Sad Movie

Please don’t smile at me, my knees will lose their strength.” –Ahn Soo Eun (Sad Movie, 2005)



“Sad Movie” is a first multi-plot Korean movie that I have ever seen. Because of its title I’ve prepared to see some heart breaking scenes. I even prepared a box of tissue. And those tissues are really working. This movie has successfully made me dry my tears. It contains four different stories between eight different people with different relationships. Melalui film ini Korea kembali membuktikan bahwa para sineasnya memang juara dalam membuat film yang sanggup menguras air mata.

Ahn Soo Jung (Im Soo Jung) adalah seorang penyiar berita khusus tranlasi ke dalam gerakan tangan untuk penonton bisu-tuli. Ia telah lama berpacaran dengan Lee Jin Woo (Jung Woo Sung), seorang pemadam kebakaran yang dulu menyelamatkan nyawa adik perempuannya. Soo Jung telah lama menanti Jin Woo untuk melamarnya, seiring dengan rasa takutnya terhadap profesi Jin Woo yang bertaruhkan nyawa. Sementara Jin Woo masih menunggu momen yang tepat untuk melamar Soo Jung.
Ahn Soo Eun (Shin Min Ah) adalah adik perempuan Soo Jung yang dulu diselamatkan oleh Jin Woo. Akibat peristiwa itu, sebuah luka bakar yang cukup besar menodai wajah cantiknya. Gadis bisu-tuli ini bekerja di taman hiburan sebagai gadis boneka yang menghibur para pengunjung dengan kostumnya. Ia jatuh cinta pada seorang pelukis jalanan yang selalu datang ke taman hiburan tersebut, Sang Gyu (Lee Ki Woo). Sang Gyu ingin melukis wajah asli Soo Eun, namun karena merasa minder dengan wajahnya, ia tidak mau melepaskan topeng bonekanya di hadapan Sang Gyu.

Yeom Joo Young (Yeom Jung Ah) adalah seorang wanita karir yang selalu sibuk bekerja hingga larut malam sehingga tidak sengaja menelantarkan anak laki-lakinya, Park Hee Chan (Yeo Jin Gu). Hingga pada suatu hari ia mengalami sebuah kecelakaan mobil yang membuatnya harus menetap di rumah sakit. Keadaan sakit ini rupanya memberi kesempatan pada Joo Young untuk memperbaiki hubungannya dengan putranya. Namun ketika hubungan mereka mulai membaik, Joo Young didiagnosa mengidap penyakit kanker.
Jung Ha Suk (Cha Tae Hyun) adalah seorang pemuda pengangguran yang telah menjalin kasih selama tiga tahun dengan Choi Suk Hyun (Son Tae Young). Karena merasa hubungan mereka tidak mengalami perkembangan, serta ia membutuhkan seorang pasangan yang mapan, Suk Hyun memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Ha Suk. Namun Ha Suk tidak menyerah. Terinspirasi oleh sebuah kejadian yang ia alami, ia akhirnya membuka usaha sebagai ‘agen perpisahan’, dimana ia bertindak sebagai seorang perantara penyampai pesan perpisahan karena orang yang bersangkutan tidak sanggup mengatakannya sendiri.
Pada akhirnya, apakah Jin Woo berhasil melamar Soo Jung? Apakah Soo Eun memperlihatkan wajahnya kepada Sang Gyu? Sanggupkah Hee Chan menerima kenyataan bahwa ibunya sakit keras? Sanggupkah Ha Suk mempertahankan hubungannya dengan Suk Hyun? Temukan semua jawabannya dalam film “Sad Movie” yang dirilis pada tahun 2005 ini. Film berdurasi 108 menit ini menuai sukses di Korea pada waktu itu berkat daftar pemainnya yang unggulan. Terbukti dengan terlihatnya kemampuan akting mereka yang sangat baik dalam film sedih ini.

A little baby cries every night. The poor mother can’t do anything to him but crying outside the house so that her baby can’t hear it. Every night, the baby cries inside the house, while I cry outside.  And I whisper, please don’t be sick my baby, I love you.” –Yeom Joo Young (Sad Movie, 2005)

Share:

0 komentar