They Are Running Men (And Women)!


Variety show populer dari Korea, Running Man, memiliki anggota pengisi acara tetap berjumlah tujuh orang pria pada awal penayangannya. Mereka adalah Yoo Jae Suk sekaligus sebagai pembawa acara, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Gary, Haha, Lee Kwang Soo, dan Song Joong Ki. Satu-satunya wanita yang kemudian menjadi pengisi acara tetap, Song Ji Hyo, awalnya hanya merupakan bintang tamu di episode 2 hingga 5. pada episode berikutnya dan seterusnya kemudian pihak produser mengumumkan bahwa ia menjadi anggota tetap Running Man.
Pada episode 13 dan 14, Lizzy, gadis yang merupakan salah satu anggota girlband After School, menjadi bintang tamu. Kemudian sejak episode 18 ia diumumkan menjadi seorang anggota tetap Running Man. Namun karena kesibukannya dengan After School, Lizzy meninggalkan program ini sejak episode 26. Pada bulan Mei 2011, Song Joong Ki juga meninggalkan Running Man untuk fokus pada karir aktingnya. Ia datang sebagai bintang tamu pada episode 66 setelah hampir setengah tahun kepergiannya dari program tersebut.
Hingga kini, anggota tetap pengisi acara Running Man berjumlah tujuh orang. Mereka adalah Yoo Jae Suk, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Gary, Haha, Lee Kwang Soo, dan Song Ji Hyo.

Yoo Jae Suk



Jae Suk, pembawa acara utama program Running Man, adalah seorang komedian dan MC kondang. Lahir pada 14 Agustus 1972, ia telah membawakan berbagai acara televisi di Korea. Acara yang ia bawakan selalu sukses dan mengundang gelak tawa, seperti Family Outing dan Infinity Challenge. Terkenal dengan sebutan “Grasshopper”, dalam Running Man ia mendapat sebutan “Yooruce Willis” sebagai plesetan dari aktor Hollywood, Bruce Willis. Sebutan itu ia dapatkan karena selain sebagai penggemar film “Die Hard”, Jae Suk dalam permainan Hide and Seek biasanya susah ditangkap dan dianggap sebagai saingan utama dari orang terkuat dalam anggota Running Man, Kim Jong Kook. Seperti dalam episode 39 ketika seluruh anggota Running Man berperan sebagai mission team, sementara bintang tamu yang belum mereka ketahui identitasnya berperan sebagai chasing team, Jae Suk berhasil bertahan sebagai anggota terakhir yang tersisa sebelum akhirnya berhasil ditangkap dengan perjuangan yang berat. Juga pada episode 13 ketika ia tergabung dalam mission team dan semua anggota timnya telah tertangkap kecuali dia, dia akhirnya mampu menyelesaikan misi dan mengalahkan chasing team seorang diri! Padahal sebelumnya ia berkali-kali nyaris tertangkap oleh Kim Jong Kook dan timnya, namun ia selalu berhasil kabur dan akhirnya menuntaskan misi yang diemban timnya. Sungguh luar biasa Jae Suk! Walaupun usianya tidak muda lagi, Jae Suk masih lincah dan berjiwa muda, untuk itu ia mendapat julukan “Yoo Hyuk”. Yoo Hyuk adalah alter ego Jae Suk yang merupakan pemuda tenar yang jago berdansa dan disukai para remaja wanita.

Kim Jong Kook



Jong Kook adalah penyanyi solo yang terkenal menyanyikan lagu-lagu ballads, setelah sebelumnya pernah tergabung dalam duo boyband Turbo. Pria yang lahir pada 25 April 1976 ini merupakan anggota Running Man yang terkuat dan paling disegani oleh semua anggota lainnya, bahkan para bintang tamu sekalipun. Banyak julukan yang menempel padanya, salah satunya yang paling terkenal adalah “Sparta Kook”, setiap ia muncul dalam permainan selalu diiringi seruan ‘SPARTAAA!’ karena kemunculannya yang mengejutkan sekaligus menyeramkan. Selain itu ia juga dikenal sebagai “The Commander” karena dalam kelompok yang dipimpinnya ia selalu mengambil kendali penuh. Kemampuannya dalam menangkap dan mengeliminasi anggota lainnya saat permainan Hide and Seek tidak perlu diragukan lagi. Pada episode 19 bahkan ia sendiri melawan seluruh anggota Running Man dalam permainan 1 lawan 8 (sebenarnya 9 ditambah bintang tamu Nichkhun dari boyband 2PM), dan ia berhasil mengeliminasi seluruh anggota Running Man. Namun Jong Kook terkenal lemah pada bintang tamu wanita. Selain itu, ia juga tidak begitu lihai apabila berada dalam mission team (tim yang membawa misi yang harus diselesaikan sebelum ditangkap oleh tim lawan), pernah dalam beberapa episode timnya menjadi mission team namun gagal, Kim Jong Kook akhirnya tertangkap. Apabila Jong Kook termasuk dalam chasing team, maka mission team harus waspada. Hampir setiap tim yang ada Jong Kook pasti memenangkan kebanyakan permainan dalam Running Man.

