My Own Love Light

You’re more blinding than the sunlight up in that sky. You shine the dark places inside my heart. My own love light.” –CN Blue, Love Light (translation lyrics)



Jatuh cinta berjuta rasanya. Begitulah kata Vina Panduwinata. Ketika cinta datang kepada kita, dunia yang penuh nestapa ini serasa begitu indah seketika. Cinta dapat membuat perasaan kita menjadi campur aduk tidak karuan. Bahagia, senang, grogi. Jantung menjadi berdebar lebih cepat dari biasanya. Lebih sering tersenyum sendiri tanpa sebab yang pasti. Hanya dengan memikirkan orang yang kita cintai, diri kita serasa melayang. Semuanya tampak bercahaya di mata kita. Perasaan ketika mengalami jatuh cinta inilah yang tertuang dalam lagu ini. Namun bukan lagu milik Vina Panduwinata, melainkan lagu milik band CN Blue yang berjudul “Love Light”.

Pertama kali saya mendengar lagu ini adalah ketika lagu ini digunakan sebagai theme song dalam film pendek “Kim”. Film pendek tersebut diikutsertakan dalam sebuah festival di kampus saya dimana saya menjadi panitia. Festival tersebut bertajuk Commuval (Communication Festival) 2011. Namun waktu itu saya belum merasa ngeh dengan lagu ini, karena saya lebih menyukai lagu satunya yang juga dibawakan oleh CN Blue, yaitu “Sweet Holiday”. Lalu ketika saya menonton program variety show “We Got Married” episode YongSeo couple (sebutan untuk pasangan Jung Yong Hwa dan Seohyun), saya mulai ketagihan dengan lagu ini. “Love Light” adalah lagu kasmaran, dibalut dengan musik semi-akustik yang sangat indah. Seperti judulnya, lagu ini mengisahkan tentang perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta.

Orang yang sedang jatuh cinta akan melakukan beberapa reaksi yang terkesan bodoh ketika berhadapan dengan orang yang disukainya. Wajah memerah, jantung berdebar kencang, keringat dingin, suara yang bergetar, bahkan tersenyum sendiri ketika melihat orang itu dari kejauhan. “When I look at you my face gets red. When I see you my heart goes thump thump. I talk with shyness like a kid. When I look at you I just smile out of nowhere. I keep doing that like a fool.” Beberapa hal terkesan kekanak-kanakan, namun tanpa sadar itulah yang biasanya terjadi pada orang yang sedang jatuh cinta. Seperti perasaan seolah terbang melayang hanya dengan melihat orang itu membalas senyuman kita, atau bahkan menyapa kita. “When I see you I feel like I’m up on the clouds. It may be childish but I keep doing this.”

Ketika kita jatuh cinta, kita akan merasa bahwa orang yang kita sukai adalah yang paling indah dari segala sesuatu yang ada di dunia ini. Saking indahnya, bahkan orang itu sanggup membuat kita melihat segala sesuatunya menjadi lebih indah dari biasanya. Kita merasa seolah sanggup melakukan segalanya untuk orang itu, bagaikan seorang jin dari lampu wasiat untuknya, yang siap mengabulkan apapun keinginannya. When it comes to love, even the weakest person could be so strong, and even the foulest person could be so smart. Sekaligus juga sebaliknya, when it comes to love, even the strongest person could be so weak, and even the brightes person could be so dumb. Yang jelas, orang itu mampu menjadi alasan bagi kita dalam melakukan berbagai hal. Orang itu menjadi cahaya bagi hati kita, yang menuntun kemanapun kita pergi. Orang itu menjadi presiden dalam hati kita, yang mengatur kemanapun hati kita mengarah. “You’re the President of my heart. You’re my chests’ star embroider. I’m genie for you, girl.”

“Love Light” dirilis pada pertengahan tahun 2010. Waktu itu, pentolan CN Blue, vokalis sekaligus gitaris Jung Yong Hwa, sedang berada dalam program variety show “We Got Married”, dimana ia menjadi suami dari personel SNSD, Seohyun. Banyak yang mengatakan bahwa lagu ini didedikasikan Yong Hwa untuk Seohyun karena terdapat lirik “I’m genie for you, girl” yang seolah merupakan balasan dari lagu “Tell Me Your Wish (Genie)” milik SNSD yang memuat lirik “I’m genie for you, boy”. Semuanya terjawab ketika dalam salah satu episode “We Got Married”, Yong Hwa mengungkapkan pada Seohyun bahwa ketika ia menulis lirik bagian rap untuk lagu ini, ia memang sedang memikirkan Seohyun. How sweet! Lagu ini juga dinyanyikan Seohyun untuk Yong Hwa ketika pria itu berulang tahun. Menurut saya, mereka benar-benar pasangan yang serasi dan lucu. Lagu ini terdengar makin manis ketika mereka nyanyikan bersama dalam sebuah panggung acara musik di Korea.

