang merupakan icon dari wanita-wanita Korea modern ini telah membintangi berbagai iklan untuk produk-produk ternama. Di usianya yang menginjak kepala tiga ini ia masih betah hidup melajang. Dalam suatu wawancara Ye Jin mengaku bahwa ia ingin menikah, namun untuk saat ini ia memang belum menemukan seseorang yang ia inginkan untuk menjadi pendamping hidupnya. Bukan berarti terlalu pemilih, katanya, tetapi membintangi banyak film rupanya membuatnya berpikir berulang kali ketika itu menyangkut masalah percintaan. Mungkin terdengar konyol, tetapi dulu ia ingin kisah percintaannya seperti di film-film, namun seiring berjalannya waktu kini ia menjadi lebih realistis.


Sejak kecil, Son Ye Jin telah memiliki paras ayu yang alami. Hingga saat ini ia tidak menjalani operasi plastik sekalipun. Ini terungkap pada saat ia diwawancarai oleh salah satu program stasiun televisi yang mengungkapkan foto-foto Ye Jin dari semasa kecil dan remaja. Saat ini, film terbaru Ye Jin, “Tower”, yang merupakan remake dari film Hollywood yang rilis pada tahun 1974 berjudul “The Towering Inferno”, sedang memasuki masa paska produksi dan akan rilis sebentar lagi. Selain itu ia juga sedang terlibat dalam produksi film berjudul “Accomplice”. Sepak terjang Ye Jin di dunia perfilman Korea sepertinya akan terus berlangsung dan jauh dari kata padam. Mungkin bahkan ketika ia telah menikah kelak dan memiliki anak, ia akan tetap berakting, karena bagi Ye Jin, akting bukan hanya sekadar profesi baginya, melainkan juga passion dan dunianya. Let’s see more of her pretty face and great acting in the future! ^^

Share:

0 komentar