Ji Suk Jin



Lahir pada 10 Mei 1968, Suk Jin adalah anggota tertua dalam Running Man, sekaligus yang dianggap paling lemah. Anggapan itu benar adanya karena dalam tiap permainan Hide and Seek dia pasti tertangkap paling awal, biasanya bersama dengan Lee Kwang Soo, mereka berdua menjadi penghuni tetap penjara (istilah untuk tempat berkumpulnya anggota-anggota yang telah tereliminasi selama permainan). Karena paling tua sekaligus paling lemah, biasanya bintang tamu tidak ada yang memilihnya sebagai bagian dari anggota tim mereka. Seperti pada episode 63 ketika enam orang dari girlband SNSD menjadi bintang tamu dan disuruh memilih pasangan mereka masing-masing, tidak ada yang memilih Suk Jin. Pada akhirnya Hyoyeon yang terpaksa berpasangan dengan Suk Jin karena pria pilihannya, Gary, memilih untuk bersama Jessica. Sungguh malang nasib Suk Jin. Ia juga dijuluki sebagai “Big Nose Hyung” karena memiliki hidung yang besar.

Haha



Pria bernama asli Ha Dong Hoon ini lahir pada 20 Agustus 1979 di Berlin, Jerman. Ia adalah seorang komedian, presenter, dan penyanyi sekaligus musisi. Dalam Running Man ia sering dianggap sebagai tangan kanan The Commander, bahkan ia mendapat julukan sebagai “Harad Pitt” sebagai plesetan dari aktor ternama Brad Pitt. Ia memang terkenal dekat dengan Jong Kook, bahkan dalam beberapa kesempatan mereka saling menyebut diri mereka masing-masing dengan sebutan brother (saudara laki-laki). Jong Kook memanggil Haha my dongsaeng (my little brother) sementara Haha menyebut Jong Kook my hyung (my big brother). Mereka pun sering sekali ditempatkan dalam satu tim bersama. Haha adalah anggota yang selalu heboh setiap Running Man kedatangan bintang tamu gadis-gadis muda atau hallyu stars perempuan. Pasti ia akan meneriakkan kalimat “Aku mencintaimu! Jadilah cinta terakhirku!” pada setiap bintang tamu artis perempuan muda yang datang ke Running Man. Haha juga mendapat sebutan sebagai “Haroro” sebagai plesetan dari tokoh kartun terkenal di Korea, “Pororo”, karena dalam sebuah episode ia pernah berpenampilan seperti Pororo.

Gary



Pria yang lahir dengan nama Kang Hee Gun pada 24 Februari 1978 ini merupakan personil dari duo LeesSang. Ia adalah pendatang baru dalam dunia variety show, meskipun begitu, kepolosannya justru mengundang gelak tawa. Karena kekaguman, kesukaan, dan kecintaannya pada Song Ji Hyo, ia disebut sebagai Ji Hyo’s Monday boyfriend, atau pacar Ji Hyo pada hari Senin, karena Running Man syuting setiap hari Senin sehingga mereka hanya bertemu setiap hari Senin. Ia dan Ji Hyo pun akhirnya terkenal dengan sebutan “Monday Couple”. Bahkan bila ada bintang tamu wanita muda yang cantik pun Gary biasanya tetap setia pada Ji Hyo. Tak jarang pula mereka berdua bersama dalam satu tim, namun tak jarang juga mereka berdua menghadapi dilema ketika berada dalam tim yang saling berlawanan. Pernah pada beberapa episode, Gary termasuk dalam chasing team sementara Ji Hyo dalam mission team, berkali-kali Gary berhasil menangkap Ji Hyo namun akhirnya dilepaskan lagi karena Ji Hyo memohon dan Gary tidak tega. Gary terkenal sebagai pria tanpa ekspresi dan tidak bisa berbohong. Pernah pada suatu episode ia memprotes mengapa dirinya tidak pernah menjadi spy (anggota yang mempunyai misi tersembunyi dan biasanya mengkhianati anggota lainnya). Lalu pada episode selanjutnya ia menjadi spy, namun semua anggota lainnya tahu hal ini. Mereka mengatur strategi dan bersandiwara supaya Gary bisa menang dalam episode tersebut.

