Rolling in the Deep

The scars of your love remind me of us, they keep me thinking that we almost had it all. The scars of your love, they leave me breathless. I can’t help feeling.” –Adele, Rolling in the Deep



Ketika kita memberikan hati kita untuk seseorang, kita harus bersiap-siap akan segala kemungkinan yang dapat terjadi, termasuk risiko yang terburuk. Karena terkadang, orang yang menggenggam hati kita itu akan menjatuhkannya dengan dengan sengaja, bahkan mungkin menginjak-injaknya. Atau yang lebih buruk lagi, memainkannya. Hal itu mampu tergambarkan dengan sangat baik dalam lagu “Rolling in the Deep” milik Adele. Melalui lagu ini, benar-benar dapat dirasakan emosi seseorang yang sakit hati akibat hatinya dipermainkan oleh orang yang dicintainya.

This song is just brilliant! Pada awalnya, seorang teman saya memberitahu saya tentang sebuah lagu Adele yang sangat bagus untuk saya dengar, namun waktu itu bukanlah lagu ini, melainkan “Someone Like You”. Lalu ketika saya men-download lagu tersebut, saya tidak sengaja menemukan lagu ini, dan saya langsung menyukainya. Irama lagu dan vokal Adele yang kuat sangat menyaratkan emosi dalam lagu ini. Rasa marah adalah juga merupakan salah satu bagian dari perasaan galau, dan itulah yang berhasil ditonjolkan dalam lagu ini. Gambaran perasaan marah, kecewa dan sedih bercampur menjadi satu dibalut dalam melodi yang indah, lirik yang dalam, serta suara Adele yang sangat berkarakter.

Rasa marah hadir ketika tumpukan rasa sedih sekaligus kecewa yang dirasakan oleh seseorang telah memuncak. Setelah itu, biasanya yang timbul adalah rasa hampa. Memberikan hati kita untuk seseorang yang sangat berarti bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi bagi mereka yang memang sulit untuk jatuh cinta. Sehingga ketika waktu berjalan dan ternyata orang tersebut hanya bermain dengan perasaan kita, maka kita akan merasa jatuh seketika. Apalagi jika orang tersebut sebelumnya telah memberikan harapan yang sangat tinggi bagi kita pada awalnya. Sekiranya lagu ini kurang lebih menceritakan tentang pengalaman tersebut.  Bayangkan sebuah kondisi di mana seseorang pada akhirnya memberikan hatinya untuk orang lain, karena orang lain itu telah berhasil membuatnya menyerahkan hatinya, melalui segala perbuatan dan perlakuannya. Lalu bayangkan ketika pada akhirnya orang yang berhasil mendapatkan hatinya itu justru malah meninggalkannya bahkan pada saat mereka belum memulai apapun. Bayangkan betapa sakitnya yang dirasa oleh orang yang ditinggalkan tersebut.

“See how I’ll leave with every piece of you, don’t underestimate the things that I will do. There's a fire starting in my heart, reaching a fever pitch, and it’s bringing me out the dark.” Bagian ini sangat menyuratkan bahwa lagu ini dipenuhi oleh amarah. We almost had it all, but why did you throw it all away?! We could have had it all, but why did choose to leave it all behind?! You’ve already had my heart, but why did you played it?! Begitulah kira-kira kasarannya. Wah, mbak Adele pasti merasa sangat marah ketika menulis lagu ini. I bet she really is! Bahkan dalam lagu ini ia juga menyuarakan sumpah serapah untuk orang yang telah menyakiti hatinya tersebut. “Throw your soul through every open door. Count your blessings to find what you look for. Turn my sorrow into treasured gold. You pay me back in time and reap just what you sow.” Karma does exist, and it never sleeps. Jadi, bukannya saya bermaksud menakut-nakuti, bagi siapa saja yang merasa pernah menyakiti hati orang lain, bersiap-siaplah untuk menjemput sang karma di kemudian hari. “You’re gonna wish you never had met me. Tears are gonna fall, rolling in the deep.” Bagian ini semakin menegaskan bahwa dia merasa benar-benar marah. Namun mbak Adele berhasil menuangkannya secara elegan ke dalam lagu ini dengan sangat apik.

Lagu “Rolling in the Deep” ini terdapat dalam album kedua Adele yang bertajuk “21”. Lagu ini merupakan single andalan Adele dari album tersebut dan dirilis pada akhir tahun 2010. Lagu ini diciptakan oleh Adele sendiri bersama dengan Paul Epworth dan berhasil merajai berbagai tangga lagu di seluruh dunia. Puncak pencapaian lagu ini adalah ketika berhasil memenangkan Song of the Year dalam ajang 54th Grammy Awards 2012 kemarin. Bahkan lagu ini di-cover oleh banyak penyanyi terkenal seperti John Legend dan Chester Bennington. Sebagai sebuah lagu yang dibawakan oleh seorang penyanyi asal Inggris, lagu ini berhasil memecahkan rekor sebagai lagu yang paling berhasil di Amerika Serikat, serta seluruh dunia tentunya. What a great song, Adele!



We could have had it all, rolling in the deep. You had my heart inside of your hand, but you played it with a beating.” –Adele, Rolling in the Deep





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Rolling in the Deep” oleh Adele. Terima kasih kepada sahabat saya, Cut Medika Zellatifanny alias Cume, yang sudah mengenalkan saya pada lagu-lagu galau dari the Queen of
galau, Mbak Adele.

* Kutipan lirik lagu “Rolling in the Deep”.

“There’s a fire starting in my heart
Reaching a fever pitch, and it’s bringing me out the dark
Finally I can see you crystal clear
Go ahead and sell me out and I’ll lay your ship bare

See how I’ll leave with every piece of you
Don’t underestimate the things that I will do
There's a fire starting in my heart
Reaching a fever pitch, and it’s bringing me out the dark

The scars of your love remind me of us
They keep me thinking that we almost had it all
The scars of your love, they leave me breathless
I can’t help feeling

We could have had it all
Rolling in the deep
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)
You had my heart inside of your hand
(You're gonna wish you never had met me)
And you played it to the beat
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)

Baby, I have no story to be told
But I’ve heard one of you, and I’m gonna make your head burn
Think of me in the depths of your despair
Making a home down there as mine sure won’t be shared

We could have had it all
Rolling in the deep
You had my heart inside of your hand
But you played it with a beating

Throw your soul through every open door
Count your blessings to find what you look for
Turn my sorrow into treasured gold
You pay me back in time and reap just what you sow

(You’re gonna wish you never had met me)
We could have had it all
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)
We could have had it all
(You’re gonna wish you never had met me)
It all, it all, it all
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)

You could have had it all
(You’re gonna wish you never had met me)
Rolling in the deep
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)
You had my heart inside of your hand
(You’re gonna wish you never had met me)

But you played it
You played it
You played it
You played it to the beat”

Share:

0 komentar