It's Okay If You Comeback

Without saying a word, you went away. It can’t be, please.” –Jung Yeop, There’s Nothing (OST. 49 Days)


Serial drama “49 Days” adalah salah satu drama paling populer di Korea Selatan pada tahun 2011. Serial melodrama ini bertabur bintang yang kesemuanya berakting brilian didalamnya, diantaranya adalah aktris Lee Yo Won dan Nam Gyu Ri, serta aktor Jo Hyun Jae, Bae Soo Bin dan Jung Il Woo. Selain kemampuan akting mereka yang sanggup menghidupkan jalan cerita yang kuat dalam serial ini, kunci kesuksesan serial “49 Days” juga terletak pada lagu-lagu pengisi soundtrack-nya. Dapat saya katakan bahwa lagu-lagu ballad dalam album soundtrack serial ini adalah yang terbaik. Salah satunya yang paling mengena bagi saya adalah lagu yang dinyanyikan oleh Jung Yeop berjudul “There’s Nothing”.

Lagu mellow nan sendu ini merupakan bagian dari album OST. “49 Days” Part 3. Entah pastinya sejak episode berapa, yang jelas lagu ini sudah muncul dalam serial sejak episode awal-awal, ketika tokoh Shin Ji Hyun yang diperankan oleh Nam Gyu Ri terjebak pada koma paska kecelakaan mobil yang dialaminya. Dalam serial ini, lagu ini menggambarkan perasaan tokoh Han Kang (diperankan oleh Jo Hyun Jae) kepada tokoh Shin Ji Hyun yang telah dicintainya sejak SMA dulu, tetapi ia tak pernah mendapat kesempatan untuk mengungkapkannya. Hingga pada suatu hari Shin Ji Hyun mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan dirinya berada dalam kondisi koma. Tidak pernah terbersit sebelumnya di benak Han Kang untuk kehilangan Shin Ji Hyun dengan cara seperti itu. Maka dari itu, lagu ini menggambarkan penderitaan Han Kang, betapa ia sangat menginginkan Shin Ji Hyun untuk kembali hidup.


Kemudian arwah dari tokoh Shin Ji Hyun diceritakan harus meminjam tubuh dari tokoh Song Yi Kyung (diperankan oleh Lee Yo Won), untuk dapat kembali hidup. Dengan tubuh Song Yi Kyung, Shin Ji Hyun harus mendapatkan tiga tetes air mata dari tiga orang yang berbeda yang benar-benar tulus menyayanginya, selain anggota keluarganya, hanya dalam waktu 49 hari. Ini adalah syarat yang diajukan oleh sang Scheduler (diperankan oleh Jung Il Woo), alias malaikat pencabut nyawa modern dalam serial tersebut. Selama perjuangan Shin Ji Hyun melalui tubuh Song Yi Kyung inilah Han Kang berjuang untuk menunjukkan perasaannya dengan membantu wanita itu. Dengan ketulusan cintanya, ia berhasil mengetahui bahwa roh Shin Ji Hyun meminjam tubuh Song Yi Kyung, karena itulah ia berusaha menolong wanita yang dicintainya supaya dapat hidup kembali.

Lagu “There’s Nothing” ini hampir selalu muncul setiap kali adegan menampakkan Han Kang dan Shin Ji Hyun (yang berada dalam tubuh Song Yi Kyung) berdua. Mungkin karena lagu ini khusus dibuat untuk menggambarkan perasaan Han Kang yang tidak ingin ditinggalkan oleh Shin Ji Hyun. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang desperately mengharapkan orang yang dicintainya untuk kembali padanya. Meskipun ia menyadari bahwa waktu akan mengeringkan air matanya dan memudarkan lukanya, ia tak akan sanggup membayangkan hidupnya tanpa orang tersebut. Ketika jika ia kehilangan orang itu pada akhirnya, maka ia akan melalui kepedihan yang ia sendiri tak tahu akan berakhir sampai kapan. Karena ia hanya sanggup mencintai orang itu, karena selama ini hanya ada orang itu di dalam benaknya. Ia meyakinkan dirinya bahwa perpisahan tersebut hanyalah untuk sementara, dan orang yang dicintainya tidak akan pergi meninggalkannya. Ia juga meyakinkan orang yang dicintainya untuk kembali padanya, bahwa tidak apa-apa jika ia kembali padanya sekarang.


“There’s Nothing” dibawakan oleh Jung Yeop, salah satu personel Brown Eyed Soul. Lagu ini merupakan lagu ballad yang penuh dengan emosi kesedihan didalamnya. Dentingan piano dan alunan biola berpadu indah dalam intro lagu ini. Diikuti dengan untaian melodi dan suara sendu Jung Yeop yang semakin menambah nuansa kesenduan dalam lagu ini.  “There’s Nothing” sanggup membuat para penonton serial drama “49 Days” menghayati dan merasakan feel dari tokoh Han Kang. This is a sorrowful song with a deep meaning and feeling, really such a perfect sweet sad song.

It’s okay to come back. We separate just for a while, I believe it’s only a dream. There’s nothing happened. When the night is over, I’ll wake up and be with you again.” –Jung Yeop, There’s Nothing (OST. 49 Days)



* Ditulis sambil mendengarkan lagu “There’s Nothing” oleh Jung Yeop. I feel so grateful to know this song from “49 Days” drama series. Thanks a bunch for the drama and all the people who created this beautiful song. :’)

* Lirik lagu “There’s Nothing”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Moksalmyeosi nunmuri musimko heulleowa
(Suddenly tears fall without I notice it)
Niga ssitgyeo naerilkkabwa sueobsi humchyeonae
(I try to swab, wipe it away many times)
Jiul su inneunde ijeul su inneunde
(Though I can erase, though I can forget)
Neoeomneunnal amuri saenggakhaedo nunmuri
(Without you, no matter how much I think, there’ll be just tears)

Amumaldo eobseotdeon niga tteonagangeon niga anigil jaebal
(Without saying a word, you went away, it can’t be, please)

Dorawado gwaenchanha dorawado gwaenchanha
(It’s okay to come back, it’s okay to come back)
Jamsi neowa meoreojyeotdeon kkumilgeoya
(We separate just for a while, I believe it’s only a dream)
Amuildo eobseotda amuildo eobseotda
(There’s nothing happened, there’s nothing happened)
Ibami jina kkaeeonamyeon dasi neowa
(When the night is over, I’ll wake up and be with you again)

Mameuro doenoeyeo ibeuro doenoeyeo
(I repeat it in my heart, I repeat it on my lips)
Neoreul irheo beorilkkabwa sueobsi doesaegyeo
(I recall you many times, afraid that I would lose you)
Jiul su inneunde ijeul su inneunde
(Though I can erase, though I can forget)
Neo eomneunnal amuri saenggakhaedo duryeowo
(Without you, no matter how much I think, I’m afraid)

Dorawado gwaenchanha dorawado gwaenchanha
(It’s okay to come back, it’s okay to come back)
Saranghae neol ajikdo neol jaebal jaebal
(I love you, I still love you, please, please)
Amuildo eobseotda amuildo eobseotda
(There’s nothing happened, there’s nothing happened)
Ibami jina kkaeeonamyeon dasineowa
(When the night is over, I’ll wake up and be with you again)”

Share:

0 komentar