My Best 7 Western Actor

Memilih aktor adalah hal yang berat, apalagi dari sekian banyak aktor-aktor film Barat yang berbakat dan ganteng. Pada akhirnya saya memilih tujuh diantara sekian banyak aktor Barat yang saya anggap paling baik. Pilihan ini saya ambil bukan hanya berdasarkan pertimbangan tingkat kegantengan aktor tersebut (yang tentu saja hal itu juga berpengaruh besar), melainkan juga berdasarkan kemampuan akting, pengalaman, penghargaan yang diterima, dan tentunya anggapan masyarakat. Selain itu, saya juga memilih berdasarkan feeling yang timbul saat saya melihat penampilan mereka dalam film yang mereka bintangi. Feeling semacam ini bisa timbul karena kharisma yang dimiliki oleh aktor tersebut keluar saat mereka beraksi di layar film, sama seperti ketika kita merinding sewaktu mendengar suara penyanyi yang merdu.

7. Jamie Bell



Pertama kali saya melihat penampilan Jamie adalah ketika ia membintangi film “Billy Elliot”, film yang menceritakan tentang anak laki-laki yang suka menari balet dan mendapat berbagai tentangan dari lingkungannya untuk menjadi penari balet. At that time, he was only 13 when he played as the main role, Billy Elliot, and amazingly he acted so great in it! Dalam audisi, Jamie mengalahkan lebih dari 2000 kandidat yang memperebutkan peran Billy Elliot, fantastis! Berkat film ini pula ia meraih berbagai penghargaan dan namanya pun melejit. Pada tahun 2005, aktor asal Inggris ini membintangi video klip band Green Day yang berjudul “Wake Me Up When September Ends” bersama aktris Evan Rachael Wood. Dalam beberapa film pun Jamie tak ragu untuk mengambil peran yang sederhana, seperti dalam “King Kong”, “Jumper”, dan “Defiance”. Tahun ada beberapa film yang memasang pria berusia 25 tahun ini sebagai tokoh utama, salah satunya adalah “The Eagle” dimana ia berperan sebagai sosok ksatria kekar bersama Channing Tatum. A ballerina boy has now grown up to a hero! Dan filmnya yang baru rilis adalah Steven Spielberg’s “The Adventure’s of Tintin” dimana ia mengisi suara sang tokoh utama, Tintin.

6. Jude Law



Aktor, produser dan sutradara asal Inggris ini beken lewat perannya dalam film “The Talented Mr. Ripley” yang sekaligus menempatkannya dalam nominasi Academy Award untuk kategori Best Supporting Actor. Sudah banyak film pria berusia 38 tahun ini yang saya tonton, dan saya selalu suka penampilannya dalam setiap film. He’s so charming! Dan ia tidak ragu untuk mencoba berbagai macam peran. Kebanyakan peran yang dilakoninya adalah tokoh pria bersahaja (just like himself truly!), seperti dalam “Cold Mountain”, “Closer”, “The Aviator”, dan “The Holiday”. Berbagai genre film pun tidak masalah baginya, baik film dengan budget besar maupun film kecil seperti “My Blueberry Nights”. Ia juga mengambil peran dalam film “Imaginarium of Doctor Parnassus”. Pada tahun 2009 ia terpilih untuk memerankan Dr. Watson, partner dari detektif Sherlock Holmes dalam film “Sherlock Holmes” yang sekuelnya akan rilis pada awal tahun depan.

