Cyrano: The Matchmaker

We don’t love because we trust, but we trust because we love.” –Byung Hun (Cyrano Agency, 2010)


Cyrano de Bergerac, adalah seorang penulis dan penyair asal Perancis yang kisah hidupnya diangkat ke dalam sebuah pementasan drama karya Edmond Rostand yang berjudul sama. Dalam kisah ini, Cyrano adalah seorang pemuda yang memiliki berbagai bakat, termasuk menulis puisi, namun ia tidak merasa percaya diri dengan penampilan fisiknya. Termasuk ketika ia mencintai sepupu jauhnya yang bernama Roxane, seorang gadis cantik dan pintar. Pada saat yang bersamaan, seorang pemuda tampan bernama Christian juga jatuh cinta pada Roxane, namun ia tidak merasa percaya diri pada kemampuannya untuk merayu gadis dengan kata-kata, karena ia merupakan pria yang penggugup. Pada akhirnya, Cyrano yang kemudian berteman dengan Christian, membantunya menulis surat cinta untuk Roxane, tanpa ada yang mengetahui bahwa ia juga sebenarnya mencintai Roxane.
Kisah Cyrano inilah yang menginspirasi sebuah film Korea berjudul “Cyrano Agency”. Film ini menceritakan Byung Hun (Uhm Tae Woong), seorang sutradara panggung yang ingin menghidupkan kembali teaternya. Untuk mencari dana, ia dan ketiga anak buahnya, Min Young (Park Shin Hye), Jae Pil (Jun Ah Min) dan  Chul Bin (Park Chul Min) mendirikan Cyrano Agency yang bertugas menjadi semacam konsultan cinta sekaligus ‘mak comblang’ bagi para klien-nya. Istilah kerennya, mereka merupakan semacam dating agency. Klien yang datang pada mereka adalah kebanyakan para pria yang merasa malu atau tidak sanggup untuk mendekati gadis yang disukainya. Jadilah Cyrano Agency membuat sebuah ‘pertunjukan drama’ dalam kehidupan nyata. Mereka membuat naskah skenario dan mengatur latar tempat dan waktunya, dengan klien-nya serta target dari klien-nya sebagai para pemeran utama.
Semua berjalan lancar dan sukses bagi Cyrano Agency. Hingga pada suatu saat, mereka kedapatan klien bernama Sang Yong (Daniel Choi) yang menyukai seorang wanita bernama Hee Jung (Lee Min Jung) yang notabene merupakan mantan kekasih dari Byung Hun yang masih disayanginya. Alhasil, Byung Hun harus bergelut antara menghadapi masa lalunya dan menjaga keprofesionalitasan kerjanya. Pada akhirnya, apakah dengan bantuan Cyrano Agency, Sang Yong mampu mendapatkan hati Hee Jung? Ataukah justru Byung Hun memanfaatkan momen ini untuk dapat kembali bersama dengan Hee Jung? Film ini memiliki twisted ending yang tak terduga. Selain sangat menghibur, film ini juga memiliki muatan makna yang dalam, sangat layak untuk ditonton.
Dulu saya sering berpikir dengan naïf, bahwa mencintai dan menjalin hubungan dengan seseorang baiknya adalah dengan tetap menjadi diri kita sendiri, sehingga orang itu akan mencintai kita apa adanya. Kita harus bersama dengan orang yang menyukai diri kita apa adanya, karena hubungan yang baik adalah apabila seseorang itu sanggup saling menerima pasangannya apa adanya satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu, pikiran saya pun terbuka, bahwa hendaknya mencintai dan menjalin hubungan dengan seseorang tidak hanya sebatas apakah orang tersebut mencintai apa adanya diri kita semata, melainkan juga apakah bersama dengan orang tersebut kita mampu menjadi seorang pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Film ini memberitahu kita bahwa, berusaha menjadi seorang pribadi yang baik, seorang pribadi yang disukai oleh orang yang kita cintai, bukan berarti mengubah jati diri kita yang sebenarnya. Memperbaiki diri kita sendiri dan mencoba menjadi sosok yang disukai oleh pasangan kita merupakan bagian dari mencintai seseorang. Tentu saja semua itu perlu kita lakukan tanpa meninggalkan jati diri kita yang sesungguhnya. Karena pada akhirnya, cinta yang tulus dan sungguh-sungguh lah yang akan terlihat dan dapat dirasakan oleh orang yang kita sayangi itu.
Selain itu, film ini juga memberitahu kita bahwa merelakan orang yang kita sayangi untuk pergi bersama dengan orang yang lebih baik juga merupakan bagian dari mencintai seseorang. Bukan berarti kita menyerah atau tak ingin memperjuangkan orang itu, hanya saja kita sangat memahami bahwa kita bukanlah orang yang tepat yang mampu membahagiakan orang yang kita sayangi itu. Untuk melepaskan bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi dia adalah orang yang sangat kita sayangi dan inginkan untuk bersama dengan kita. Namun dalam film ini pun ditegaskan, bahwa semua hal akan indah pada waktunya, dan akan ada sesuatu yang baik menanti bagi orang yang mau melepaskan dengan rela hati.


Film ini, walaupun mungkin terkesan merupakan sebuah film komedi romantis yang sederhana, namun sarat akan makna. “Cyrano Agency” dirilis di Korea pada tahun 2010. Film berdurasi 119 menit ini dibintangi oleh dua aktris yang sudah tak asing lagi di layar kaca, yaitu Lee Min Jung yang berakting dalam serial “Boys Before Flowers” dan Park Shin Hye yang berperan dalam serial “You’re Beautiful”. Selain itu, pemeran utama pria dalam film ini, aktor Uhm Tae Woong juga bermain dalam serial “Sassy Girl Choon-Hyang”. “Cyrano Agency” merupakan tontonan yang menghibur sekaligus menyiratkan makna yang dalam. Tokoh Sang Yong berkata kepada Hee Jung dalam film ini, “Pada awalnya aku heran mengapa Christian melakukan hal itu. Namun kemudian aku sadar, walaupun Christian meminta tolong pada Cyrano untuk menuliskan surat-surat cintanya kepada Roxane, sesungguhnya ia melakukannya karena ia mencintai Roxane. Rasa cinta yang sama besarnya dengan rasa cinta Cyrano kepada Roxane.”

Share:

0 komentar