Hello My Love!

I don’t believe he will comeback no matter how hard I try. I need to learn how to let go of a person when he loves someone else more. Although you can’t change the situation, it’s all your choice to overcome it. Just like holding an umbrella when it rains.” –Ho Jung (Hello My Love, 2009)



Cinta sesama jenis atau homoseksual merupakan tema yang sensitif. Beberapa sineas berani mengangkat tema ini ke layar lebar, yaitu Ang Lee dalam film HollywoodBrokeback Mountain” dan Nia Dinata dalam film Indonesia “Arisan”. Kedua film ini menuai kritikan, namun juga kesuksesan berkat jalan cerita dan karakterisasinya yang kuat. “Hello My Love” merupakan film Korea pertama yang mengangkat tema ini yang saya tonton. Korea Selatan, seperti kebanyakan negara di Asia Timur, merupakan sebuah negara yang memiliki rakyat dengan loyalitas dan nasionalisme tinggi. Pembuat film ini pun menunjukkan sikap demikian. Meskipun yang diangkat adalah tema homoseksualitas, si tokoh diceritakan mendapat pengaruh dari luar negeri untuk menyadari bahwa dirinya adalah seorang homoseksual.
Kim Ho Jung (Jo An) adalah seorang penyiar radio yang telah berpacaran dengan Yoo Won Jae (Oh Min Suk) sejak mereka masih duduk di bangku sekolah menengah. Mereka telah mengenal sejak kecil dan tumbuh besar bersama. Setelah kembali dari wajib militer, Won Jae pergi ke Paris selama dua tahun untuk melanjutkan sekolahnya. Sementara Ho Jung dengan sabar menunggunya kembali di Korea. Namun ketika kembali, Won Jae tidak sendirian, ia membawa serta teman laki-lakinya yang bernama Lee Dong Hwa (Ryu Sang Wook). Mereka berdua berencana untuk membuka sebuah restoran anggur dan masakan Eropa di Korea.
Ditengah harapannya untuk mendapat lamaran dari Won Jae, Ho Jung justru mendapati sebuah kenyataan bahwa hubungan Won Jae dan Dong Hwa lebih dari sekadar teman biasa. Mereka adalah pasangan gay. Terkejut, marah, kecewa, sedih, merasa terkhianati, seluruh perasaan itu bercampur aduk di benak Ho Jung. Meskipun tidak sanggup melepaskan Won Jae begitu saja, Ho Jung menyadari betul bahwa Won Jae bukanlah sosok yang sama lagi dengan Won Jae yang dulu berpacaran dengannya. Karena menyayangi Ho Jung dan mengganggap bahwa gadis itu adalah wanita yang paling dapat memahaminya, Won Jae tidak mencampakkan Ho Jung begitu saja. Ia justru ingin supaya Ho Jung dan Dong Hwa juga dapat berteman dengan baik.
Akankah kondisi menjadi semakin rumit bagi mereka? Apalagi di tengah kondisi masyarakat Korea yang masih memegang teguh tradisionalitas mereka. Akankah keluarga Won Jae sanggup menerima kenyataan bahwa anaknya adalah seorang homoseksual? Lalu bagaimana akhir dari hubungan mereka bertiga? “Hello My Love” dirilis pada tahun 2009. Film ini menyajikan kisah tentang cinta, kasih sayang, persahabatan, dan takdir melalui sudut pandang yang berbeda.



What would you be like in one or ten years? You could be married to the person you love now or someone else. There are millions of things we don’t know about life. But the one thing I know is that I still love him, and I don’t want to let him go.” –Ho Jung (Hello My Love, 2009)

Share:

0 komentar