5. Josh Hartnett



He is actually my favorite actor, but some reasons make me put his name into this list of ‘best’. Because I like him so much, I’ve watched ALL of his movies. He played sooo great in those! Sejak debut film pertamanya “Halloween H20: 20 Years Later” ia telah mencuri perhatian publik, bahkan memenangkan MTV Movie Award untuk kategori Best Breakthrough Male Performance. Pria yang kini berusia 33 tahun ini juga tidak ragu untuk mencoba berbagai macam genre film dan peran, seperti dalam film thriller “The Faculty”, film drama psikologis “The Virgin Suicides”, dan film drama romantis “Here on Earth”. Perannya yang membuat namanya semakin melejit dan diperhitungkan dalam kancah perfilman adalah sebagai pilot Danny Walker dalam film “Pearl Harbor”. Meskipun popularitasnya kini sedikit menurun, Josh telah membintangi puluhan film dimana ia bekerja sama dengan orang-orang bertalenta seperti Jamie Lee Curtis, Samuel L. Jackson, dan Harrison Ford . Film drama “Wicker Park” bisa jadi adalah filmnya yang paling memorable untuk saya. I really into him in that movie. Selain itu, aktor asal Amerika Serikat ini juga aktif dalam berbagai teater dan kegiatan-kegiatan sosial. Such a great actor with a great heart too!

4. Ewan McGregor



Nama aktor asal Skotlandia ini boleh jadi dikenal publik ketika membintangi “Moulin Rouge” bersama Nicole Kidman, tetapi prestasinya telah dimulai jauh sebelum itu. Pada tahun 1996 ia berperan dalam film “Trainspotting” yang membuatnya meraih berbagai penghargaan. Begitu pula dengan “A Life Less Ordinary” pada tahun 1997 dan “Little Voice” pada tahun 1998. Pria berusia 40 tahun ini mengambil peran sebagai Obi Wan Kenobi dalam prekuel trilogi Star Wars (I, II, dan III). Selain peran-peran dalam film drama dan fiksi ilmiah, Ewan juga tidak ragu untuk bermain dalam film komedi romantis seperti “Down With Love”. Aksen Eropa-nya yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi Ewan. Apalagi ia berasal dari Skotlandia, yang menurut saya menghasilkan aksen yang terdengar lebih seksi daripada aksen Inggris. Puluhan film telah dibintanginya, bahkan ia tidak ragu untuk menjadi cameo pada film “Nanny McPhee and The Big Bang” yang rilis pada tahun 2010, setahun setelah filmnya “Angels and Demons” rilis. Dalam “Angels and Demons” ia berperan sebagai Camerlengo Patrick McKenna, seorang pastur Vatikan yang melakukan pembunuhan. Berbagai peran telah dilakoninya dan Ewan selalu tampak memukau. Pria yang hobi mengendarai motor ini juga terkenal dalam berbagai pementasan teater dan selalu mendapat pujian dari para kritikus atas penampilannya. Tahun 2011 ini ia menjadi juri dalam festival film Cannes di Perancis.

3. Leonardo DiCaprio



When he was young, he was so sweet and cute, an adorable pretty boy. And now when he has grown up, he is a mature charming man. What a perfect combination! Orang-orang pada angkatan saya keatas mungkin tidak akan pernah lupa pada dua peran fenomenal Leo dalam dua film yang membesarkan namanya. Pertama adalah “Romeo and Juliet”, dimana ia berperan sebagai Romeo Montague. Kedua tentu saja adalah “Titanic”, dimana ia berperan sebagai Jack Dawson. Sebelum berperan sebagai Romeo, aktor dan produser asal Amerika Serikat ini pernah dinominasikan dalam Academy Award untuk kategori Best Supporting Actor lewat film “What’s Eating Gilbert Grape”. Pria berusia 37 tahun ini sepertinya suka menantang dirinya untuk bermain dalam berbagai jenis film, seperti “The Man in the Iron Mask”, “The Beach”, “Catch Me If You Can”, dan “Gangs of New York”. He played so well in those. Ia juga terkenal selektif dalam memilih peran, dan pilihan-pilihannya itu terbukti. Berbagai peran yang ia pilih menempatkannya dalam berbagai nominasi dan membawanya pada berbagai penghargaan, seperti dalam “The Aviator”, “The Departed”, “Blood Diamond”, “Revolutionary Road”, “Shutter Island”, dan “Inception”. The young pretty boy has now turned into a tough man. Well done, Leo!

