Nobody Knows

Our love is going tik tok like the hand on a clock that doesn’t know how to stop.” –2PM feat.Yoon Eun Hye,Tik Tok



Ada sebuah keadaan di mana dua orang yang saling mencintai tidak dapat menunjukkannya kepada orang lain bahwa mereka telah bersama. Apapun alasannya, mereka memiliki latar belakang yang kuat untuk melakukan semua itu, mungkin dalam rangka untuk saling melindungi satu sama lain. Yang jelas, cinta rahasia itu menyiksa mereka berdua. Sekiranya itulah garis besar inti cerita yang dituangkan dalam lagu “Tik Tok” milik 2PM, yang menampilkan kolaborasi dengan aktris Yoon Eun Hye.

Sebagai seorang Hottest (sebutan untuk para penggemar 2PM), “Tik Tok” memang bukan merupakan lagu pertama mereka yang saya dengar. Namun lagu ini merupakan lagu pertama mereka yang berhasil membuat saya jatuh cinta setengah mati sampai ketagihan. Saya bisa memutar lagu ini puluhan kali dalam sehari, tanpa merasa bosan. Saya menyukai lagu ini sejak pertama kali saya mendengarkannya. Apalagi waktu itu saya mendengarkannya di teras rumah sewaktu hujan deras turun, benar-benar mood yang sangat sesuai dengan lagu ini. Waktu itu memang saya belum mengetahui makna dibalik lagu ini, tetapi dengan mendengar melodi dan potongan lirik berbahasa Inggris-nya saja, saya sudah dapat menangkap bahwa lagu ini merupakan lagu yang sendu, meskipun iramanya dikemas dengan nada yang sedikit up beat.

Lagu ini bercerita tentang sebuah cinta rahasia. Frase pertama yang tertangkap oleh telinga dan kepala saya adalah “Nobody knows”. Tak seorang pun yang tahu. Ya, tak ada satu orang pun yang tahu bahwa orang itu memendam sebuah rasa terhadap orang yang dicintainya. Somehow, saya sangat menyukai bagian “Nobody knows” yang dinyanyikan oleh Junho dalam lagu ini. Suaranya terdengar sangat sendu, benar-benar menggambarkan kesedihan yang dalam. “Nobody knows how I want you like this everyday. My heart bursts every time I embrace you behind the stage.” Sepasang manusia yang sedang kasmaran sudah layaknya ingin mengumumkan cinta mereka kepada dunia, namun ketika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka mencintainya secara diam-diam merupakan satu-satunya pilihan. “In my dreams, I hold onto your hand proudly like everyone else and walk.” Bayangkan betapa depresinya ketika orang lain dapat secara terbuka ‘dekat’ dengan orang yang kita cintai, sementara kita hanya mampu melakukannya secara diam-diam, atau lebih naas lagi, hanya dalam mimpi semata.

Menyembunyikan sebuah perasaan cinta yang menggebu-gebu dari orang banyak bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Dalam lagu ini tergambar betul bagaimana sedih dan kalutnya seseorang ketika harus menyimpan rasa itu sendirian, tanpa sanggup membaginya kepada siapapun. Apalagi jika orang tersebut harus setiap hari menghadapi orang yang secara diam-diam dicintainya itu. Seperti dalam lagu ini. Orang itu sepertinya hampir gila karena tidak sanggup menunjukkan perasaannya secara terang-terangan kepada orang yang dicintainya. Apalagi ketika orang itu melihat orang lain yang justru dapat menunjukkan kedekatan mereka dengan orang yang dicintainya, sementara dirinya hanya mampu melakukannya secara sembunyi-sembunyi.

Sepertinya inilah yang banyak terjadi kepada pasangan selebriti di Korea. Penggemar di sana terkenal sangat fanatik, bahkan sanggup melakukan apa saja jika merasa cemburu kepada idolanya. Parahnya, kefanatikan mereka yang di luar batas memunculkan rasa cemburu yang di luar batas pula. Sehingga demi melindungi dirinya, karir, orang-orang di sekitarnya, serta yang paling utama adalah untuk melindungi pasangannya, kebanyakan dari para selebritis itu menutupi hubungannya dari publikasi. Mungkin inilah yang menjadi inspirasi utama dari lagu ini. Selain itu, cinta rahasia juga dapat terjadi di antara dua orang yang hubungannya tidak mendapatkan restu, baik dari orang tua, keluarga, atau siapapun. Menyembunyikan hubungan mereka pun dirasa merupakan hal yang terbaik untuk melindungi pasangannya. Demi melindungi pasangannya, harga yang sangat mahal tentunya harus dibayar, yaitu rasa sakit akibat cinta rahasia tersebut.

