The Return of Venus

I keep going to the same place as you just like destiny. I can feel you even just by looking at your shadow. Now I’m going crazy because afraid of losing you.” –Shinhwa, Venus



The Emperors are back! Shinhwa, a legendary Korean hallyu group is now coming back with their 10th album, “The Return”. After four years hiatus during their mandatory military services, Shinhwa releases their single titled “Venus” on March 23rd 2012, remarking their 14th anniversary of their first debut on March 24th 1998. Shinhwa is the longest running Korean boy band with no line-up change. Consist of six members, Eric Mun, Lee Minwoo, Kim Dongwan, Shin Hyesung, Jun Jin, andnow Shinhwa has returned and ready to grab their crown back! Everyone please make a way! Andy Lee,
Venus adalah seorang dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Romawi kuno. Venus juga merupakan nama dari salah satu planet dalam tata surya yang sering digunakan untuk melambangkan kaum wanita. Dalam lagu ini, Venus digunakan sebagai istilah untuk menyebut seorang wanita yang kecantikannya bagaikan dewi yang turun dari surga. Apabila diartikan secara umum, ‘Venus’ merupakan gambaran sosok ideal yang diinginkan oleh seseorang dari lawan jenisnya. Lagu ini menggambarkan perasaan seseorang yang telah menemukan sosok idamannya dan seketika merasa bahwa orang itu adalah ‘the one’ yang ditakdirkan baginya.
Segala perasaan mulai dari kesan pertama ketika melihat orang tersebut, hingga perasaan yang hadir kemudian, seluruhnya dituangkan dalam lagu ini. Apabila anda mengikuti seri novel atau film “Twilight”, imprint, yaitu perasaan yang terjadi ketika seorang manusia serigala bertemu dengan soulmate mereka, seperti itulah yang tergambar dalam lagu ini. Ketika melihat orang itu sejak pertama kalinya, dia langsung ter-imprinted. Melihat sosok orang tersebut yang sempurna dimatanya membuatnya terpaku dan merasa seperti sedang dalam mimpi. Kehadiran sosok itu sanggup menerangi dan melelehkan hatinya yang beku. Perasaan ini berujung pada keinginannya untuk memiliki sosok tersebut, serta rasa akan takut kehilangannya.
Sejak pertemuan dengan sang ‘Venus’, ia merasa itu adalah takdir mereka. Sehingga ketika pertemuan-pertemuan mereka berikutnya, ia selalu merasa bahwa jiwa dan batinnya terkoneksi atau memiliki chemistry dengan sosok tersebut. Inilah yang semakin meyakinkannya bahwa sosok itu adalah ‘Venus’ yang ditakdirkan untuk bersamanya, belahan jiwanya.

“Venus” adalah sebuah lagu elektro-pop bernuansa up beat disco dance. Lirik lagu ini ditulis oleh Minwoo dan musiknya diaransemen oleh Andrew Nelson. Lagu ini merupakan lead track dari album “The Return”. Sebuah music video (MV) untuk “Venus” dibuat dengan Kim Kwang Suk sebagai sutradaranya. Banyak yang mengatakan bahwa tema dari album dan MV lagu ini adalah vampir modern dengan nuansa dark. Dalam MV ini, keenam anggota Shinhwa digambarkan tengah berada dalam kegalauan dan kerisauan mereka masing-masing dalam mencari sosok ‘Venus’ tersebut. Sosok ‘Venus’ ditampilkan oleh seorang model wanita.
As a comeback song, “Venus” is just perfect! Lagu ini menampilkan kemampuan vokal mereka yang tetap enerjik dan kuat meskipun 14 tahun telah berlalu sejak debut mereka. Irama musik yang sanggup membuat para pendengarnya ikut berdendang dan bergoyang ini berhasil menunjukkan bahwa Shinhwa kembali dengan sesuatu yang baru dan berbeda. Seiring dengan image mereka yang semakin menunjukkan kedewasaan dan kematangan sebagai sunbae (senior) dalam kancah musik Korea. Koreografi dari lagu ini pun dibuat khas Shinhwa, dengan gerakan yang seksi, rumit dan susah untuk diikuti. Vokal, musik, serta koreografi yang matang ini membuktikan bahwa Shinhwa tidak hanya sekadar kembali, melainkan kembali untuk menjadi yang terbaik dan mengukuhkan tempat mereka sebagai legenda.

