Try to Remember

Even if time erases my memories, my heart remembers you.” (Try to Remember, 2010)


Mereka yang percaya akan adanya kehidupan kedua, percaya pula bahwa apabila mereka sangat mencintai seseorang pada kehidupan yang sebelumnya, mereka akan dilahirkan tidak jauh dari orang tersebut pada kehidupan selanjutnya. Dan cinta itu akan berlanjut pada kehidupan selanjutnya. Mereka akan selalu merasa terhubung dengan orang tersebut, meskipun tidak saling mengenal. Inilah kisah yang coba diangkat dalam film Korea “Try to Remember” yang dirilis pada tahun 2010 kemarin.
In-Woo (Yoon So-Yi) adalah seorang gadis yang lahir dan tumbuh besar di desa Andong. Sejak kecil selama hidupnya, ia selalu bermimpi akan hal yang sama. Dalam mimpinya ia melihat seorang wanita berambut panjang dengan pakaian adat Korea , dan ia selalu merasa sedih setiap terbangun dengan mimpi tersebut. Sementara Eun-Kyo (Park Jae-Jeong) adalah seorang fotografer, yang kehidupannya di Seoul tidak berjalan begitu sukses sehingga membawanya untuk bekerja di Andong. Sejak bertemu di Andong, bekerja di tempat yang sama bahkan tinggal berdekatan, Eun-Kyo selalu merasa terkoneksi dengan In-Woo. Ia selalu merasa bahwa ia pernah bertemu dengan gadis itu, entah kapan dan dimana.
Seiring berjalannya waktu, Eun-Kyo mendapati fakta bahwa ia memang pernah bertemu dengan In-Woo sebelumnya. In-Woo adalah saudara sepupu dari sahabatnya sewaktu kuliah dulu, bahkan ia pernah menjadi juniornya di kampus walaupun tidak untuk waktu yang lama. Sedangkan In-Woo sebenarnya telah sejak dulu menaruh rasa untuk Eun-Kyo, namun ia hanya bertahan sebagai seorang pengagum rahasia, karena segala keterbatasan yang dimilikinya. Selain merasa malu, In-Woo juga mengidap suatu penyakit yang membuatnya tidak meneruskan kuliah di Seoul, tempat kuliah yang sama dengan Eun-Kyo, dan akhirnya kembali ke Andong.
Ternyata, seperti In-Woo, Eun-Kyo selama hidupnya juga selalu mengalami mimpi yang sama dengan In-Woo. Dalam mimpinya ia selalu melihat ksatria berkuda dengan pakaian adat Korea, seolah dari masa lalu. Meskipun tidak mengenal In-Woo ketika mereka pertama kali bertemu, Eun-Kyo selalu merasakan ‘sesuatu’ terhadap gadis itu. Ia selalu merasa sangat mengenal In-Woo. Apakah arti sebenarnya dari mimpi-mimpi In-Woo dan Eun-Kyo? Mungkinkah bahwa mereka sebenarnya adalah sepasang kekasih di  kehidupan yang lalu, yang kemudian terpisahkan oleh maut, dan dipertemukan lagi dalam kehidupan yang sekarang? Film berdurasi 100 menit ini adalah tipikal film drama Korea yang melankolis tetapi memiliki twisted ending yang cukup mengejutkan di akhir ceritanya.

“Try to Remember” terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi Korea, yaitu ditemukannya artefak dari makam yang terpendam di Andong selama 450 tahun pada tahun 1998. Artefak tersebut adalah surat cinta yang ditulis seorang perempuan kepada suaminya yang telah meninggal. Bersama surat itu, ditemukan juga sepasang sepatu yang disulan dari rambut panjang perempuan tersebut. Kisah ini juga diceritakan dalam film. In-Woo dan Eun-Kyo melihat dan membaca sepatu dan surat yang dipajang di sebuah museum di Andong. Film ini merupakan film debut aktor Park Jae-Jong di layar lebar, setelah sebelumnya ia membintangi serial drama “You Are My Destiny” bersama personil SNSD, Yoona. Sepanjang film kita akan disuguhi dengan pemandangan Andong yang indah, serta akting memukau dari Jae-Jeong dan So-Yi. Bagi yang akan menonton film ini, sebaiknya menyiapkan diri untuk akhir yang tak terduga dan penuh kejutan.

Share:

1 komentar

  1. Sampe sekarang entah sudah berapa kali saya memutar film ini..

    ReplyDelete