2. Johnny Depp



Bagi saya tidak ada aktor yang dalam setiap filmnya selalu tampil total dan maksimal seperti Johnny Depp. Ia bahkan tidak ragu untuk terlihat ‘jelek’ dalam setiap filmnya. Puluhan film telah dibintangi oleh aktor asal Amerika Serikat ini dan hampir kesemuanya menempatkannya dalam nominasi berbagai penghargaan, bahkan tak sedikit dari nominasi tersebut yang berhasil dimenangkannya. Mengawali karir sebagai bintang utama dalam serial “21 Jump Street” di televisi yang kemudian menempatkannya sebagai top teen idol pada waktu itu, pria berusia 48 tahun ini kemudian merambah layar lebar dan telah menjajal sebagai musisi, sutradara, produser, bahkan penulis naskah. Berbagai peran fenomenal telah dilakoni pria asal Amerika Serikat ini. Seperti kapten bajak laut di seri film “Pirates of Caribbean”, pemilik pabrik cokelat yang nyentrik di “Charlie and the Chocolate Factory”, pencuri kawakan John Dillinger di “Public Enemies”, Mad Hatter di “Alice in Wonderland”, kriminal handal dalam “The Tourist”, dan banyak lagi. Dalam berbagai perannya, aktor watak ini berubah-ubah penampilan dan menjadi sosok yang benar-benar berbeda sesuai dengan peran yang ia bawakan. Sungguh luar biasa! Aktor yang terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai aktor dengan bayaran termahal (75 juta dollar AS) ini juga berperan dalam “Finding Neverland” dan “Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street” yang membuatnya menerima banyak penghargaan. Fantastis!

1. Tom Hanks

Siapa yang tidak tahu karakter Woody dalam seri film animasi “Toy Story”? Ya, the incredible Tom Hanks adalah sosok dibalik suara Woody. Pria berusia 55 tahun ini telah memulai aktingnya sejak jauh sebelum saya lahir. Bahkan sebelum saya lahir, aktor asal Amerika Serikat ini telah masuk dalam daftar nominasi Academy Award untuk kategori Best Actor lewat film berjudul “Big” (1988). Pada tahun 1993 dan 1994, berturut-turut selama dua tahun tersebut Tom menyabet Academy Award dan Golden Globe Award sekaligus untuk kategori Best Actor melalui film “Philadelphia” dan “Forrest Gump”. “Forrest Gump” adalah film pertamanya yang saya tonton, dan sejak itu saya terpukau dengan akting Tom. He’s my Mom’s favorite actor, and now he’s one of mine too. “Saving Private Ryan” pada tahun 1998 membuatnya kembali dinominasikan untuk Academy Award dan Golden Globe. Begitu pula dengan “Cast Away” pada tahun 2000, dinominasikan untuk Academy Award, dan ia berhasil memenangkan Golden Globe Award. Pada tahun 2001 ia menjadi penulis naskah, sutradara, sekaligus produser dalam mini seri televisi terkenal, “Band of Brothers”. Bermain dalam puluhan film dan meraih berbagai penghargaan tidak membuat Tom meninggalkan film-film ringan. Ia menjadi pengisi suara dalam animasi “The Polar Express”, “Cars”, dan sekuel Toy Story. Sebagai aktor watak, aktor yang telah merambah sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah ini juga mengambil peran dalam film “Catch Me If You Can”, “The Terminal”, dan sebagai Profesor Robert Langdon dalam seri film yang diangkat dari novel best seller karya Dan Brown, “The Da Vinci Code” dan “Angels and Demons”. Pria yang telah memiliki cucu ini kini merambah dunia politik. Selain itu, ia juga terkenal sebagai sosok yang dekat dengan keluarganya, taat beragama, dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. A family man with such a big heart and great talent, so lovely!

Share:

0 komentar