A Dazzling Mona Lisa

I’m standing here as I look at you in a daze.” –MBLAQ, Mona Lisa (translation lyrics)



Terkadang kita menginginkan seseorang yang jauh dari jangkauan kita. Sekuat apapun kita berusaha meraihnya, orang itu tetap menjauh pergi. Namun meskipun kita tahu kita tidak mampu mendapatkannya, kita juga tidak bisa berhenti menginginkannya. Sedikit banyak itulah makna yang ada dalam lagu “Mona Lisa”. Lagu pop dance ini dibawakan oleh MBLAQ, sebuah boyband Korea yang dibentuk dan diproduseri oleh penyanyi Rain.

Pertama kali melihat sekaligus mendengar lagu ini diputar di program acara musik Music Bank, saya langsung jatuh cinta dengan koreografinya. Koreografi lagu ini sangat enerjik dan atraktif untuk diikuti, dengan ciri khasnya gerakan pundak dan kepala pada bagian reff. Selain itu, tentunya seluruh anggota MBLAQ terlihat sangat good-looking dalam setiap penampilannya ketika membawakan lagu ini. Lalu ketika saya mencari lirik dan mendapatkan translasi liriknya, ternyata meskipun dikemas dengan tempo yang up beat dan berirama ceria, lagu ini memiliki makna yang sedikit galau.

Lagu ini bercerita tentang perasaan seseorang yang cintanya tidak berbalas. “I can’t take my eyes off, even when I know I can’t have you. This is happening for the first time, why you don’t look at me when I call? Where are you looking? You’re like a Mona Lisa without any answer.” Ia menggambarkan orang yang dicintainya itu seperti Monalisa, sebuah lukisan karya Leonardo DaVinci. Mengapa Monalisa? Karena sosok dalam lukisan itu memperlihatkan sebuah ekspresi yang susah ditebak. Akibat dari ekspresi yang susah ditebak inilah, orang dalam lagu ini merasa kebingungan. Ia merasa bingung dengan apa yang harus dilakukannya, sementara ia yakin pada perasaannya sendiri bahwa ia mencintai orang tersebut. “I love you. I want you more passionately than the sun, but I’m afraid that you’re like the Mona Lisa I can’t have.” Akibatnya, rasa takut kemudian muncul menghantui orang itu. Rasa takut muncul ketika ia merasa yakin pada perasaannya sendiri, karena orang yang dicintainya begitu jauh dari jangkauan. Pada akhirnya ia hanya mampu memohon kepada orang itu untuk tidak pergi dan meninggalkannya. Meskipun meyakinkan perasaannya pada orang itu, namun orang itu tetap pergi menjauh, sehingga ia hanya sanggup melihat sosok yang dicintainya itu pergi meninggalkannya. “Don’t say goodbye to me. Don’t talk to me with that kind of look, putting the same expression as a Mona Lisa.”

Cinta dan perasaan bukanlah sesuatu yang dapat dipaksakan. We fall in love, then we fall out of love, it’s a common thing. Ketika seseorang jatuh cinta, maka patah hati adalah efek samping yang harus siap diterimanya. Itu adalah risiko terburuk yang dapat dialami oleh seseorang ketika ia jatuh cinta. Maka biasanya, orang yang jatuh cinta akan merasa takut. Takut apabila cintanya tidak tercapai, atau bertepuk sebelah tangan. Lagu ini mencoba mengatakan perasaan seseorang yang mencintai orang yang di luar jangkauannya secara gamblang. Ia hanya mampu memandang, tanpa sanggup mengartikan ekspresi orang itu. Ia hanya mampu menginginkan, tanpa mampu meraih orang itu. Bahkan ketika orang itu pergi menjauh, tatapannya masih saja terpaku pada orang itu.



