I Guess You Don't Know

I met you, loved you and hurt by that love. Just looking at you without being beside you, I’m such a fool.” –M Signal, I Guess You Don’t Know (OST. Heartstrings)



Beberapa waktu yang lalu saya menonton sebuah serial drama Korea yang berjudul “Heartstrings”. Drama ini dibintangi oleh aktris Park Shin Hye dan vokalis grup band CN Blue, Jung Yong Hwa, yang sebelumnya pernah beradu akting bersama dalam serial “You’re Beautiful”. Seperti serial “You’re Beautiful”, “Heartstrings” juga merupakan drama musikal dimana para bintangnya turut andil dalam menyanyikan kebanyakan dari soundtrack serial drama tersebut. Soundtrack yang mengisi serial ini sangat easy listening dan bikin nagih untuk didengar, mulai dari lagu bertempo riang hingga lagu mellow sendu. Namun ada satu lagu yang paling saya sukai dari semua soundtrack dalam serial ini, yaitu lagu yang berjudul “I Guess You Don’t Know” yang dibawakan oleh duo vocal group, M Signal.



Lagu sendu ini pertama kali muncul pada akhir episode 6 serial drama “Heartstrings”, menjadi backsound dari adegan dimana tokoh Lee Kyu Won yang diperankan oleh Park Shin Hye menyaksikan tokoh Lee Shin yang diperankan oleh Jung Yong Hwa sedang bersama dengan wanita lain. Dalam serial ini diceritakan bahwa tokoh Kyu Won jatuh cinta pada tokoh Lee Shin, tetapi ia menyembunyikannya karena mengetahui bahwa tokoh Lee Shin mencintai wanita lain. Lagu “I Guess You Don’t Know” ini menggambarkan perasaan cinta rahasia Kyu Won kepada Lee Shin yang bertepuk sebelah tangan, sehingga ia melakukannya secara diam-diam dan tidak mengungkapkannya. Lee Shin sama sekali tidak mengetahui perasaan Kyu Won padanya karena ia sibuk mencintai orang lain, dan terluka karena cinta itu. Sementara di sisi lain, Kyu Won juga terluka atas cintanya kepada Lee Shin.

“I Guess You Don’t Know” bercerita tentang seseorang yang memendam cintanya karena orang yang dicintainya itu mencintai orang lain, sehingga ia belum mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya. Padahal, orang yang dicintainya itu terluka karena cintanya kepada orang lain, sementara ia sendiri juga terluka karena cintanya kepada orang itu. Namun luka yang dia alami adalah dua kali lipatnya, karena selain terluka oleh perasaannya sendiri, ia juga terluka melihat orang yang dicintainya terluka karena orang lain. Hanya saja apabila orang yang dicintainya mau sejenak melihat kepadanya, orang itu pasti akan tahu bahwa ada seseorang yang sangat mencintainya dengan tulus. Bahwa ia memiliki pilihan.

Meskipun hanya dapat menyembunyikan perasaan cintanya, orang itu tidak dapat menghentikan perasaannya sendiri. Meskipun hanya bisa berada di samping orang yang dicintainya tanpa dapat memilikinya, ia sudah merasa itu lebih dari cukup, meski menyakitkan baginya. Meskipun hanya bisa memandang orang yang dicintainya tanpa dapat menyentuhnya, ia sudah merasa bersyukur. Meskipun ia merasa bagaikan orang bodoh karena melakukan hal-hal bodoh yang disebabkan oleh perasaan cintanya, ia tak sanggup berhenti.



Lagu ini membuat para pendengarnya turut merasakan sakit yang dialami ketika seseorang memendam perasaan cinta yang meluap-luap kepada orang yang selalu berada di dekatnya, tanpa sanggup mengatakannya. Rasa sesak yang diakibatkan oleh perihnya menyimpan rasa itu sendiri tergambar jelas dalam lagu ini. Lagu yang diawali dengan suara denting piano yang indah pada bagian intro ini sanggup menghanyutkan para pendengarnya. Apalagi didukung dengan kekuatan vokal dua personel M Signal, Jun Geun Hwa dan Gyun Woo yang merdu mendayu-dayu, berpadu dengan sangat apik dengan melodi dalam lagu ini. Semuanya menyatu dengan makna lagu yang dalam, menghasilkan sebuah lagu sendu yang indah memeras hati. This bittersweet melody and deep meaning are making such a beautiful yet heart-breaking song.

Because of this bitter love, I call for you. I guess you don’t know.” –M Signal, I Guess You Don’t Know (OST. Heartstrings)





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “I Guess You Don’t Know” oleh M Signal. Terima kasih kepada serial drama “Heartstrings” yang telah mengenalkan saya kepada lagu ini.

* Lirik lagu “I Guess You Don’t Know”. Lirik lagu berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Keudael mannago sarangeul hago keureon sarangae apaman hago
(I met you, loved you and hurt by that love)
Dagaseojido muthanche barabogiman haneun nan pabo ingga bwayo
(Just looking at you without being beside you, I’m such a fool)
Keudaega ulmyeon nado ureotgo keudae useumyeon nado useoyo
(I cry when you cry, I smile when you smile)
Orin a ee cheoreom ma nyang keudaeman ddara haneun nan pabo ingga bwa
(Like a child, I just follow whatever you do, I’m such a fool)

Saranghandago marhaedo mot deunna bwa
(Even if I say I love you, I guess you can't hear me)
Sarangirago marhaedo moreuna bwa
(Even if I say this is love, I guess you don't know)
Kaseumae heureuneun nae nunmureul keudaen bul su omna bwa
(I shed teardrops in my heart but I guess you don’t see it)
Keudae eereum bulleo boado mot deunna bwa
(Even when I call your name, I guess you can't hear me)
Keu dae ppunirago haedo moreuna bwa
(Even when I say you're the only one for me, I guess you don't know)
Nae nun meon sarangeun hanshimhan sarangeun halsu omna bwa
(I guess I can't have this blind love, this foolish love)

Hanbeon eerado ddoraboa juoyo keudae dwiyeseo naega isseoyo
(Please just turn around once, I’m right here behind you)
Ddareun sarangae jichil ddae ddareun sarangae apeul ddae hanbeonirado
(When you’re tired of and hurt by someone else’s love, look behind you just once)

Oneuldo sucheon beon keudael bulleo bwayo
(Today I call you a thousand times again)
Mot deunneun keotto almyeonseo bulleo bwayo
(Although I know you can't hear it, I still call on you)
Keudaereul saranghanikka nareul bwayo
(I love you, please look at me)
Keudaeman saranghanikka naegae wayo
(I love only you, please come to me)
Hangeoreum man omyeon keu chariyaeseona kidarilkaeyo
(If you come one step closer, I will wait for you right there)
Keudae bakkaeneun mullaseo mianhaeyo
(I’m sorry because I only know you)
Keudaega animyeon naneun andwenikka
(Because I can't live without you)
Jidokhan sarangi keudaeman bulleoyo keudaen moreujyo
(My stubborn love call on only you, I guess you don’t know)”

Share:

0 komentar