This Song

The only thing I can give is this song. All I have is this voice. Even if this makes you laugh, but I still sing. I hope you accept it.” –2AM, This Song



Ketika kita mencintai seseorang dengan setulus hati, tetapi kita tidak sanggup memberikan harta benda apapun padanya. Ketika kita menyayangi seseorang dengan sepenuh jiwa, tetapi kita tidak dapat membawa kesenangan materi padanya. Ketika kita mencintai seseorang yang telah memiliki segalanya, kekayaan dan materi berlimpah, sementara kita adalah orang yang tidak mempunyai apapun yang mampu mengimbanginya. Dengan kondisi tersebut, orang tersebut masih mau bersama dengan kita, dan menerima cinta kita. Perasaan ini tergambar dengan manis dalam sebuah lagu berjudul “This Song” yang dibawakan oleh 2AM.
Lagu ini mengisahkan tentang seorang yang jatuh cinta kepada seorang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi darinya. Hal ini membuatnya merasa ia tidak pantas untuk orang itu. Karena ia tidak bisa memberikan apa yang selayaknya seorang kekasih berikan untuk pasangannya. Hadiah yang mahal, makanan yang enak, kendaraan yang bagus untuk berkencan, dan sebagainya. Karena mereka juga tidak bisa melakukan apa yang biasanya sepasang kekasih lakukan. Bepergian ke tempat yang jauh, berwisata ke tempat yang indah, dan sebagainya. Namun di luar itu semua, orang yang dicintainya itu tetap mau bersamanya.
Meskipun orang yang dicintainya itu tahu risiko yang ia dapatkan jika memilih untuk bersamanya, orang itu tetap bersamanya. Dia tetap merasa sedih atas ketidakmampuannya. Karena ia tahu bahwa pada dasarnya kekasihnya pasti menginginkan itu semua seperti layaknya sepasang kekasih pada umumnya. Walaupun kekasihnya mengatakan bahwa ia baik-baik saja, bahwa ia merasa bahagia, bahwa kehadiran orang itu sudah cukup baginya, bahwa ia tidak menginginkan hal yang lebih lagi. Dia tetap ingin mempersembahkan sesuatu untuk kekasihnya itu.
Untuk itulah, dia menciptakan sebuah lagu. Hanya lagu dan suaranya yang dapat ia persembahkan kepada sang kekasih. Meskipun mungkin itu semua membuat orang yang dicintainya tertawa, ia tidak akan berhenti menyanyikan lagu itu untuk menghiburnya. Karena lagu itu adalah sebuah bentuk ketulusan hati dan cintanya. Dan memang itulah yang selama ini dilihat dan dirasakan oleh kekasihnya. Ketulusan. Itulah yang membuat kekasihnya tetap berada di sisinya. Harta adalah salah satu cobaan terberat dalam sebuah hubungan. Cinta yang tulus sejatinya akan terus mendampingi kala susah dan senang. Meskipun kondisi serba kesulitan, setidaknya mereka melaluinya bersama berdua.

“This Song” adalah lagu debut 2AM, a ballad vocal group dengan empat orang anggota, Jo Kwon, Changmin, Seulong dan Jinwoon. Lagu ini mereka tampilkan dalam panggung debut mereka pada tanggal 11 Juli 2008. Pada tanggal 21 Juli 2008, sebuah single album pertama mereka dengan judul “This Song” dirilis. Sebuah lagu manis bermakna dalam ini dikemas dalam alunan melodi yang indah dan menyentuh perasaan. Ketulusan dapat dirasakan melalui vokal keempat personel 2AM. Sebuah music video (MV) yang berisi kisah perjuangan para personel 2AM selama masa training hingga debut mereka dibuat untuk lagu ini. MV tersebut terasa menyatu dengan lagu ini, karena menggambarkan bahwa 2AM mempersembahkan lagu ini untuk para fans mereka.
Lagu pop ballad bertempo slow ini ditampilkan dalam serial “Dream High 2” sebagai soundtrack. Dalam serial tersebut, lagu ini dinyanyikan oleh seorang siswa Kirin Art School yang sedang menjenguk teman sekolah yang dicintainya di rumah sakit. Gadis itu sedang sakit namun si lelaki tidak dapat membawakan macam-macam barang mewah untuk menghiburnya, karena itu ia membawa sebuah gitar dan menyanyikan lagu ini untuk gadis itu. Sewaktu melihat adegan tersebut, beserta arti lirik lagu yang ditampilkan, saya langsung merasa terenyuh. This sweet song has a very deep meaning. It’s so touching and heart-breaking. :’)

I only have this song. I really have nothing but this voice. I don’t know if this will make you laugh, but I still sing. I hope you accept it.” –2AM, This Song





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “This Song” oleh 2AM. Ketika pertama kali mendengar lagu indah ini saya tidak terlalu ambil pusing untuk mencari tahu arti liriknya. Terima kasih kepada serial drama “Dream High 2” yang telah menunjukkan pada saya bahwa lirik lagu ini memiliki arti yang sangat menyentuh. :’)

* Lirik lagu “This Song”. Lirik lagu berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Yeppeun mokgeorreul sajugo shipjjiman
(Even though I want to buy you a pretty necklace)
Meotjjin chareul taewo jugo shipjjiman
(Even though I want to take you out on a ride in a nice car)
Yeppeun oseul ipyeo jugo shipjjiman o nan
(Even though I want to dress you in nice clothes, oh I)
Joeun gose deh ryeogago shipjjiman
(Even though I want to take you to nice places)

Jumeoni eh neoeun sonen japineun ge eomneunde
(This hand that I put inside my pocket grabs nothing)
Eotteoke neol jabeul suga isseo
(How could I deserve you?)
Nae saenghwareun neoege eo ulliji anneunde
(Even my position doesn’t suit you)
Geuraedo nae gyeote isseo jugenni
(But out of anything, you stay by my side)

Jul su inneunge I norae bakke eoptta
(The only thing I can give is this song)
Gajin georagon I mokssori bakke eoptta
(All I have is this voice)
Ige neol utkke mandeul sun isseuljji moreujiman
(Even if this makes you laugh)
Geuraedo bulleo bonda niga bada jugil barae bonda
(But I still sing, I hope you accept it)

Neoneun gwaenchandago mareul hajiman
(Even if you say it’s okay)
Naman isseumyeon dwendago hajiman
(Even if you say it’s enough if you have me)
Haengbokadago neul malhae jujiman neoneun
(Even if you say you’re happy everyday, oh you)
Deo baraneun ge eopttago hajiman
(Even if you say you don’t what anything more)

Yeppeugo joeun geotdeul jaemitkko meotjjin ildeul
(Pretty things, good things, fun things, cool things)
Neodo bunmyeonghi hago sipjjana baby
(You obviously want to do those things too, baby)
Nae gyeote isseo jumyeon motaneun geol aljjana
(You know that if you’re with me I can only do these things)
Geuraedo nae gyeote isseo jugenni
(But out of anything, you still stay by my side)

I norae bakke eoptta
(I only have this song)
Jeongmal gajinge i mokssori bakke eoptta
(I really have nothing but this voice)
Ige neol utkke mandeul sun isseuljji moreujiman
(I don’t know if this will make you laugh)
Geuraedo bulleo bonda
(But I still sing)
Niga bada jugil barae bonda
(I hope you accept it)”

Share:

0 komentar