Sesuai dengan namanya, Shinhwa, yang berarti mitologi Korea kuno, mereka bagaikan sebuah mitologi yang dikenang dan diceritakan secara turun temurun oleh berbagai generasi. Memulai debut mereka 14 tahun yang lalu sebagai salah satu grup dalam generasi pertama Korean idols group, Shinhwa adalah pertama dan satu-satunya grup yang bertahan lebih dari sepuluh tahun tanpa menambah atau mengurangi anggota mereka sama sekali. Grup yang telah mengalami pasang surut dalam industri musik ini beranggotakan enam pria. Eric sang leader, Minwoo sebagai vokalis sekaligus dancer, Hyesung dan Dongwan sebagai vokalis, Jun Jin sebagai rapper sekaligus dancer, dan Andy sang maknae.
Setelah album mereka sebelumnya, “Volume 9”, yang rilis pada tahun 2008, keenam anggota Shinhwa disibukkan dengan proyek individual. Selama empat tahun ini kebanyakan waktu mereka habiskan untuk menuntaskan wajib militer mereka, kecuali Hyesung yang dihapuskan kewajibannya karena cedera permanen pada lutut yang didapatnya sejak tahun 2001. Pada bulan Juli 2011, Shinhwa adalah grup pertama di Korea yang memiliki rumah produksi dan manajemen artisnya sendiri, yaitu Shinhwa Company, dengan Eric sebagai CEO, Minwoo sebagai co-CEO, serta empat anggota lainnya sebagai pemegang saham.
Dengan Shinhwa Company, pada bulan Maret 2012 Shinhwa merilis album terbaru mereka, “The Return”. Bulan ini dipilih sebagai bulan kelahiran Shinhwa sekaligus menandai peringatan 14 tahun hidupnya Shinhwa sejak mereka debut pada bulan Maret 1998. Album ini dirilis pada tanggal 23 Maret, lalu dilanjutkan dengan konser akbar “2012 Shinhwa Grand Tour in Seoul: The Return” pada tanggal 24 dan 25 Maret. MV dari lagu “Venus” dirilis pada tanggal 28 Maret, yang dilanjutkan dengan penampilan comeback stage mereka di M-Net Countdown pada 29 Maret, KBS Music Bank pada 30 Maret dan MBC Music Core pada 31 Maret.
Kembalinya sang legenda ke dalam kancah musik Korea membuat decak kagum dari berbagai pihak. Banyak yang terkesima dengan kekompakan para anggota Shinhwa dan usaha keras mereka untuk tetap dapat eksis dalam industri musik Korea yang sangat ketat persaingannya. Apalagi sekarang ini banyak sekali idol group yang bermunculan dan jauh lebih muda dari mereka. Namun Shinhwa tidak kehilangan kharisma mereka. Bahkan banyak yang menilai bahwa mereka terlihat jauh lebih matang dan seksi di usia 30-an sekarang ini.

Shinhwa rupanya tidak hanya sekadar legenda, melainkan juga telah menjadi inspirasi bagi kebanyakan idol group muda sekarang ini. Big Bang, 2PM, Super Junior, Beast, bahkan Girls’ Generation pun mengaku telah menjadikan Shinhwa sebagai role model atau panutan mereka. Raja dari para hallyu group saat ini, Big Bang, malah menyatakan sejak debut mereka bahwa musik dan gaya mereka terinspirasi dari Shinhwa. Shinhwa pun menyatakan bahwa mereka merasa bangga atas pencapaian yang telah diraih Big Bang selama ini. Pengaruh Shinhwa yang mengakar ini terbukti dari banyaknya idol yang menonton comeback concert mereka pada tanggal 24 dan 25 Maret lalu.
Great inspiration always makes great influence. Great hardship always makes great achievement. Great passion and sincerity makes great music. Great music makes legend. It’s amazing to see Shinhwa has made it this far in 14 years without disbanding. That’s really incredible! Welcome back, Emperors. Shinhwa Forever!