Lagu ini merupakan bagian dari mini album kedua CN Blue yang bertajuk “Blue Love”. Sebagai sebuah promotional single, “Love Light” mereka pentaskan dalam berbagai panggung acara musik di Korea, walaupun mereka tidak membuat video klip untuk lagu ini. “Love Light” sanggup menimbulkan perasaan damai di hati para pendengarnya. Melodinya terdengar ringan namun ceria. Tidak banyak menggunakan beat yang memekakkan telinga, namun mampu mengajak pendengarnya untuk ikut berdendang. Benar-benar sebuah lagu yang sangat nyaman untuk didengar. Dalam lagu ini, gitaris CN Blue, Lee Jong Hyun, juga ikut menyanyikan bagian verse. Suaranya sangat bagus dan cocok dengan lagu ini. Bagian rap dari lagu ini juga dibawakan dengan sangat indah oleh Yong Hwa. Petikan gitar Yong Hwa dan Jong Hyun, betotan bass Lee Jung Shin, serta hentakan ringan tapi mantap drum Kang Min Hyuk, berpadu dengan sangat apik dalam lagu cinta yang manis ini.

You’re more beautiful than the stars above in the night sky. You’re the shining thing deep inside my heart. My own love light.” –CN Blue, Love Light (translation lyrics)





* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Love Light” oleh CN Blue. Terima kasih kepada para creator dan music director dari film pendek “Kim” yang telah menggunakan lagu-lagu CN Blue dalam film pendek mereka, dan menyertakan film tersebut dalam ajang Commuval 2011.

* Kutipan lirik lagu “Love Light” oleh CN Blue. Lirik lagu berupa romanisasi (pengucapan secara latin dari Bahasa Hangul Korea) beserta dengan translasi ke dalam Bahasa Inggris.

“Geuh del bo myun ul gool ee bbal geh jigo
(When I look at you my face gets red)
Geuh del bo myun ga seum ee doogeun doogeun
(When I see you my heart goes thump thump)
Ah ee choeroem soo joob geh mal hago
(I talk with shyness like a kid)
Geuh del bo myun gwen siri oo seum ee na
(When I look at you I just smile out of nowhere)
Babo choeroem ja ggoo man geuh leh
(I keep doing that like a fool)
Ama neh geh sarang ee on gut gatah
(I think love came to me)

Geuh deh neun neh ma eum sok eh President
(You’re the President of my heart)
Neh ga seum eh byul soo noh ji
(You’re my chests’ star embroider)
I’m genie for you, girl
Neh soom eul mut geh haji
(You make me stop breathing)
Geuh deh ga won ha neun gun da
(Whatever you want)
Nuh reul sarang ha ni gga
(Because I love you)
Neh sarang eh ee yoo neun ub jan ah you know
(You know there’s no reason for my love)

Geuh deh neun darling
(You’re a darling)
Bam ha neuk byul bit boda ah reum da wuh yo
(You’re more beautiful than the stars above in the night sky)
Neh mam sok gip peun got eh suh ban jjak guh li neun
(The shining thing deep inside my heart)
Naman eh sarang beet
(My own love light)

Geuh del reul saranghaeyo darling
(I love you darling)
Uhn jena neh gyut hae suh beet cheul neh joyo
(Give me light next to me whenever)
Meh il bam bara bogo
(Every night I look at you)
Bara bwado ah reum dawuh yo
(And you’re beautiful even when I look at you)
Geuh den nah eh sarang beet
(You’re my love light)

Geuh del leul bo myun goo reum eul na neun gi boon
(When I see you I feel like I’m up on the clouds)
Yoo chi heh do ja ggoo man geuh leh ama
(It may be childish but I keep doing this)
Neh geh sarang ee on gun ga bwah
(I think love come to me)

Geuh deh neun lovely
(You’re lovely)
Juh ha neul het sal boda noon ee boo shuh yo
(You’re more blinding than the sunlight up in that sky)
Neh mam sok uh doon got gga ji bal geh bee choo neun
(You shine the dark places inside my heart)
Naman eh sarang beet
(My own love light)

Geuh del leul saranghaeyo lovely
(I love you, lovely)
Doo noon eul gam ah bwado geuh deh bo yuh yo
(Even if I close my eyes I see you)
Ee luh geh bara bora go
(Looking at you like this)
Bara bwado noon ee boo shuh yo
(You’re still blinding even when I see you)
Geuh den nah eh sarang beet
(You’re my love light)”

Share:

3 komentar

  1. kereeen, tlng share dong, lagu yang dinyayiin jonghyun pas episode terakhir yongseo d wgm, lagunya bagus, tapi gak tau judulnya apa?
    pleas bantuin dunk,,,
    makasihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pitria!

      Terima kasih ya comment-nya...

      Wah, aku lupa, karena udah lama banget aku nonton WGM YongSeo-nya. Tapi nanti aku coba lihat lagi deh ya. Kalo udah dapet judulnya pasti aku share ke kamu deh. Oke? ;)

      Delete