The Little Black Dress

Women don’t like to be called princess, but they like to be treated as one.” –Yoo Min (My Black Mini Dress, 2011)



Persahabatan empat orang wanita yang telah berteman selama bertahun-tahun diuji ketika mereka menginjak usia 24. Empat sahabat yang bertemu ketika bersama-sama kuliah di jurusan Seni Drama dan Teater di Universitas Seoul. Semuanya dimulai ketika mereka berempat lulus kuliah. Meskipun dari luarnya mereka tampak menikmati masa-masa muda dan kebebasan mereka setelah lulus kuliah, sebenarnya masing-masing dari mereka menyimpan keresahan dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya selepas dari bangku kuliah.
Yoo Min (Yoon Eun Hye) masih dalam pencarian jati dirinya. Ia belum tahu apa yang akan ia lakukan dalam hidupnya, apa yang sebenarnya ia cari, dan apa yang ia inginkan selama ini. Baik itu dalam hal pekerjaan, maupun asmara. Ia memutuskan kekasih yang telah dikencaninya selama tiga tahun dan menyetujui sebuah kencan buta yang diatur oleh salah seorang sahabatnya. Meskipun begitu, berbekal kemampuan menulisnya yang pernah memenangkan penghargaan sewaktu SMA, Yoo Min mendapatkan pekerjaan sebagai asisten seorang penulis ternama.
Hye Ji (Park Han Byul) adalah seorang sosialita yang gemar berfoya-foya dan bersenang-senang. Ia adalah yang paling terlihat sangat menikmati hidup dan tidak memikirkan apapun diantara sahabat-sahabatnya. Ia gemar berpesta dan bergonta-ganti pasangan kencan. Namun kecantikan serta keberuntungannya membuatnya menjadi yang pertama menuai sukses diantara sahabat-sahabatnya. Ia menjadi bintang iklan sebuah produk terkenal dan namanya segera melejit menjadi aktris. Hal ini menimbulkan kecemburuan dari para sahabatnya.
Soo Jin (Cha Ye Ryun) menjadi yang paling iri atas keberhasilan Hye Ji. Ia sangat mendambakan menjadi aktris, bahkan ia telah mengikuti berbagai audisi, hanya saja ia selalu gagal. Ditengah rasa frustasi atas kegagalannya, bisnis ayahnya juga sedang mengalami kebangkrutan yang membuatnya semakin merasa depresi. Namun ia tidak menceritakan itu kepada para sahabatnya dan malah menyalurkan emosinya kepada Hye Ji akibat rasa cemburunya.
Min Hee (Yoo In Na) adalah seorang putri dari keluarga kaya. Namun ayah ibunya tengah dalam proses perceraian yang membuatnya tidak betah berada di rumah dan mencoba kabur mencari pelarian. Ia memutuskan untuk meneruskan sekolahnya di luar negeri. Karena kemampuan Bahasa Inggris-nya yang kurang, ia harus lebih dulu mengambil kelas kursus bahasa asing bersama murid-murid SMA.
Bagaimana keempat sahabat ini bertahan melalui krisis yang menerpa mereka? “My Black Mini Dress” diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Kim Min Seo. Film berdurasi 107 menit ini menggambarkan realita kehidupan wanita dengan persahabatan, asmara, pekerjaan, keluarga, kecemburuan, depresi, harapan, dan segala keresahan yang mereka alami. Film yang juga dikenal dengan judul “Little Black Dress” meraih box office di Korea berkat keempat aktris cantik yang menjadi karakter utamanya, serta penampilan beberapa aktor pendamping seperti Lee Chun Hee dan personel boyband U-KISS, Dongho.


Banyak yang mengatakan bahwa “My Black Mini Dress” adalah “Sex and the City” versi Korea yang dikemas dengan pendekatan kehidupan ala Timur dan menampilkan fenomena yang sehari-hari terjadi pada wanita usia 20-an. Berbagai produk fashion terkenal di Korea Selatan juga turut berpartisipasi dalam meramaikan film ini. Judul film ini sendiri diambil dari gaun hitam yang sepertinya selalu menjadi pemersatu bagi mereka, baik itu ketika mereka wisuda dengan mengenakan toga berwarna hitam, juga ketika mereka menghadiri pemakaman. Bahkan pada bagian paling akhir dari film, diperlihatkan bagaimana mereka awal mulanya berkenalan. Semua karena baju berwarna hitam. Despite of anything, this movie has a sweet ending.

Share:

0 komentar