Painful


I know nothing but only you, I don’t know how to say goodbye. I couldn’t love anyone else. I can’t let you go, tears are running down my face like crazy. I’m calling your name again and again.” –Dong Woo, Painful (OST. Wild Romance)



Aktor tampan Lee Dong Wook pada tahun 2012 ini melakukan comeback setelah kembali dari wajib militer. Ia bermain dalam serial drama berjudul “Wild Romance” bersama aktris serba bisa Lee Si Young sebagai lawan mainnya. Serial yang ditayangkan di stasiun televisi KBS pada bulan Januari hingga Maret 2012 ini memiliki sebuah lagu soundtrack yang sangat menawan hati karena keindahannya. Lagu tersebut berjudul “Painful”, juga dikenal dengan judul “Does It Hurt”, yang dinyanyikan oleh Dong Woo, seorang penyanyi solo pria asal Korea Selatan.

Lagu ballad nan sendu ini pertama kali muncul pada episode pertengahan serial “Wild Romance”. “Painful” menggambarkan kondisi emosional yang terjalin antara tokoh utama Yoo Eun Jae (diperankan oleh Lee Si Young) dengan tokoh Park Moo Yeol (diperankan oleh Lee Dong Wook). Ceritanya, Eun Jae yang merupakan bodyguard yang disewa untuk melindungi atlet baseball profesional yang berbakat namun penuh kontroversi, Moo Yeol. Hubungan mereka berdua yang tadinya bagaikan kucing dan anjing yang selalu bertengkar dan tidak pernah akur, perlahan-lahan justru berubah ke arah sebaliknya. Berkat kebersamaan mereka, lambat laun mereka saling menumbuhkan perasaan sayang untuk satu sama lain, meskipun pada awalnya mereka masing-masing selalu menyangkal perasaan tersebut.


Namun ketika Eun Jae pada akhirnya yakin terhadap perasannya kepada Moo Yeol, datanglah sesosok mantan kekasih pria itu dari masa lalu. Adalah Kang Jong Hee (diperankan oleh SNSD Jessica), mantan kekasih Moo Yeol yang telah pergi selama delapan tahun tanpa kabar sekalipun, akhirnya kembali ke Korea Selatan dan mencoba menjalin hubungan kembali dengan pria itu. Selama delapan tahun perpisahan mereka tersebut, Moo Yeol tidak pernah melupakan Jong Hee, cinta pertamanya, karena ia tidak sanggup dan tidak ingin. Rupanya Jong Hee pun masih menyimpan perasaan untuk Moo Yeol, karena mereka berdua dulu berpisah bukan karena sudah tidak saling mencintai lagi, melainkan karena terpaksa.

Kondisi ini kemudian menimbulkan kegalauan pada diri Moo Yeol. Jong Hee justru datang kembali ketika ia telah mulai memberikan perasaannya kepada Eun Jae. Namun pesona masa lalu sempat menyilaukan Moo Yeol, sehingga ia pun terjebak dalam kebimbangan, antara menerima tawaran Jong Hee untuk kembali bersamanya atau mengejar cinta Eun Jae yang selama ini telah mendampinginya dengan setia. Moo Yeol memerlukan waktu untuk memikirkan apa yang sebenarnya hatinya rasakan, inginkan dan butuhkan untuk saat itu. Kondisi ini pun menjerat Eun Jae ke dalam pusara kesedihan. Setiap kali ia melihat Moo Yeol bersama dengan Jong Hee, hatinya serasa teriris perih. Apalagi kemudian Moo Yeol menjadikan Eun Jae sebagai bodyguard Jong Hee karena keamanan gadis itu terancam. Perasaan terluka Eun Jae inilah yang menjadi gambaran utama kisah lagu “Painful”. Lagu ini mewakilkan perasaan Eun Jae kepada Moo Yeol, karena kondisi yang ia rasakan berkat rasa cintanya kepada pria itu serta kehadiran cinta lamanya, Jong Hee.


