So Goodbye

-->
So goodbye to the lonely me who once hide in the dark.” –SHINee Jonghyun, So Goodbye (OST. City Hunter)


Pada tahun 2011, stasiun televisi Korea Selatan, SBS, menayangkan sebuah serial drama berjudul “City Hunter”. Serial yang merupakan adaptasi dari sebuah manga karya Tsukasa Hojo ini diperankan oleh aktor Lee Min Ho dan aktris Park Min Young sebagai pasangan tokoh utamanya. Sebuah lagu soundtrack berjudul “So Goodbye” dibuat khusus untuk mengiringi kisah percintaan yang tragis diantara kedua tokoh yang diperankan oleh Min Ho dan Min Young. Lagu ballad yang dibawakan oleh Jonghyun, salah satu personel SHINee, ini merupakan salah satu lagu soundtrack “City Hunter” yang paling memorable dan berkesan. 
“So Goodbye” menyiratkan perasaan yang dimiliki tokoh Lee Yoon Seung (diperankan oleh Lee Min Ho) kepada wanita yang dicintainya, Kim Na Na (diperankan oleh Park Min Young). Karakter Lee Yoon Seung dalam kisah “City Hunter” ini adalah seorang pemuda yang ‘menghukum’ para pejabat yang korup dengan cara dia sendiri, karena para pejabat tersebut selalu lolos dari jeratan hukum tanpa adanya bukti kejahatan yang kuat. Untuk itu, Yoon Seung menyamar menjadi seorang ‘city hunter’ yang memburu para penjahat berdasi tersebut. Latar belakang yang membuat Yoon Seung berbuat demikian adalah kehidupan masa kecilnya yang keras, serta motif balas dendam yang dipicu oleh orang yang telah membesarkannya sejak bayi. Ayah kandung Yoon Seung adalah seorang tentara Korea Selatan yang dikhianati dan dibunuh oleh negaranya sendiri. Para pejabat korup itulah yang bertanggungjawab atas kematian ayah kandung Yoon Seung. Sahabat ayahnya yang membesarkan Yoon Seung, menanamkan keyakinan pada diri pria itu bahwa ia harus membalaskan dendam kematian ayahnya. Karena itulah, Yoon Seung sedari kecil tumbuh dengan kehidupan dan didikan yang keras dari sahabat ayahnya.


Ketika dewasa dan tiba saatnya bagi Yoon Seung untuk menjalankan misi balas dendamnya, sahabat ayahnya yang sudah ia anggap ayah sendiri memberinya pantangan, yaitu ia tidak boleh jatuh cinta. Karena menurut sang ayah angkat, jatuh cinta hanya akan melemahkan jiwa Yoon Seung. Namun tanpa disangka, Yoon Seung bertemu dengan Kim Na Na, dan jatuh cinta kepada gadis cantik itu. Na Na memberikan sesuatu yang berbeda bagi Yoon Seung, yaitu perasaan yang selama ini tidak pernah ia rasakan sebelumnya. Karena menjalani kehidupan yang keras, Yoon Seung tidak memiliki seseorang untuk berbagi tawa dan keresahan dari hati ke hati, karena ayah angkatnya pun menjaga jarak dengannya. Maka semenjak kehadiran Na Na dalam kehidupannya, Yoon Seung merasa hidupnya menjadi jauh lebih berarti. Berkat itu pula Yoon Seung menyadari bahwa bukan dengan balas dendam hatinya akan merasa tenteram, melainkan dengan memaafkan.

Penderitaan dan luka yang ditanggung Yoon Seung seumur hidupnya seolah terhapuskan dengan kehadiran dan cinta Na Na. Bersama dengan gadis itu, ia dapat mengucapkan selamat tinggal kepada masa lalunya yang kelam. Bersama dengan gadis itu, ia akan merasa bahagia dan damai. Maka dari itu, ia sangat membutuhkan gadis itu dalam hidupnya. Lagu “So Goodbye” ini selalu diputar setiap adegan antara Yoon Seung dan Na Na. Terutama adalah ketika mereka berdua terpaksa berpisah, walaupun masih saling mencintai satu sama lain. Waktu itu Yoon Seung harus menjauh dari Na Na karena apabila mereka terus bersama, nyawa gadis itu akan terancam. Maka dari itu demi keselamatan Na Na, mereka berpisah. Namun Na Na selalu mencoba meyakinkan Yoon Seung bahwa apabila mereka bersama keadaan akan menjadi jauh lebih baik bagi mereka berdua. Sehingga pada akhirnya ia sanggup meyakinkan Yoon Seung bahwa gadis itu adalah sosok yang ia butuhkan dan inginkan untuk berada disampingnya.


Lagu ini bercerita tentang seseorang yang telah menemukan sosok yang mampu membuatnya bahagia. Sehingga meskipun ia memiliki masa lalu yang suram, itu semua menjadi tidak berarti lagi karena kini ia telah menemukan seseorang yang memberinya alasan untuk menjadi bahagia. Sosok itu mampu membuatnya mengucapkan selamat tinggal kepada keterpurukannya di masa lalu. Berkat sosok itu, ia kini tidak lagi kesepian seorang diri. Ia mampu mencintai, serta yang terpenting, ia sanggup tersenyum dan tidak menangis lagi. “So Goodbye” merupakan bagian dari album OST. “City Hunter” Part 2. Lagu ballad yang menyentuh hati ini sangat pas dinyanyikan oleh vokalis utama boyband SHINee, Kim Jonghyun. Suara Jonghyun yang berkarakter sanggup menghidupkan suasana sendu dalam lagu ini. This song is such a sweet track which copes very well with the story.

So goodbye, don’t cry and smile. For the sake of you, I will forget those exhausted years.” –SHINee Jonghyun, So Goodbye (OST. City Hunter)



* Ditulis sambil mendengarkan lagu “So Goodbye” oleh Kim Jonghyun. This sweet song is a part of a memorable drama series, “City Hunter”. I feel great to acknowledge both of them. ^^

* Lirik lagu “So Goodbye”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“So goodbye, don’t cry and smile
Gaseum sirideon sigandeul
moduda bonaejulgeoya
(Those emotionally days I will treat it as a gift and give you)
So goodbye, eodumsok oerobdeon na
(So goodbye to the lonely me who once hide in the dark)
Nan naega piryohae, I need your love again
(I need you, I need your love again)

Maeil tto geuraewat deusi
(Just like waiting for tomorrow to come)
Apeun sangcheowa seulpeun gieokeul jiwogadeon na
(Leaving the aching wound and sad recollection of me)
Neol cheoeum bon geu sungane nan
(The impression of seeing you for the first time)
Meomchundeuthaetgo nan neoman boyeosseo
(As if the time has stopped, my eyes has got only you)

Geochinsiryeone muneojyeo gajiman
(Although there is setback)
Huhoeneun eobseul geot gata
(I will have no regrets)
Dununeul gameumyeon ni sumgyeori neukkyeojyeo
(I could feel you breathing while closing my eyes)
Ijeneun nan useul su isseo
(So that now I could smile)

So goodbye, don’t cry and smile
Himgyeobdeon sigandeul neol wihaeseo neol wihae ijeobolkkeoya
(For the sake of you, I will forget those exhausted years)
So goodbye, eodumsok oerobdeon na
(So goodbye to the lonely me who once hide in the dark)
Nan naega piryohae, I need your love again
(I need you, I need your love again)

Nan naega piryohae, I need you for my love
(I need you, I need you for my love)

Share:

0 komentar