Lagu ini dibuat khusus untuk sebuah iklan bir terkenal di Korea, Cass Beer, sebagai sebuah promotional single pada awal tahun 2010. Sebuah drama musik sepanjang 12:29 menit pun dibuat khusus untuk iklan produk minuman ini. Dalam video klip tersebut, aktris cantik Yoon Eun Hye yang juga turut menyumbangkan suaranya dalam lagu ini, tampil sebagai pemeran utama, didampingi empat personel 2PM, yaitu Nichkhun, Taecyeon, Junsu dan Wooyoung. Drama musik tersebut menceritakan Eun Hye, yang merupakan manajer dari Nickhun yang seorang penyanyi solo, diam-diam terobsesi pada pria itu. Sedangkan Taecyeon adalah seorang detektif yang juga diam-diam menyukai Eun Hye. Kisah dalam lagu ini digambarkan dengan apik dalam drama musik tersebut. Walaupun tidak ditampilkan dalam panggung acara musik di acara televisi, lagu ini sering mereka bawakan saat tur konser di berbagai kota dan negara. Bahkan hingga saat ini, “Tik Tok” menempati urutan teratas dalam tujuh daftar lagu terfavorit milik 2PM versi saya, meskipun lagu ini bukan merupakan lagu hits untuk album maupun single mereka.



I knew from the beginning that there was something about you, in that gaze you stared at me with.” –2PM feat. Yoon Eun Hye, Tik Tok (translation lyrics)





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Tik Tok” oleh 2PM feat. Yoon Eun Hye. I love 2PM by myself, not because of any influence from other people, so I feel so proud to discover this song. I hope all people can enjoy this song as much as I do.

* Kutipan lirik lagu “Tik Tok” oleh 2PM feat. Yoon Eun Hye. Lirik lagu berupa romanisasi (pengucapan secara latin dari Bahasa Hangul Korea) beserta dengan translasi ke dalam Bahasa Inggris.

“Nobody knows naega maeil neoreul ireohge wonhaneungeol
(Nobody knows, how I want you like this everyday)
Mudae dwiegaeseo neol aneulddaemada nae gaseumi teojineungeol
(My heart bursts, every time I embrace you behind the stage)

Saramdeul apeseo urin eosaeghage insahajiman
(We greet each other awkwardly in front of people)
Doraseogonamyeon neoreul jeil jal aneungeon najanha
(But when we turn away, I’m the one who knows you best)

Ni nunbicheuro malhaneunge deo keuge deullyeo nae gwien geurae
(I can hear more loudly in my ear, what you say with your gaze, that’s right)
Nal wonhaneunge neo mogmareun ge urin seoroege ireohge michyeo
(Your desire for me, your thirst, we go crazy for each other like this)

Amudo mollae saranghaneunge niga jeongmal nae yeojaraneunge
(That I love you secretly, that you’re really my girl)
Maeil nareul neomu michige hae ireohge neoreul neoreul wonhae
(Drive me so crazy every day, I just want you, you this way)

Iriwabwa (tik tok tik tok tik tok)
(Come here (tik tok tik tok tik tok))
Neoman boyeo (tik tok tik tok tik tok)
(When I see you (tik tok tik tok tik tok))
Harujongil (tik tok tik tok tik tok)
(All day (tik tok tik tok tik tok))
Nae gaseumi (tik tok tik tok tik tok)
(In my heart (tik tok tik tok tik tok))

Nobody knows neowa naega maeil ireohge saranghaneungeol
(Nobody knows that you and I love like this every day)
Neo anin nugudo deureool jarin eobtneungeol nae gaseume
(There’s no room in my heart for anyone to come in besides you)

(Tik) cheombuteo arasseo nan
((Tik) I knew from the beginning)
(Tik) mwongaga isseosseo neon
((Tik) there was something about you)
(Tik) niga nareul boneun geu nunbiche
((Tik) in that gaze you stared at me with)

(Tok) jjarithan ni sarange
((Tok) for your exhilarating love)
(Tok) naneun neul mogmareungeol
((Tok) I’m always thirsty)
(Tok) amudo mollae neol jakku chajgedoe
((Tok) I keep searching for you secretly)

Neon namanui star amudo amugeotdo molla neoneun geogjeongma
(You’re my only star, no one knows about anything, don’t worry)
Nae du nuneul bwa naega jikyeojulkke naneun ireohge ni yeope isseo
(Look at my eyes, I’ll protect you, I’m by your side, just like this)

It’s our secret, it’s our secret, it’s our secret, it’s taking control of me

Moduui shiseoneul neomeo mannaneun mannam budameun naege deoreo
(Escape everyone’s eyes, spill the burden of our relationship onto me)
Kkumsogeseon namdeulcheoreom neowa dangdanghi soneul jabgo georeo
(In my dreams, I hold onto your hand proudly like everyone else and walk)
Maeil pappeun haru sog nae ilgwa kkum majeodo ijge mandeuneun uri sarang
(In my busy day, my work, dreams and everything else are forgotten by our love)
Meomchul jul moreuneun shigyebaneul
(Going tik tok like the hand on a clock that doesn’t know how to stop)

Tik tok tik tok tik tok
Tik tok tik tok tik tok
Tik tok tik tok tik tok
Tik tok tik tok tik tok, tik tok”
 

Share:

0 komentar