Lagu “Mona Lisa” ini merupakan lagu unggulan dari mini album ketiga MBLAQ yang bertajuk “Mona Lisa”. Mini album ini diluncurkan pada pertengahan tahun 2011 kemarin dan mewarnai berbagai program acara musik di Korea seperti M! Countdown, Inkigayo, Music Core dan Music Bank dalam comeback stagemanly dari semua anggota MBLAQ. Video klip ini juga menampilkan seorang wanita sebagai model di dalamnya yang berperan sebagai ‘Monalisa’. Lagu ini menonjolkan karakter suara G.O. sebagai vokalis utama yang kuat yang merdu pada bagian verse 1 dan reff. Selain itu, vokal Lee Joon pada bagian verse 2 dan sang leaderreff juga sangat enak untuk didengar. Bagi saya, lagu ini berhasil membuat para pendengarnya ketagihan dan ikut bergoyang seiring irama lagu yang enerjik. mereka. Video klip dari lagu ini disajikan secara futuristik dan menonjolkan karakter Seungho pada bagian akhir

I can’t reach you. I can’t have you, but I want you.” –MBLAQ, Mona Lisa (translation lyrics)




* Ditulis sambil mendengarkan lagu “Mona Lisa” oleh MBLAQ. Terima kasih kepada program acara musik Music Bank yang telah mengenalkan saya kepada lagu ini.

* Kutipan lirik lagu “Mona Lisa” oleh MBLAQ. Lirik lagu berupa romanisasi (pengucapan secara latin dari Bahasa Hangul Korea) beserta dengan translasi ke dalam Bahasa Inggris.

Look, everybody on the left
Everybody on the right
Everybody, everybody in the house, say
Lalalalala, hey lalalalala
Hey lalalalala

Baby say yeah yeah yeah yes
Don’t say no no no no
Nuneul ttel su eobseo neol gajilsuga eobsdaedo do do do
(I can’t take my eyes off, even when I know I can’t have you)
Ileon jeog cheomiya naleul bwa wae eodil bwa
(This is happening for the first time, why you don’t look at me when I call?)
Bulleodo amu daedab eobsneun neon monalija
(Where are you looking? You’re like a Mona Lisa without any answer)
Yeogin neoui jaliya nal tteonajima
(This is your spot, don’t leave me)

I know, I know, I know, I know
Saranghae, saranghae, saranghanda
(Loving you, loving you, I love you)
Taeyangboda tteugeobge wonhanda
(I want you more passionately than the sun)
Neon gajil su eobsneun monalija gataseo dulyeowo
(But I’m afraid that you’re like the Mona Lisa I can’t have)

Naege annyeong ila malhajima
(Don’t say goodbye to me)
Geuleon nunbicheulo naege malhajima
(Don’t talk to me with that kind of look)
Baby say yes, baby say yes
Monalija gateun pyojeongeulhago
(Putting the same expression as a Mona Lisa)
Oh oh oh oh oh
Oh baby say yes, baby say yes
Nan meonghaniseoseo barabogoisseo
(I’m standing here as I look at you in a daze)

You never know niga naeyeojaga doelji
(You never know that you might become my girl)
Nan gyeolgug tto neoleul balaboge dwaessji
(That I might end up looking at you again)
Amumal eobsi mupyojeonghande useumyeo
(Without a word, on your expressionless face, you’re laughing)
Neon meoleojigoisseo
(As you’re moving further away)

I know, I know, I know, I know
Saranghae, saranghae, saranghanda
(Loving you, loving you, I love you)
Ireohke solichyeo bulleobonda
(Like this shout, I’m calling for you)
Neon gajil su eobsneun monalija gataseo dulyeowo
(But I’m afraid that you are like the Mona Lisa I can’t have)

Neol manjilsueobneun eobsjiman
(I can’t reach you)
Neol gajilsueobneun eobsjiman neol wonhae
(I can’t have you, but I want you)

Everybody on the left
Everybody on the right
Everybody, everybody in the house, say
Lalalalala, oh lalalalala
Oh lalalalalala”

Share:

0 komentar