Our School's English Teacher

I could be failed and embarrassed, but I couldn’t give up. I’m their teacher, and they need me.” –Chun Seung Gun (Our School E.T, 2008)



Chun Seung Gun (Kim Soo Ro) adalah seorang guru olahraga di salah satu SMA di Korea Selatan. Sekolah tempat ia mengajar tergolong sekolah yang bagus dan ternama. Ia dulu bersekolah di sana dan mantan gurunya sekarang telah menjadi Kepala Sekolah sehingga ia dapat bekerja di sana. Namun Seung Gun bukanlah guru biasa. Ia adalah guru yang baik hati dan sangat mempedulikan murid-muridnya. Baginya, sekolah bukan sekadar tempat menimba ilmu-ilmu pengetahuan, melainkan juga tempat belajar ilmu-ilmu kehidupan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dan mau menerima kebaikannya itu tanpa menyalahartikannya, karena ia memiliki cara yang unik dalam mengajari murid-muridnya.
Seung Gun selalu membantu murid-murid yang mengalami ‘kesusahan’. Baik itu secara finansial maupun kepribadian. Diantaranya adalah Jung Koo (Baek Sung Hyun), seorang siswa yang doyan berkelahi. Seung Gun mencarikannya seorang pelatih tinju untuk menjadikan Jung Koo seorang atlet profesional. Lalu ada juga Sang Hoon (Lee Min Ho), seorang siswa dari keluarga kaya yang tidak suka belajar. Seung Gun tidak pernah memarahi atau menghukumnya, melainkan membiarkan bocah itu sadar sendiri atas perilakunya. Selain itu ada Ki Ho (Lee Chan Ho) seorang siswa yang selalu belajar dan belajar sehingga lupa menjaga kebugaran fisiknya. Seung Gun membantu Ki Ho untuk memulihkan kondisi fisiknya yang lemah karena terlalu diforsir untuk belajar. Ada juga Eun Shil (Moon Chae Won) seorang siswi dari keluarga tidak mampu. Seung Gun diam-diam menjadi pelanggan setia ibu Eun Shil yang seorang pedagang sayur demi agar gadis itu tetap bisa sekolah. Selain mereka berempat, ketua kelas Han Song Yi (Park Bo Young) bisa dibilang adalah yang paling dekat dengan Seung Gun, karena gadis cerdas itu adalah yang paling mengetahui segala sisi lain dan seluruh kebaikan dari guru olahraganya tersebut.
Pada suatu waktu, posisi Seung Gun sebagai seorang guru olahraga di sekolah itu terancam karena sekolah itu berniat mengutamakan prestasi akademik dibandingkan kegiatan ekstrakurikuler. Singkat cerita, demi mempertahankan posisinya sebagai seorang guru, Seung Gun harus berusaha keras untuk menjadi guru Bahasa Inggris yang layak bagi murid-muridnya. Namun beberapa pihak rupanya tidak menginginkan keberadaan Seung Gun di sekolah tersebut, baik sebagai guru apapun. Para murid yang mendukung Seung Gun pun tidak tinggal diam, mereka segera mengerahkan usaha untuk membantu guru mereka itu.


Pada akhirnya, berhasilkah Seung Gun menjadi seorang guru Bahasa Inggris yang baik bagi para muridnya? Ataukah ia hanya akan menyerah dan mengakhiri profesinya sebagai seorang guru? Film yang berjudul “Our School E.T” atau yang juga dikenal dengan judul “Our English Teacher” ini dirilis pada tahun 2008. Film berdurasi 120 menit ini bisa dianggap sebagai ajang reuni dari tiga artis yang pada tahun sebelumnya pernah bermain bersama dalam serial “Mackerel Run”, yaitu Lee Min Ho, Moon Chae Won dan Park Bo Young. Aktor kawakan Kim So Roo berhasil membawakan tokoh guru eksentrik Chun Seung Gun dengan sangat baik. Film drama komedi ini membuktikan bahwa film Korea sanggup mengemas tema selain cinta antara lelaki dan perempuan dengan tak kalah manisnya. This is worth watching!

Share:

0 komentar