I got to love you, no one else above you. 24/7 always thinking of you. Spread your wings, fly higher than the clouds. Higher baby, let’s fly, touch the sky. No doubt that you’re one of a kind. Now let’s ride to the moon, we can own the night. Empty your heart and I’ll blow your mind.” –Shinhwa, Venus







* Ditulis sambil mendengar lagu “Venus” oleh Shinhwa. Sekitar 10 tahun yang lalu, saya mengenal Shinhwa dan lagu-lagunya untuk pertama kalinya berkat sebuah serial Taiwan yang saya tonton di televisi. I was so glad and proud for having a chance to know them. Shinhwa is a living legend. Shinhwa Forever!

* Lirik lagu “Venus”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Nunbusin neoui moseub nal meomchuge hae
(Your dazzling image makes me stop in place)
Meoributeo balkkeutkkaji modu wanbyeokan geol
(From your head to your toes, everything is perfect)
Amu mal eobsi seuchideon neol cheom bon sungan
(The moment I saw you passing by wordlessly)
You light up, light up, light up, light up

Kkumman gatasseo (dreamer, dreamer)
(It feels like a dream (dreamer, dreamer))
Silkeu bich neoui deureseu (angel, angel)
(Your silky light dress (angel, angel))
Sumgyeori neukkyeojyeo (closer, closer)
(I feel your breath (closer, closer))
Neoreul bureugo isseo
(I’m calling out to you)

You’re my love oh oh oh oh oh oh, Venus
Eoreobuteo beorin nae momeul nogyeo
(You melt my frozen body)
Neol jabgo jabgo sipeungeol, just say your love
(I want to catch catch you, just say your love)
Neol jabgo jabgo sipeun mam, just say your love
(My heart wants to catch catch you, just say your love)
You’re my love oh oh oh oh oh oh, Venus
Ttwineun gaseumeun jigeum neol hyanghago
(My heart is beating toward you right now)
Neol gajgo gajgo sipeungeol, just say your love
(I want want you, just say your love)
Neol gajgo gajgo sipeun mam, just say your love
(My heart wants wants you, just say your love)

Hwansangjeogin neoui areumdaum
(Your beauty is fantastic)
You’re a goddess heaven sent falling down
Neomu chawoni dalla
(Your level is so different)
Bigyojochado jeojubadeul beomjoeiljido molla
(Even comparing you to anything might be a cursed sin)

Jakku neowa gateun gosen destiny
(I keep going to the same place as you just like destiny)
Neoui geurimjaman bwado nan neol neukkyeo
(I can feel you even just by looking at your shadow)
Ijen neoreul nohchilkka bwa michil geot gata
(Now I’m going crazy because afraid of losing you)
You light up, light up, light up, light up

Dulmanui sigan (dreamer, dreamer)
(Our time together (dreamer, dreamer))
Geu hwansang sogeseo (angel, angel)
(In that fantasy (angel, angel))
Meomchwoseon my venus (closer, closer)
(My Venus has paused (closer, closer))
Neoreul wonhago isseo
(I want you)

Sinbiroun your eyes nunbusin this night
(Your eyes are so mysterious, this night is so dazzling)
Ajumeon goisseo deryeogalge son kkeute daheul ttae
(I will take you far away when the tips of our hands touch)

E-R-I-C
I got to love you, no one else above you
24/7 always thinking of you
Nal gaereul pyeolchyeo gureumwiro deo nopi naraga
(Spread your wings, fly higher than the clouds)
Higher baby, let’s fly, touch the sky
No doubt that you’re one of a kind
Now let’s ride to the moon, we can own the night
Ne mameul da biwobeorigo
(Empty your heart, and)
I’ll blow your mind

Unlike other girls, your outta this world
Cheonsadeuldo da mureup kkureulgeol
(Even all the angels have bowed before you)
Kkumsogeman ireonaneun beob
(This can only happen in dreams)
Nunape yeosini ilwojuneun geot
(A goddess has appeared in front of my eyes)
These stars all dance around you
All night I’m crazy about you
Don’t ever never leave us
You’re my love, my love Venus”

Share:

0 komentar