My Best 7 Western Actress

Diantara sekian banyak aktris-aktris film Barat, susah memang bagiku untuk menentukan peringkat tujuh terbaik dari mereka semua. Akhirnya aku memutuskan untuk memasukkan mereka yang sudah teruji kemampuan aktingnya, baik itu dalam menerima penghargaan dalam berbagai ajang awards dan festival film, maupun berdasarkan kritikan masyarakat yang beredar. Selain itu, aku memasukkan mereka yang memang sudah aku lihat sendiri akting-aktingnya dalam berbagai film mereka, dan yang aku rasa mereka bagus dalam membawakan peran karakter mereka dalam film-film tersebut. Berikut ini daftar tujuh aktris Barat terbaik menurut versiku. \^.^/

7. Elle Fanning


Gadis berusia 13 tahun ini mengawali karirnya di film “I Am Sam” bersama sang kakak, Dakota. At that time she was only 2 years old and played as the younger version of her sister. Walaupun masih muda, kemampuan aktingnya sangat brilian, terutama saat aku menonton penampilannya dalam film “Phoebe in Wonderland”. Fim ini diputar di berbagai festival film bergengsi di seluruh dunia. Majalah Entertainment Weekly menobatkan Fanning sebagai aktris dibawah umur 30 tahun yang patut diperhitungkan ketika usianya waktu itu 10 tahun. Sebuah pencapaian yang fantastis menurutku untuk seorang anak gadis, apalagi yang belajar akting hanya melalui proses otodidak, tidak mengambil pendidikan apapun. Jalan Fanning masih panjang, semoga saja prestasinya semakin bersinar kelak.

6. Sandra Bullock


Sudah banyak peran yang dimainkan oleh wanita berusia 46 tahun ini. Banyak juga film-filmnya yang sudah kutonton. Filmnya yang pertama aku lihat adalah “Speed”. Dalam setiap filmnya aku lihat Bullock sangat berani bereksplorasi dan memainkan berbagai karakter yang berbeda. Puncaknya adalah pada saat ia meraih piala Oscar untuk perannya dalam film “The Blind Side”. Aktingnya dalam film itu memang brilian! Selain peran berat seperti dalam film itu, Bullock juga tak menolak untuk bermain peran dalam film komedi romantis yang ringan dan menghibur seperti “The Proposal”. Serius bisa, kocak juga bisa. Top!

5. Penelope Cruz


Jujur saja, aku tidak begitu tahu mengenai istri Javier Bardem ini. Aku hanya tahu aktris asal Spanyol dulu pernah dekat dengan Tom Cruise karena main bersama dalam film “Vanilla Sky”, selebihnya aku tak tahu. Pertama kali aku melihat aktingnya adalah dalam film “Vicky Cristina Barcelona”, and she was so damn amazing and super brilliant in it! Dan benar saja, film itu membawanya menyabet piala Oscar. Setelah itu aku mulai menonton film-film Cruz lainnya. Sama seperti Bullock, ia tipe orang yang selalu tertantang untuk memainkan berbagai peran. Selain itu, wajah dan tubuhnya yang eksotis khas gadis-gadis Spanyol sangat mendukung penampilannya.

4. Dakota Fanning


Umurnya mungkin baru 17 tahun, namun perolehannya sebagai aktris berbakat tak dapat diragukan lagi. Sudah banyak film-film Fanning yang aku tonton, mulai dari jaman dia masih digendong oleh Tom Cruise dalam film “War of the World” hingga ia menjadi vampir jahat dalam “Twilight Saga: New Moon”. Dalam setiap perannya aku lihat Fanning selalu tampil total dan maksimal. Ia juga tidak membatasi peran yang ia ambil dalam ranah-ranah tertentu, ia mau mencoba segalanya. Muda dan berbakat, cantik pula, yang jelas setiap film dengan Fanning di dalamnya pasti aku selalu tertarik untuk menonton.

3. Keira Knightley


Aktris asal Inggris ini telah bermain dalam banyak film, mulai dari film drama, hingga film petualangan fantasi ilmiah. Dalam film-filmnya ia telah mencoba berbagai tipe peran yang berbeda, dan dalam setiap filmnya, aku melihat ia selalu melebur dalam setiap peran yang ia mainkan. Perubahan yang ia alami pun sangat signifikan, dari filmnya yang pertama aku lihat yaitu “Bend It Like Beckham” sebagai gadis tomboi pemain sepak bola, hingga “Never Let Me Go” sebagai gadis sekolahan yang sedang jatuh cinta. Sebagai bangsawan dalam film “The Duchess”, sebagai awak kapal bajak laut dalam trilogi “Pirates of Caribbean”, ksatria pemanah dalam “King Arthur”, dan lainnya. Semua peran yang ia mainkan sangat menantang dan Knightley mampu membawakannya dengan baik. Cool!

2. Emma Thompson


Ia mungkin tak banyak dikenal di kalangan generasi muda seperti kita. Thompson adalah aktris asal Inggris yang sekarang kita tahu berperan sebagai Prof. Trelawney dalam rangkaian film “Harry Potter” dan juga sebagai Nanny McPhee dalam rangkaian film “Nanny McPhee”. Namun ada sebuah film teatrikal yang pernah aku tonton berjudul “Angels in America”, disitu Thompson memerankan banyak tokoh, dan aku terkesima dengan aktingnya disitu. Dalam film itu ia tampil sangat total dan mendalami setiap peran. Ketika memerankan orang yang berbeda, maka ia benar-benar menjadi orang yang berbeda. Totally awesome!

1. Meryl Streep


Siapa yang tak mengenal Streep? Atau paling tidak pernah mendengar namanya lah. She is the most genius and brilliant actress I’ve ever seen in my whole entire existence! Banyak film Streep yang sudah kutonton, dan aku tak pernah tidak merasa amazed ketika menontonnya. Dalam film, dia seolah-olah mampu memerankan peran dan karakter apapun. Mulai dari bos galak di “The Devil Wears Prada” hingga single mother yang haus akan cinta dan kasih di film musikal “Mamma Mia!”. Ia juga berperan dalam film teatrikal “Angels in America”, disitu ia memerankan lebih dari satu tokoh. Sama seperti Thompson, dalam film itu ia tampil sangat total dan mendalami setiap peran, ia akan benar-benar menjadi orang yang berbeda ketika memerankan orang yang berbeda. Namun Streep satu tingkat di atas Thompson, karena ia lebih dikenal oleh masyarakat dan lebih banyak film Streep dan aku tonton. Selain itu, sumber Wikipedia menuliskan bahwa selain brilian dalam akting, Streep adalah wanita cerdas, buktinya ia berhasil meraih gelar doktor di Universitas Harvard Amerika. Selain itu, Streep adalah pemegang rekor nominasi terbanyak untuk Academy Awards dan Golden Globe. Incredible! :D

Share:

0 komentar