Bagaikan sekeping mata uang, cinta selalu memiliki dua sisi, suka dan duka, senang dan sedih, tawa dan tangis, bahagia dan luka. Semua itu datangnya dalam satu paket bernama cinta. “Painful” mengisahkan tentang perasaan seseorang yang merasakan sakit dalam proses ia mencintai. Ia terluka karena setiap saat mendambakan sosok yang dicintainya tersebut. Ia terluka karena rasa yang terlampau dalam kepada orang tersebut. Ia terluka karena merasa cintanya kepada orang tersebut tidak berbalas. Namun, meskipun ia terluka, ia tidak sanggup menghentikan perasaannya sendiri kepada orang tersebut. Ia tidak sanggup berhenti mencintainya. Ia tidak mampu mengucapkan selamat tinggal kepadanya. Ia tidak dapat mencintai orang lain lagi. Matanya hanya sanggup melihat sosoknya. Telinganya hanya mampu mendengar suaranya. Dihatinya hanya ada orang tersebut.

Meskipun rasanya sangat menyakitkan, ia memendam itu semua di dalam hati. Ia berusaha keras untuk tidak menunjukkan kesakitannya di hadapan orang yang dicintainya. Pada saat yang bersamaan, walaupun itu menyiksanya, ia tidak dapat melepaskan perasaan tersebut, tidak pula sanggup melepaskan orang itu. Meskipun merasa tersakiti, ia tidak ingin berhenti mencintai orang tersebut. Pada akhirnya, ia justru merasa bersalah atas perasaannya sendiri karena mencintainya. Terjebak dalam kondisi yang menyakitkan seperti ini memang tidak mengenakkan, namun ia tidak dapat mengelak darinya. Terkadang kita tidak sanggup mengontrol perasaan kita sendiri. Sekalinya hati kita telah tertambat pada seseorang, maka akan susah untuk melepaskannya, meskipun tambatan tersebut melukai kita. Meskipun bertepuk sebelah tangan, hanya dengan mencintainya satu sisi saja sudah cukup bagi kita, walaupun menyakitkan.

“Painful” is a beautiful ballad song. Suara merdu Dong Woo menyatu dengan apik dalam lagu sendu ini. Begitu juga dengan musik yang mengiringinya, petikan gitar akustik dan gesekan biola yang merdu di telinga. Lagu yang merupakan bagian dari album OST. “Wild Romance” Part 5 ini dirilis pada tanggal 9 Februari 2012. This song is blended perfectly with the story of “Wild Romance”. It really represents the feeling and tense betweenand Moo Yeol during their toughest time with Jong Hee comes in between them. I really love this bitter-sweet song. It’s really a heartbreaking one. :’) Eun Jae

I’m keeping my sorrow inside, even if it’s painful. Can’t I love you again? I’m sorry, I’m sorry for loving you.” –Dong Woo, Painful (OST. Wild Romance)







* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Painful” oleh Dong Woo. Terima kasih sangat untuk Nofi Satur unnie, penggemar berat serial “Wild Romance” yang juga sangat menyukai lagu soundtrack-nya ini. Jika bukan karena dia, aku mungkin tidak akan setertarik itu untuk menonton serial ini. Gamsa hamnida, unnie~ ^^

* Lirik lagu “Painful”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Apeulkka apeulkka
(Does it hurt? Does it hurt?)
Naega neoreul saranghandamyeon
(Does it hurt so much if you love me?)
Harudo sucheonbeonssik geuriume
(Thousand of times a day I long for you)
Apeugetji
(It’s very painful)

Geojitmal geojitmal
(You lied, you lied)
Nareul saranghandaneun geu mal
(When you said that you love me)
Du nuni bol su eobseo
(Since I can see nothing in your eyes)
Nan ni maeumeul al suga eobseo
(I can see nothing in your heart too)

Nan neobakke mollaseo ibyeoreul mollaseo
(I know nothing but only you, I don’t know how to say goodbye)
Dareun nugul saranghaji motae
(I couldn’t love anyone else)
Neol bonael su eobseoseo nunmuri michyeoseo
(I can’t let you go, tears are running down my face like crazy)
Jakku ni ireumman bureujanha
(I’m calling your name again and again)
Jogeumman seulpeohago jogeumman apeugo
(I’m keeping my sorrow inside, even if it’s painful)
Dasi saranghamyeon andoegenni
(Can’t I love you again?)
Mianhae mianhae saranghaeseo
(I’m sorry, I’m sorry for loving you)

Du nun tteugo gwireul yeoreobwado
(Even with both my eyes and ears are wide open)
Nan neobakke moreujanha
(I know only you out there)
Naneun neoreul nohajul su eopde
(I will never let you go, I can’t)
Saranghae saranghae
(I love you, I love you)”

Share:

0 komentar