I'll Back Off So You Can Live Better

Do you remember the day when we met for the first time?” –G.NA, I’ll Back Off So You Can Live Better (feat. BEAST Junhyung)



Dalam sebuah hubungan, ketika salah satu pihak sudah kehilangan hasratnya, pasti pihak lainnya akan sanggup merasakan hal itu. Ketika kondisi ini terjadi hingga akhirnya kemudian pihak tersebut memutuskan untuk mengakhiri hubungan itu, maka pihak lainnya tidak sanggup melakukan apa-apa selain menerima keputusan tersebut. Bukan karena hubungan tersebut sudah tidak dapat diperbaiki lagi, melainkan karena sudah tidak ada yang dapat dipertahankan dari hubungan tersebut. Bukan karena menyerah untuk memperjuangkan, melainkan karena mengalah untuk kebaikan pasangannya. Lagu “I’ll Back Off So You Can Live Better” yang dibawakan oleh penyanyi G.NA menggambarkan kondisi seseorang yang mengalah atas keputusan pasangannya untuk mengakhiri hubungan mereka.
Ketika sang kekasih mengungkapkan keinginannya untuk berpisah, berbagai spekulasi menghinggapi pikirannya. Seperti adanya orang ketiga dalam hubungan mereka, atau memang sang kekasih telah merasa jenuh dan lelah atas hubungan mereka. Seketika itu pula muncul perasaan bahwa kekasihnya akan melupakannya cepat atau lambat, dan segala rasa yang ia punya untuk kekasihnya itu akan segera hilang. Namun rasa sayang yang begitu dalam kepada kekasihnya itu membuatnya mempertanyakan perasaan kekasihnya kepada dirinya selama ini. Apakah yang mereka telah miliki selama ini adalah nyata?
Pertanyaan tersebut muncul karena dia hampir tidak mempercayai bahwa kekasihnya ingin berpisah darinya. Ia merasa bahwa kekasihnya adalah sosok yang paling tepat untuk dirinya selama ini, bahwa selama ini ia telah berusaha memperlakukan kekasihnya itu dengan baik. Namun mengapa pada akhirnya ia ingin pergi meninggalkannya? Dalam emosinya, ia merasa marah kepada dirinya sendiri dan juga kekasihnya. Sehingga ia mempertanyakan, apabila akhirnya akan begini, mengapa dulu kekasihnya mengatakan bahwa ia mencintainya? Perpisahan ini membuatnya mempertanyakan cinta yang dulu diberikan oleh kekasihnya.
Bahkan setelah perpisahan itu, ia masih mengingat janji-janji yang dulu dibuat oleh sang kekasih kepadanya. Janji-janji yang ia percayai namun kini telah diingkari. Janji-janji yang mungkin kekasihnya sudah tidak mengingatnya lagi. Lagi-lagi, perpisahan ini membuatnya mempertanyakan janji-janji yang dulu diberikan oleh kekasihnya. Apakah janji itu nyata? Atau hanya sekadar kata-kata untuk menentramkan hatinya saja? Karena sesungguhnya manusia tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, jadi sebaiknya jangan pernah berkata ‘selamanya’. ‘Sekarang’ sudah lebih dari cukup. ‘I love you now’ is a lot better than ‘I love you forever’. Karena ‘selamanya’ adalah abstrak, sedangkan ‘sekarang’ adalah kenyataan.
Pada akhirnya, ia mengambil sebuah keputusan yang sangat bijaksana, yaitu untuk mundur. Bahkan seorang ksatria sejati harus tahu kapan saat yang tepat untuk menyerah. Bukan karena tidak ingin atau lelah untuk berjuang, melainkan menyerah untuk dapat memperjuangkan sesuatu yang lebih berharga, yaitu kebahagiaan mereka berdua. Karena apabila tetap dipaksakan untuk bersama, namun salah satu dari mereka tidak bahagia dan ingin berpisah, lalu untuk apa? Untuk kehidupan mereka berdua yang lebih baik, salah satu harus mengalah. Mengalah bukan berarti kalah, tetapi memberi kesempatan untuk sesuatu yang lebih baik datang kepada kita.
G.NA adalah seorang penyanyi solo wanita keturunan Korea-Kanada yang kini bermukim di Korea di bawah naungan Cube Entertainment. “I’ll Back Off So You Can Live Better” merupakan debut singlelead single dari mini album pertamanya, “Draw G’s First Breath” yang dirilis pada pertengahan tahun 2010. Lagu ini menampilkan Yong Junhyung, personel boy band Beast yang menyanyikan bagian rapstudio album pertama G.NA yang bertajuk “Black & White”, yang dirilis pada awal tahun 2011. sekaligus dalam lagu ini. Lagu ini juga merupakan bagian dari
“I’ll Back Off So You Can Live Better” merajai berbagai tangga lagu di Korea pada waktu itu. Lagu ini dipertunjukkan G.NA dalam berbagai program acara musik di Korea seperti KBS Music Bank, MBC Music Core, SBS Inkigayo dan M-Net Countdown. Dalam setiap penampilan panggungnya, bagian rap dari lagu ini dinyanyikan oleh beberapa rapper dengan versi khas mereka masing-masing. Selain Junhyung, rapper asli dari lagu ini, bagian rap lagu ini juga pernah dibawakan oleh personel Beast lainnya, Doojoon, yang juga merupakan bintang video klip lagu ini. Selain mereka, beberapa rapper lainnya seperti Hyuna dari 4minute, Cheondung alias Thunder dari MBLAQ dan Yonghwa dari CN Blue pernah menyanyikan bagian rap dari lagu ini.

