Do Re Mi

He wants to find you and get you back, but can you stay by my side? Without you, I won’t be able to sing anymore.” –Eun Gyu (Do Re Mi Fa So La Ti Do, 2008)



Far from its catchy and cute title, “Do Re Mi Fa So La Ti Do” is a bit sad movie about a girl whose love is torn between two best friend guys. Jung Won (Cha Ye Ryun) is a tough high school girl who has many side jobs. Ketika bekerja menjadi seorang penghibur anak-anak di taman hiburan, ia mengenakan kostum naga hijau besar. Saat itu seorang pemuda mengganggunya. Sebagai balasannya, ia mengguyur kepala pria itu dengan air soda. Ternyata pria itu adalah tetangga barunya yang bernama Eun Gyu (Jang Geun Suk). Eun Gyu is a rebellious high school boy who has a side job as a vocalist and guitarist of a band called Doremifasolatido. Semenjak pertemuan tersebut, takdir Jung Won dan Eun Kyu saling bertautan satu sama lain.
Perlahan-lahan, perasaan lebih mulai timbul di antara mereka berdua. Hingga pada suatu hari ketika Jung Won mengikuti Eun Gyu ke tempat latihan band-nya, ia bertemu dengan Hee Won (Jung Eui Chul), yang merupakan teman se-band Eun Gyu. Rupanya Hee Won adalah mantan sahabat Jung Won. Mereka telah bersama selama sepuluh tahun, hingga pada suatu saat tiga tahun yang lalu, Jung Won menjadi memberi kesaksian pada polisi dalam kasus tabrak lari dimana pelakunya adalah ayah Hee Won. Ayah Hee Won kemudian dipenjara dan ibunya jatuh sakit karena depresi berat. Hal ini membuat Hee Won membenci Jung Won dan untuk membalas dendam ia mengirimkan teman-teman berandalannya untuk memukuli Jung Won hingga gadis itu sekarat dan nyaris mati.
Setelah tiga tahun lamanya tidak bertemu, Jung Won dan Hee Won dipertemukan kembali. Hee Won kini menyadari bahwa selama ini ia sangat kesepian dan lelah karena bukan hanya kehilangan keluarganya, melainkan juga sahabatnya sendiri. Ketika ia akhirnya menyadari bahwa ia masih menyayangi Jung Won, gadis itu telah memberikan hatinya untuk Eun Gyu, lelaki yang sangat mencintainya dan selalu ingin melindunginya. Namun di satu sisi, Jung Won masih memendam rasa iba dan bersalah yang sangat dalam terhadap mantan sahabatnya itu. Lalu manakah yang akan Jung Won penuhi? Menuntaskan rasa bersalahnya, ataukah memenuhi hasrat cintanya? Film berdurasi 105 menit ini menyajikan sebuah twisted ending yang tak terduga.
Bukan film Korea namanya bila tidak menyajikan kisah cinta yang manis dan penuh makna. Meskipun film ini secara keseluruhan adalah film yang sedih, namun tetap terdapat beberapa adegan manis dan lucu di dalamnya yang sanggup membuat para penonton tersenyum bahkan tergelak. Sebagian besar jalan cerita dalam film ini berhasil memeras air mata. Itulah kekuatan film drama romantis Korea, bukan mengutamakan skin ship ataupun seks, melainkan terletak pada hubungan emosional yang dibangun oleh para tokohnya. Tidak hanya koneksi antara kekasih dan sahabat, namun juga koneksi antara saudara yang dibangun dengan apik dalam film ini. Adik laki-laki Jung Won walaupun sangat jahil dan nakal, tetapi ia bersikap sangat protektif pada kakak perempuannya karena ingin melindunginya.

Meskipun alur cerita agak terkesan dipaksakan (mungkin karena diangkat dari sebuah novel internet sehingga alur cerita harus dipadatkan), namun akting para pemeran dalam film ini sungguh maksimal. Terutama keempat pemeran karakter utamanya, Jang Geun Suk, Cha Ye Ryun, Jung Eui Chul, serta Im Joo Hwan yang berperan sebagai adik laki-laki Jung Won. Dalam film ini penonton dapat melihat kemampuan aktor Jang Geun Suk dalam bernyanyi dan bermain gitar, seperti yang juga ia tampilkan dalam serial “You’re Beautiful”. Film yang dirilis pada tahun 2008 ini lumayan untuk ditonton pada waktu senggang. Apalagi ketiga karakter utama prianya ganteng-ganteng sekali. ><

At first I was so mad seeing him stand beside you, but then I felt so sad.” –Hee Won (Do Re Mi Fa So La Ti Do, 2008)

Share:

0 komentar