Song Ji Hyo



Satu-satunya anggota tetap wanita dalam Running Man, Song Ji Hyo mengawali karir sebagai aktris dalam film-film dan serial drama Korea. Perannya yang membuatnya dikenal masyarakat adalah dalam serial “Princess Hours” dan film “Sex Is Zero 2”. Wanita yang lahir pada 15 Agustus 1981 ini juga adalah seorang model dan brand ambassador untuk berbagai produk. Berpasangan dengan Gary sebagai “Monday Couple”, keberadaan Ji Hyo dalam sebuah tim biasanya tidak diinginkan oleh anggota Running Man lainnya ketika ada bintang tamu wanita yang lebih cantik datang. Karena kemampuannya yang handal dan cakap dalam berbagai hal serta tangguh baik sebagai mission team maupun chasing team, Ji Hyo dijuluki sebagai “The Ace” dalam Running Man. Ekspresi wajahnya yang kadang terlihat bengong juga membuatnya mendapat julukan sebagai “Mong Ji Hyo” alias “Blank Ji Hyo”.

Lee Kwang Soo



Sangat cocok apabila pria ini disebut sebagai “maknae teraniaya”, karena sebagai anggota tetap Running Man yang paling muda, Lee Kwang Soo selalu mendapatkan kemalangan dan kesialan. Nasibnya tidak jauh beda dengan Ji Suk Jin, malahan lebih parah karena ia yang paling muda dan sering disia-sia oleh anggota lainnya. Lahir pada 14 Juli 1985, Kwang Soo adalah yang termuda sekaligus memiliki postur badan yang paling tinggi diantara anggota Running Man, yaitu 190 cm. Kwang Soo adalah aktor serial drama dan komedi situasi, serta seorang model. Ketika Song Joong Ki masih bergabung di Running Man, Kwang Soo sering dibanding-bandingkan dengannya karena mereka seumuran namun Kwang Soo terlihat jauh lebih tua. Selain itu juga Kwang Soo kerap diejek habis-habisan oleh anggota Running Man, namun ia tak pernah marah pada para sunbae (senior)-nya, hanya memasang tampang melas, kepolosannya itulah yang selalu mengundang gelak tawa. Pernah pada suatu episode, karena jumlah Running Man yang ganjil (tujuh orang) dan mereka melakukan couple race ke tempat tujuan untuk menemukan bintang tamu, Kwang Soo tidak berpasangan dengan siapa-siapa. Akhirnya ia hanya ditemani seorang VJ (sebutan untuk kameramen) sepanjang perjalanan. Pernah juga dalam suatu episode ia diceburkan ke dalam kolam taman oleh Jong Kook, padahal tidak ada anggota lain yang sampai tercebur ke kolam seperti dia. Ckckck, sungguh maknae teraniaya.

Song Joong Ki


Bagi mereka yang suka menonton serial drama “Sungkyunkwan Scandal” yang sekarang tayang di salah satu stasiun televisi swasta nasional Indonesia pasti tidak asing lagi dengan pria ini. Pria kelahiran 19 September 1985 ini adalah anggota tertampan di Running Man, sebelum ia akhirnya keluar pada awal tahun 2011 seiring dengan kesibukannya sebagai aktor yang memakan banyak waktu dan tenaga. Bahkan ia dijuluki sebagai “Pretty Boy” dalam program tersebut. Pria yang berprofesi sebagai aktor, presenter dan bintang iklan ini juga mendapat julukan “Brain Joong Ki” karena kecerdasan dan ketangkasannya dalam setiap permainan. Jika sebuah tim memiliki Jong Kook, Ji Hyo dan Joong Ki sekaligus didalamnya maka sudah dapat dipastikan bahwa tim itu pasti menang. Ia dan Song Ji Hyo kerap disebut sebagai “Song Siblings” karena memiliki nama marga yang sama.

Lizzy


Lizzy adalah satu-satunya gadis muda hallyu star yang pernah menjadi anggota tetap Running Man, atau pihak produser menyebutnya sebagai long-term guest. Gadis yang lahir pada 31 Juli 1992 dengan nama asli Park Soo Young ini adalah anggota yang lincah dan bersemangat. Kehadirannya membawa warna tersendiri dalam Running Man. Apalagi para sunbae-nya seperti Jae Suk, Suk Jin dan Haha sangat menyukai Lizzy. Meskipun ini adalah penampilan perdananya di layar televisi, apalagi dalam acara variety show, Lizzy sama sekali tidak tampak kaku, bahkan sangat membaur dalam suasana.

Share:

0 komentar