Raising My Dad

Dad, I’m sorry I got you in trouble.” –Cho Won (Don’t Tell Papa, 2004)



Apabila telah banyak film yang mengangkat kisah tentang ibu dan anak perempuannya, film Korea yang dirilis pada tahun 2004 ini menceritakan hubungan seorang ayah dan anak lelaki satu-satunya. Film ini berjudul “Don’t Tell Papa” atau juga dikenal dengan judul “Raising My Dad”. Chul Soo (Jung Woong In) sejak duduk di bangku kelas 3 SMA harus membesarkan buah hatinya seorang diri. Pada waktu itu, kekasihnya, Ae Ran (Chae Min Seo), yang melahirkan anaknya meninggalkan mereka begitu saja tanpa dan pergi ke Amerika. Padahal sebelum mengetahui bahwa dirinya hamil, Ae Ran memutuskan hubungannya dengan Chul Soo. Tahu-tahu pada suatu hari seorang bayi dikirim ke kelas Chul Soo. Karena Chul Soo adalah seorang yatim piatu, maka ia tidak ingin anaknya menjadi yatim piatu pula, apalagi terlantar begitu saja. Maka dari itu ia berusaha keras seorang diri untuk membesarkan anak tersebut, yang diberi nama Cho Won (Yoo Seung Ho).
Menghadapi kerasnya kehidupan bersama, Chul Soo dan Cho Won membangun hubungan ayah-anak yang sangat dekat. Mereka lebih dari sekadar ayah dan anak, tetapi juga sahabat, rekan dan teman sepermainan. Berbagai kesulitan telah mereka lalui bersama hingga tak terasa Cho Won sudah berusia delapan tahun. Karena kemampuan finansialnya yang kurang, selepas SMA Chul Soo tidak melanjutkan kuliah. Apalagi ia memiliki Cho Won sebagai tanggungannya. Maka ia bekerja di sebuah klub malam sebagai MC. Tumbuh di lingkungan yang seperti itu, Cho Won berbicara dan bertingkah tidak selayaknya anak kecil seusianya. Meskipun hidup mereka susah dan serba kekurangan, Cho Won sangat merasa bahagia hidup dengan ayahnya. Mereka saling menyayangi dan mencintai. Mereka juga saling mendukung dan merawat satu sama lain.
Pada suatu saat, Ae Ran kembali dari Amerika untuk urusan pekerjaan. Ia telah sukses dan menjadi seorang petinggi di perusahaan pakaian dalam. Walaupun begitu, ia tidak sanggup melupakan anak yang dulu dilahirkan dan ditelantarkannya. Ia bahkan sangat merindukan anak tersebut dan ingin menemuinya. Tidak disangka, sebuah kejadian mempertemukan Ae Ran dengan Chul Soo dan Cho Won. Chul Soo melarang keras dirinya untuk menemui anaknya, karena ia memberi tahu pada Cho Won bahwa ibu kandungnya telah meninggal ketika melahirkannya dan rohnya telah bahagia di surga sebagai malaikat. Namun naluri keibuan Ae Ran membuatnya diam-diam selalu menemui Cho Won. Hingga pada suatu hari, Cho Won mendapati bahwa ternyata Ae Ran adalah ibu kandungnya. Namun Cho Won tidak ingin meninggalkan ayahnya.

Chul Soo bukan bermaksud untuk memisahkan Cho Won dari ibu kandungnya. Hanya saja ia ingin melindungi perasaan Cho Won. Ia tidak ingin anak itu terluka karena mendapati fakta bahwa ibu kandungnya dulu meninggalkannya dan tidak menginginkannya. Lalu bagaimana nasib Cho Won pada akhirnya? Akankah ayah dan ibunya berdamai dan bersatu kembali demi dirinya? Ataukah ibunya hanya akan menuruti keegoisan dirinya dan meninggalkannya lagi seperti dulu? Film drama komedi berdurasi 102 menit ini menggambarkan hubungan ayah-anak yang sangat menyentuh. Meskipun mereka memiliki kehidupan yang keras, mereka sanggup melewatinya bersama-sama. Kasih sayang antara seorang ayah dan anak lelakinya tergambar sangat manis dalam film ini.

Share:

0 komentar