Falling



I think I have fallen in love, my heart pound every time I see you. It’s hardly to say from when, my heart is thrilled, but now it starts to gradually hurt. You never know my heart, so today I smile again as you coming up to me. But I can’t say anything to you so I just look at you.” –J.Y. Park, Falling (OST. Dream High 2)


Penyanyi solo sekaligus produser musik kawakan, Park Jin Young, menyanyikan sebuah lagu soundtrack untuk sekuel drama “Dream High 2”. Selain turut berakting dalam serial drama yang juga diproduseri olehnya itu, Park Jin Young yang kini memiliki nama panggung J.Y. Park ini juga menciptakan sebuah lagu berjudul “Falling” khusus untuk soundtrack serial drama tersebut. “Dream High 2” ditayangkan oleh stasiun televisi KBS pada awal tahun 2012, yaitu bulan Januari hingga Maret kemarin. Serial ini merupakan sekuel dari serial “Dream High” yang ditayangkan pada tahun 2011 lalu, namun tokoh-tokoh utama di dalamnya berbeda, meskipun memiliki latar belakang cerita yang sama. Lagu berjudul “Falling” ini diciptakan dan dinyanyikan langsung oleh J.Y. Park untuk melukiskan gambaran perasaan jatuh cinta yang dialami oleh anak-anak muda yang menjadi tokoh dalam serial “Dream High 2”.

Kisah utama dalam serial “Dream High 2” berkutat diantara empat tokoh, yaitu Shin Hye Sung (diperankan oleh Kang Sora), JB (diperankan oleh Im Jaebum), Jin Yoo Jin (diperankan oleh Jinwoon) dan Ri Ahn (diperankankan oleh Jiyeon). Mereka berempat terlibat dalam cinta segiempat yang cukup rumit. JB dan Ri Ahn adalah sepasang mantan kekasih yang sepertinya masih saling menyayangi. Namun rupanya perlahan JB mulai jatuh cinta kepada Hye Sung. Sementara itu Yoo Jin juga telah lama memendam perasaan cintanya kepada Hye Sung. Pada saat yang bersamaan, Ri Ahn masih berharap bahwa hubungannya dengan JB dapat kembali seperti dulu. Lalu bagaimana dengan Hye Sung? Meskipun memiliki Yoo Jin sebagai sahabat baik yang selama ini selalu ada disampingnya, di dalam hatinya hanya ada JB. Selain itu, dua tokoh utama lainnya dalam serial ini juga memiliki kisah yang tak jauh beda. Nana (diperankan oleh Hyorin) dan Si Woo (diperankan oleh Park Seo Joon), saling tertarik satu sama lain.


Yoo Jin jatuh cinta kepada Hye Sung, namun tidak berani mengungkapkan perasaannya, sehingga ia hanya memperlakukan gadis itu seperti teman dekat biasa. Hye Sung jatuh cinta kepada JB, namun ia tidak berani menunjukkannya, sehingga ia hanya memandangi sosok lelaki itu dari kejauhan dengan perasaan yang semakin membelitnya. JB jatuh cinta kepada Hye Sung, namun ia tidak berani mengatakannya, karena ia sendiri belum merasa yakin atas perasaannya kini kepada mantan kekasihnya. Ri Ahn jatuh cinta kepada JB, namun ia tidak berani menyampaikannya, karena ia tidak ingin merusak hubungan baik yang telah ia bina dengan mantan kekasihnya itu selama ini. Nana jatuh cinta kepada Si Woo, begitu juga dengan Si Woo jatuh cinta kepada Nana. Namun rasa gengsi Si Woo yang terlampau besar dengan sifat impulsif Nana membuat mereka sukar bersatu. Mereka semua merasa jatuh cinta, namun masing-masing menemui hambatan dalam mengungkapkannya. Inilah yang digambarkan oleh lagu “Falling”.
 


“Falling” menggambarkan perasaan manis seseorang yang sedang jatuh cinta, namun tidak berani untuk mengungkapkan perasaannya. Alih-alih mengatakan isi hatinya kepada orang yang dicintainya, ia hanya diam mengamati orang tersebut, menjadi teman dekatnya, dengan perasaan yang semakin membuncah tanpa tahu harus berbuat apa dengan perasaannya itu. Kisah seseorang yang sedang jatuh cinta yang kerap dialami oleh anak-anak muda yang tidak tahu harus berbuat apa dengan perasaannya. Ia tidak menyadari sejak kapan, namun hatinya mulai bergetar hebat setiap kali ia bertemu dengan orang itu. Bahkan hanya dengan melihat orang itu dari kejauhan saja sudah sanggup membuat jantungnya berdebar-debar tak karuan. Kondisi membuat hatinya sesak dan sakit karena ia tak sanggup mengungkapkan perasaannya kepada orang itu.
 