Sebuah music video untuk lagu ini dibuat dengan Yoon Doojoon, leader Beast, sebagai aktor di dalamnya. Dalam video klip ini G.NA dan Doojoon berperan sebagai sepasang kekasih yang telah lama berpisah. Doojoon terlihat kembali ke rumah yang dulu ia tempati bersama G.NA, dan di sana segala kenangan yang pernah ia jalin bersama wanita itu bermunculan kembali. Akting G.NA dan Doojoon dalam video ini terlihat sangat natural. Bahkan Doojoon melakukan crying act-nya dengan baik. Video klip ini sanggup mewakili perasaan yang coba disampaikan oleh lagu ini dengan apik. It’s a great debut from G.NA after all.

I’ll forget you so you can live better.” –G.NA, I’ll Back Off So You Can Live Better (feat. BEAST Junhyung)







* Ditulis sambil mendengarkan lagu “I’ll Back Off So You Can Live Better” oleh G.NA feat. Beast’s Junhyung. I discovered this song by myself, so I feel so proud to know a great and beautiful singer like G.NA.

* Lirik lagu “I’ll Back Off So You Can Live Better”. Lirik berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea, beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Kkeojyeojulge jal sara
(I’ll back off so you can live better)

Ttokbaroyaegihae nalbogoseo naenuneul chyeoda bogo mareulhae
(Say it directly, looking at me, say it with looking into my eyes)
Heeojijan geumarini nawa kkeutnaego sipeungeoni
(Did you just say you wanted to break up? Did you want to end it between us?)

(Ara) neon yeojaga saenggingeoya
((I Know) You probably got another woman)
(Ara) neon naege siljeungnangeoya
((I Know) You probably got sick of me)
(Daman) nunmuri chaoreujiman
((Although) Even though the tears are rushing to me)

Kkeojyeojulge jal sara geumalbakkenan motae
(I’ll back off so you can live better, that’s all I can say)
Ijeojulge jal sara naeobsido haengbokhae
(I’ll forget you so you can live better, so that you’ll be happy without me)
Niga beorinsarang nigagajyeoga namgimeobsi gajyeoga
(The love that you give away, you can take it back, don’t even leave a trace behind)
Mianhadanmaldo hajima naegeokjeonghajima
(Don’t even say you’re sorry, don’t worry about me)

Sorry my sweety
Naltteonagandaneun niipsuri
(Your lips that told me that you were going to leave)
Oneulttara waeiri wonmangseureo boineunji
(Why does it give me a reason to be angry today?)
Neol butjabayahaneunde
(I need to stop you, but the words won’t come out)
Mari naojianha neonimi meoreojineunde
(And you are already moving far apart)

(Ara) nan neoreul da jiulkkeoya
((I know) You will forget me)
(Ara) nan nega cham miulkkeoya
((I know) I will really hate you)
(Daman) modeungeol da almyeonseodo
((Although) Even though you know everything)

You naega saratdeon iyu
(You were my reason to live)
You naega wonhaetdeon jeonbu
(You were everything I've ever wanted)
You na hanaman barabwajudeon neojanha
(It's me who used to care about no one else but you)
Why wae nal tteonaneungeoya
(Why, why were you leaving me?)
Why wae nal beorineungeoya
(Why, why were you throwing me away?)
Eochapi ireolgeomyeonseo wae nal saranghangeoni
(If you were going to be like this, why did you love me?)

Hoksi geu nal saenggangna uri cheoeum mannan nal
(Do you remember the day when we met for the first time?)
Ajikdo nan saenggangna nigahaetdeon yaksogi
(I still remember it, those promises you made for me)
Naman akkyeojugo naman jikigo
(That you would care for only me, that you would protect only me)
Naman saranghandago
(That you would love only me)
Nan mideosseo neoui geojitmal nan mideotdan mallya
(I believed your lies, I believed it)

Oh saranghaginhangeoni
(Oh, did you really love me?)
Oh ijeojulge jalsara
(Oh, I’ll forget you so you can live better)”

Share:

0 komentar