Confession of a Friend

I’ve watched you for too long. I stood there with no words, just hiding my pitiful heart.” –2AM, Confession of a Friend



Kata orang, tidak ada yang namanya murni pertemanan ketika seorang pria dan seorang wanita berteman baik, pasti ada salah satu di antara mereka yang memiliki perasaan lebih untuk yang lainnya. Apakah benar begitu? Well, meskipun banyak pihak yang menyangkal bahwa mereka tidak akan jatuh cinta dengan seseorang yang sudah mereka anggap teman atau sahabat sendiri, tidak sedikit pasangan yang bermula dari sebuah pertemanan ataupun bahkan persahabatan. Itulah kenyataannya. Lagu 2AM yang berjudul “Confession of a Friend” ini mengisahkan seseorang yang jatuh cinta pada teman baiknya sendiri.
Entah sejak kapan tepatnya ia mulai merasakan perasaan yang lebih dari sekadar teman kepada sahabatnya itu. Semuanya ditandai dengan hatinya yang mulai berubah dalam caranya memandang sahabatnya. Ia merasa cemburu setiap kali sahabatnya datang kepadanya untuk bercerita tentang kekasih sahabatnya itu. Ia bahkan merasa marah setiap kali melihat sahabatnya menangis karena kekasihnya. Selama itu, ia hanya sanggup memendam perasaannya sendiri dalam hati.
Ketidakberanian dia untuk mengungkapkan perasaannya kepada sahabatnya didasari oleh banyak hal. Salah satunya dan yang paling kuat adalah kata-kata sahabatnya yang selalu menyuratkan bahwa ia merasa sangat senang memilikinya sebagai seorang teman baik. Bahwa mempunyai sahabat sepertinya adalah sebuah anugerah. Sahabatnya juga berkata padanya untuk tidak berubah dan tetap seperti itu, tetap menjadi seorang sahabat yang baik baginya. Setiap kali sahabatnya berkata demikian, ia akan mengurungkan niatnya untuk mengungkapkan perasaannya.
Namun bahkan setiap penahanan diri pun ada batasnya. Ia akhirnya memutuskan untuk mengungkapkan semuanya. Ia memutuskan untuk memberi tahu sahabatnya bahwa selama ini ia telah jatuh cinta padanya. Selama ini ia menyembunyikan perasaannya demi menjaga hubungan pertemanan mereka. Ia rela mengorbankan perasaannya, meskipun sangat menyakitkan baginya untuk melihat dan berdiri di samping sahabatnya tanpa dapat melakukan atau mengatakan apapun yang berkaitan dengan perasaannya. Ia terpaksa menahan perasaannya dan menyembunyikan hatinya.
Sebagai seorang sahabat yang paling mengenal orang tersebut, dia merasa bahwa dirinya adalag orang yang tepat dan sanggup menjaga sahabat yang dicintainya itu. Mungkin karena mereka telah lama saling mengenal sehingga dapat memahami satu sama lain dengan cukup baik. Namun dalam lagu ini tidak dikisahkan apa yang terjadi setelah dia memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya kepada sahabatnya. Lagu ini hanya berkutat pada perasaan orang tersebut yang diam-diam memendam cinta untuk sahabatnya sendiri.

“Confession of a Friend” merupakan lagu andalan 2AM yang terdapat dalam single albummusic video (MV) dibuat untuk lagu ini. Dalam MV ini ditampilkan seorang model perempuan yang berperan sebagai ‘sahabat’ keempat personel 2AM yang diam-diam mereka cintai. Lagu ini juga mereka pentaskan dalam berbagai program acara musik di Korea. kedua mereka yang bertajuk “Time for Confession”. Selain lagu ini, dalam album tersebut juga terdapat dua lagu lainnya, beserta versi instrumental dari ketiga lagu tersebut. Lagu ini dirilis pada tahun 2009 dengan sebuah
2AM adalah sebuah ballad vocal group yang terdiri dari empat orang, yaitu Jo Kwon, Changmin, Seulong dan Jinwoon. 2AM merupakan bagian dari boy band One Day yang dibentuk oleh JYP atau Park Jin Young pada tahun 2008. One Day kemudian dibagi menjadi dua subgroup, yaitu 2PM sebagai dance group dan 2AM sebagai vocal group. Karena itu, lagu-lagu 2AM adalah lagu-lagu pop ballad yang bertempo slow dan menonjolkan karakter vokal masing-masing personelnya serta musikalitas yang tinggi.
Lagu-lagu ballad 2AM memang terkenal jago dalam memeras perasaan dan menggenggam hati para pendengarnya. Salah satunya ya lagu ini. Apalagi saya adalah penggemar yang mudah jatuh cinta dengan lagu-lagu ballad. Maka jangan heran apabila pada masa yang akan datang mungkin akan banyak lagu-lagu 2AM yang dibahas dalam blog saya. They’re so talented and have many great ballad songs!



To remain as a good friend to you, I had to push the confession deep down my throat. But now I’ll confess to you, that I love you.” –2AM, Confession of a Friend





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Confession of a Friend” oleh 2AM. I discovered them by myself right after I discovered 2PM, so I feel very proud to know this nowadaysbest ballad group. ^^ Korean

* Lirik lagu “Confession of a Friend”. Lirik lagu berupa romanisasi dari Bahasa Hangul Korea beserta dengan translasinya ke dalam Bahasa Inggris.

“Gwae oelrae dwesseo nae mamee jogeumshik
(It’s been a while)
Byunhagi shijakhanji honjasseo gwaerrohhanji
(Since my heart started to change, since I’ve been dealing with it lonesome)
Uhnjaebootunga neega oldaemada
(Every time you came back to me)
Nuhreul oelineun namjaga nuhmoona meewosseo
(I hated the guy that made you cry)

Charari naega noel jikineungae
(I would rather protect you)
Naeuljido moreunna saenggakee
(Although I didn’t know if it will make it better)

Eejaeneun naega noel ahnahjoogo
(This time I will hold you)
Saranghaejoogo shipdan saenggakee deulosseo
(And loving you is all that I think)

Baby, eejaeneun naegewa, and be my lady
(Baby, come to me now, and be my lady)
Nuhmoona oelraedongan jikyeobwasseo mal obshi sosseo
(I’ve watched you for too long, I stood there with no words)
Ahntakkawoon gaseumeul soomgimyeo
(Just hiding my pitiful heart)
Chinguroh, chinguroh jinaeya handaneun eeyuroh
(As friends, to remain as a good friend to you)
Mokgaji chaollatdon geu gobaekeul chamahyahaesseo
(I had to push the confession deep down my throat)
Hajiman eejaeneun gobaekhalgae nuhreul saranghae
(But now I’ll confess to you, that I love you)

Nae soneul jabgo nabakkae obdamyeo
(You held my hand and told me you only have me)
Nagahteun chingooreul dungae jeongmal keun chukbogiramyeo
(You said it’s really a blessing for keeping me as a friend)
Byeonchi maljago mareul halttaemada
(Every time when you said, “Let’s never change,”)
Jogeumshik jajaraneun nae sarangeul nullosseo
(I had to push my feelings deep down)

Charari naega nuhl jikineungae
(It might be best if I protect you)
Naeuljido moreundaneun saenggakee
(Even though not knowing if it would be better)

Jakkuman deullotjiman chamasseo
(I kept thinking, kept trying to hold it in)
Nuhreul eeruhbuhrikka duryuhwoh hajiman
(I was too afraid of losing you, but)”

Share:

3 komentar