Ketika kita jatuh cinta, tidak akan semudah itu bagi kita untuk mengatakan perasaan kita yang sebenarnya. Berbagai rangkaian kata demi kata, kalimat demi kalimat, mungkin telah tersusun rapi dalam pikiran dan benaknya, namun ketika itu semua akan meluncur keluar, tiba-tiba mulut dan lidahnya terkunci rapat, membeku dan kaku. Ia sungguh buta akan apa yang harus ia lakukan. Ia hanya mampu memendamnya, seiring dengan bertambah dalamnya perasaan tersebut, dari hari ke hari. Ia tahu ia tidak dapat terus hidup seperti itu. Cepat atau lambat ia harus mengungkapkan perasaannya, ia sadar betul akan hal itu, karena hari demi hari semakin berat ia rasakan dengan menanggung beban perasaan rahasia tersebut. Ia hanya berharap bahwa apabila ia mengatakan perasaannya kepada orang itu, kondisi pertemanan diantara mereka tidak akan berubah. Itulah yang ia takutkan, bahwa pengungkapan perasaannya akan menodai pertemanan mereka selama ini. Namun kita tidak akan pernah tahu selama tidak mencoba.
 















“Falling” dibawakan oleh J.Y. Park, yang dulu merupakan mantan personel G.O.D. Lagu ini merupakan bagian dari album OST. “Dream High 2” Part 1 yang dirilis pada tanggal 31 Januari 2012. “Falling” menempati peringkat 10 besar dalam berbagai tangga lagu di Korea Selatan, menjadi jalan pembuka yang baik bagi serial drama “Dream High 2” dan para soundtrack-nya yang bermunculan kemudian. Lagu bernuansa R’n’B dengan tempo yang slow ini sangat ear-catchy, seperti kebanyakan lagu-lagu ciptaan JYP lainnya. Namun dalam lagu ini, nuansa manis dan sendu dari perasaan seseorang yang menyimpan rasa cintanya tersirat dengan sangat apik. Sungguh tidak ada bosannya mendengar lagu ini. Suara lembut JYP dalam lagu ini berpadu indah dengan harmoni melodi yang menyenangkan. Liriknya juga tidak sembarangan, sungguh khas lagu-lagu JYP. This song is such a sweet love song with a nice rhythm and beat. What a pretty song! ^^

I cannot live the day like this, as days go by, it gets harder. So if I convey my feeling to you, your heart will change, looking at you.” –J.Y. Park, Falling (OST. Dream High 2)



* Ditulis sambil mendengarkan “Falling” oleh J.Y. Park. Terima kasih kepada seluruh kru dan pemain “Dream High 2”, karena berkat serial ini maka lagu indah ini pun tercipta. Nice work, JYP! ^^

* Lirik lagu “Falling”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Na sarange ppajineun geot kata neoreul bol ttaemada gaseumi ttwiiyeo
(I think I have fallen in love, my heart pounds every time I see you)
Eonjenkabu-teo seolle-ideon gaseumi ijen jogeumsshik apeugi shijakhae
(It’s hardly to know since when my heart got a rush, but now slowly it starts to hurt)
Neon ireon nae maeumeul mollaseo oneuldo naege useumyeo dagawah
(You don’t know how I feel, so today you smile again as you coming up to me)
Keureon neoyege naneun amureon maldo hal su eopseoseo baraman bomyeonseo
(But I can’t say anything to you, so I just look at you)

I’m falling in love shigani galsurok
(I’m falling in love as time goes on)
I’m falling in love nae maeumi jarana
(I’m falling in love my feelings are growing)
Niga eopseodo haru jongil ni saenggangman haneun na
(Even without you, I am thinking about you all day long)
Yeogiseo naneun eotteohke hamyeon choheunji
(Right here, what should I do?)

Nal paraboneun neoye nun soge nae maeumkwah gateun mami eopseoseo
(In your eyes that are looking at me, there aren’t any feelings like mine)
Ollaoneun mal kkeuteobshi samgigo samkyeo
(I endlessly swallow and swallow the words that comes up)
Keureolsurong nae maeumeun deo keojyeo
(And the more I do that, the more my feelings get greater)

Ireohke chinaejil mothal keot gateunde nari kalsurok himdeureojyeo kaseo
(I don’t think I can live this way, as days go by it gets harder)
Hokshi nae mami jeonhaejimyeon neoye geu maeumdo tallajijin anheulji baraebomyeo
(So if my heart reaches out to you, I hope your heart won’t change as well)”

Share:

0 komentar